3 Langkah Menanam Hidroponik Dengan Botol

Posted on

3 Langkah Menanam Hidroponik Dengan Botol

Menanam Hidroponik Dengan Botol – Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini teknologi berkembang dengan semakin pesat, begitu pula dengan teknologi pertanian yang kebanyakan sudah meninggalkan berbagai sistem teknologi tradisional.

Bukan hanya dari segi alat seperti alat bajak sawah, penyiram air otomatis hingga alat panen namun juga dengan teknologi pada sistem media tanam dan dengan semakin berkembangnya sistem teknologi pada media tanam, saat ini maka  anda tidak hanya dapat menanam dengan media tanah saja. Berbagai inovasi pun mulai di kembangkan, dan anda sudah dapat menanam dengan media air hingga barang bekas yang tidak terpakai.

Dengan begitu anda akan lebih mudah lagi dalam menanam berbagai macam tanaman mulai dari pohon, bunga, hingga sayuran, dari kecanggihan sistem menanam sehingga banyak orang melakukan sistem ini yaitu dengan cara hidroponik serta hidroponik sendiri adalah cara sederhana untuk menanam tumbuhan, kebanyakan orang lebih memilih sayuran karena lebih menguntungkan.

Sistem ini tidak perlu menggunakan banyak media tanah saja tetapi memanfaatkan air bernutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman sebagai pengganti media tanah yang digunakan untuk menanam seperti pada umumnya. Untuk medianya pun bermacam- macam mulai dari sabut kelapa, kain flannel, rock wool, batu bata, dan masih banyak lagi, adapun kelebihan yang dimiliki oleh sistem hidroponik sehingga banyak orang yang menggemari sistem ini dan berikut adalah rinciannya.

Kelebihan Hidroponik

  • Lebih hemat dibandingkan dengan menanam di atas tanah. Hal ini karena anda tidak perlu membeli berbagai macam nutrisi seperti berbagai macam pupuk, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya tambahan nantinya.
  • Lebih mudah serta praktis karena anda tidak perlu menggemburkan tanah, melakukan pengapuran dan juga melakukan proses- proses yang harus anda lakukan seperti menanam di lahan tanah pada umumnya.
  • Hemat tempat, dalam melakukan cara hidroponik anda tidak perlu memerlukan lahan yang luas karena anda hanya memerlukan tempat yang luasnya cukup dengan media seadanya yang dapat anda manfaatkan.
  • Tanaman seperti sayur dan buah tidak akan mudah terserang hama dan penyakit, selain itu sayur akan lebih sehat karena anda tidak membutuhkan pestisida untuk mengatasi hama.
Baca Juga  Cara Menanam Tomat Lumina F1 – Tips Perawatan sampai Panen

Dengan banyaknya kelebihan yang ada pada sistem hidroponik maka bagi anda yang gemar menanam dapat menjadikan sistem ini sebagai pilihan alternatif anda. Akan tetapi sebelum anda memulai melakukan cara hidroponik, ada baiknya anda mengetahui langkah- langkah yang tepat untuk melakukannya.

Cara Menanam Hidroponik dengan Botol

Dan bagi anda yang tertarik dengan sistem tanam ini, berikut  ini adalah uraian mengenai cara menanam hidroponik dengan botol. Tentunya dengan penjelasan yang rinci yang dapat mempermudah anda.

Lokasi Tanam Hidroponik

Hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu pemilihan lokasi tanam sebagai tempat media nantinya. Dalam cara menanam hidroponik dengan botol, adapun langkah tepat dan juga beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam pemilihan lokasi :

  • Pastikan lokasi media mudah dan juga dekat untuk dijangkau, hal ini bertujuan supaya anda mudah dalam memperhatikan dan juga merawat tanaman anda pada media.
  • Pastikan bahwa lokasi bebas dari limbah dan kotoran, anda dapat melakukan pembersihan terlebih dahulu sebelum membuat media tanam.
  • Sesuaikan lokasi dengan sifat dari tanaman yang akan anda tanam, anda dapat memperhatikan suhu dan penyinaran pada lokasi. Perlu anda ketahui bahwa beberapa tanaman menyukai lokasi dengan suhu ruang serta penyinaran yang penuh. Akan tetapi ada juga beberapa jenis tanaman yang lebih suka dengan suhu dingin dan penyinaran kurang.
  • Perhatikan betul sifat dari tanaman yang anda tanam sebelum melakukan proses penanaman, karena ini sangat penting. Akan berakibat fatal apabila anda melakukan penanaman dengan sembarangan tanpa memperhatikan karakteristik dari tanaman pilihan anda.

Alat dan Bahan

Setelah anda mengetahui jenis tanaman apa yang akan anda tanam dan lokasi yang tepat, maka langkah berikutnya dalam cara menanam hidroponik dengan botol yaitu menyediakan alat dan bahan. Adapun rincian mengenai alat dan bahan yang harus anda siapkan dengan tepat adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Pupuk Mutiara : Kegunaan Pupuk Mutiara Untuk Tanaman Padi, Dosis dan Perawatan
  • Bahan utama yang paling penting yang harus anda siapkan yaitu adalah botol bekas air mineral dengan ukuran kurang lebih 600 ml. dan jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu.
  • Untuk membersihkannya pun anda tidak boleh sembarangan, gunakanlah sabun cuci piring dan juga gosok bagian dalamnya supaya bersih dari bekas air minum yang menempel.
  • Sediakan beberapa macam alat pemotong seperti gunting, pisau, atau cutter yang akan anda gunakan untuk proses pemotongan dalam pembuatan media nantinya.
  • Adapun bahan yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu adalah sumbu kompor. Apabila anda sulit memperoleh sumbu kompor, anda bisa menggantinya dengan kain flannel dan ini biasanya disebut dengan wick sistem.
  • Sebagai bahan pengikat air, anda dapat memilih rockwool yang dapat anda peroleh di berbagai toko pertanian. Rockwool sangat cocok anda gunakan sebagai media tanam karena selain dapat mengikat air, bahan ini juga dapat mengikat udara dan memberikan ruang lebih untuk akar tanaman anda.
  • Sehingga dengan menggunakan rockwool, tanaman anda bisa tumbuh dengan baik.
  • Pilihlah bibit tanaman yang ingin anda tanam dengan kualitas yang baik dan layak tanam.
  • Air bersih yang tidak tercampuri oleh senyawa kimia juga harus anda sediakan.
  • Berikutnya anda juga harus menyediakan nutrisi untuk tanaman anda yaitu nutrisi AB mix, ini dapat anda peroleh di toko online ataupun koperasi tani. Akan lebih baik apabila anda mendapatkannya di toko pertanian ataupun koperasi tani yang telah teruji kualitas dan ke asliannya.

Media Tanam Hidroponik

Langkah berikutnya dalam cara menanam hidroponik dengan botol yaitu dengan membuat media tanam. Untuk medianya tentu saja sangat berbeda dengan pada saat anda menanam tanaman seperti pada umumnya. Untuk lebih jelas lagi, berikut adalah rinciannya :

  • Sebelumnya pastikan terlebih dahulu botol bekas masih tampak baik dan kokoh, kemudian potonglah botol tersebut menjadi 2 bagian. Anda dapat memotongnya pada bagian leher botol.
  • Buatlah lubang pada tutup botol dengan diameter sebesar 3cm hingga 4cm yang sekiranya cukup besar dan muat untuk dimasukkan sumbu kompor ataupun kain flannel nantinya.
  • Apabila anda menggunakan kain flannel, maka buatlah 2 buah lubang dengan ukuran yang sama dari sisi yang berlawanan di bagian leher botol dekat area tutup botol bekas.
  • Masukkan perlahan sumbu kompor ataupun kain flannel pada lubang yang sudah anda buat.
  • Balik bagian leher botol kemudian masukkan ke dalam badan botol dengan posisi terbalik, yaitu bagian tutup botol berada di bagian bawah.
  • Langkah terakhir yaitu anda sudah dapat menggunakan media tanam sebagai tempat menanam bibit tanaman yang telah anda semai terlebih dahulu dalam rockwool. Tambahkan pula nutrisi AB mix pada media tanam anda.
Baca Juga  Cara Mudah Budidaya Selada Bagi Pemula

Demikianlah 3 Langkah Menanam Hidroponik Dengan Botol yang sangat mudah dan sederhana, anda dapat mencobanya sendiri di rumah. Sekian artikel kali ini, terimakasih banyak untuk kunjungannya, Selamat mencoba.

Baca Juga :