5 Cara Budidaya Ikan Dalam Kolam Terpal Untuk Pemula

Posted on

Budidaya Ikan Kolam Terpal – Ikan adalah salah satu jenis bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan mulai dari sayur hingga digoreng, cara memasaknyapun terbilang mudah dan juga praktis. Selain itu, seperti yang anda ketahui bahwa ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik terutama bagi kesehatan dan juga kecerdasan dan perkembangan otak pada anak.

Dan karena banyaknya fungsi yang terkandung dalam daging ikan, banyak orang yang ingin sekali memelihara ikan. Tidak hanya sekedar untuk bahan konsumsi keluarga saja akan tetapi anda juga dapat membudidayakan ikan dan menjadikannya sebagai ladang penghasilan yang sangat menguntungkan.

Dan dalam memelihara ikan entah untuk konsumsi sendiri ataupun membudidayakan untuk dijual ada 2 cara. Cara pertama yaitu dengan media kolam serta cara kedua dengan menggunakan media terpal. Untuk menggunakan media terpal ini terbilang lebih praktis dan dapat diaplikasikan di daerah yang mempunyai sumber air ataupun curah hujan rendah.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan media terpal sebagai tempat memelihara ikan, ini akan lebih stabil untuk menjaga suhu serta pH air dibandingkan dengan media kolam yang berbahan dasar semen dan juga tanah. Keuntungan yang dihasilkan ketika panenpun akan lebih berkualitas karena ikan tidak berbau tanah.

Dan apabila anda yang tertarik dengan membudidayakan ikan menggunakan media terpal, berikut ini adalah ulasan sederhana tentang cara budidaya ikan dalam kolam terpal yang mudah dan praktis yang bisa anda ikuti dengan mudah.

Cara Budidaya Ikan Dalam Kolam Terpal

Jenis Ikan

Hal pertama yang harus anda perhatikan pada saat ingin membudidayakan ikan dalam kolam terpal, yaitu anda diharuskan memilih jenis varietas ikan yang pastinya sering anda konsumsi. Akan tetapi apabila anda ingin membudidayakan ikan untuk dijual, anda dapat melihat harga serta keinginan pasar ketika itu. Dengan cara ini anda dapat memperoleh keuntungan yang lebih.

Selain itu adapun hal- hal yang harus anda perhatikan dari pemilihan jenis ikan yang ingin anda budidayakan :

  • Pastikan bahwa jenis ikan yang anda pilih adalah jenis ikan yang disukai ataupun yang sering anda dan juga sekeluarga konsumsi.
  • Pastikan bahwa harga pasaran pada jenis ikan yang anda pilih mempunyai harga yang tinggi dan juga banyak peminatnya apabila anda ingin membudidayakan dan menjualnya di pasar.
  • Pastikan anda sudah mempelajari bagaimana cara hidup ikan yang ingin anda pelihara.
  • Pastikan bahwa jenis ikan yang anda budidayakan adalah jenis ikan dengan bibit yang mudah dicari di pasaran dan juga perawatannya tidak menyulitkan anda.
Baca Juga  Tips Dan Cara Budidaya Ikan Patin Di Kolam Tanah

Bibit Ikan

Langkah selanjutnya setelah anda sudah benar- benar memperhatikan hal- hal pada poin pertama, yaitu pemilihan bibit ikan. Untuk bibit ikan, anda dapat memperolehnya di toko- toko penjual bibit ikan ataupun koperasi peternakan.

Tidak hanya itu saja, ada cara lain yang mungkin ini terbilang agak susah akan tetapi dengan cara ini bibit ikan yang anda  bisa lebih bertahan lama dan mudah untuk beradaptasi.

Berikut merupakan sedikit penjelasannya:

  • Apabila anda membeli bibit di toko ataupun koperasi peternakan, pilihlah bibit dengan kualitas yang baik dan sudah siap untuk ditebar. Cara ini sangat banyak diminati orang karena lebih mudah dan juga praktis.
  • Cara kedua yaitu dengan melakukan pemijahan terlebih dahulu pada indukan ikan yang anda pilih dan setelah proses pemijahan selesai, maka anda baru bisa menmperoleh bibit ikan setelah telur ikan dibuahi oleh indukan jantan.
  • Untuk cara ke 2 ini terbilang agak sulit dan membutuhkan para ahli. Tidak hanya itu, cara ini juga memakan waktu yang cukup lama daripada cara pertama. Untuk itu lebih disarankan apabila anda lebih memilih cara pertama.

Media Kolam Terpal

Langkah selanjutnya dalam cara budidaya ikan dalam kolam terpal yaitu adalah dengan menyiapkan media budidaya. Media yang digunakan budidaya ikan yang dimaksud adalah media kolam terpal.

Untuk itu anda diharuskan menyediakan terpal dengan kerangka kolam yang sudah anda buat sebelumnya. Usahakan bahwa media terpal mempunyai ukuran yang cukup, anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan kebutuhan anda.

Berikut adalah cara mudah untuk menyiapkan media kolam terpal:

  • Pertama sebelum anda membuat kolam terpal, anda bisa menentukan lokasi yang tepat terlebih dahulu, perhatikan penyinaran dan juga kapasitas curah hujan yang dapat masuk dan suhu pada sekitar lokasi.
  • Untuk penyinaran, pastikan bahwa nantinya kolam bisa tersinari dengan baik dan cukup, yaitu tidak terlalu panas ataupun ternaungi berlebihan.
  • Untuk kapasitas curah hujan, pastikan bahwa nantinya kolam tidak terkena air hujan atau hanya sedikit saja air hujan yang bisa masuk ke dalam kolam. Selain dapat mempengaruhi suhu air, curah hujan berlebih bisa membuat air kolam jadi penuh hingga berlebihan.
  • Kondisi seperti di atas tentu sangat tidak baik selain mempengaruhi kesehatan ikan, kapasitas air yang berlebih tidak hanya bisa membuat air saja yang tumpah namun ikan yang anda budidaya pun juga dapat keluar bersama air yang tumpah.
  • Setelah anda memilih lokasi yang tepat, anda sudah dapat memulai untuk membuat kolam terpal dan pastikan anda tidak hanya membuat satu buah kolam tetapi usahakan minimal dua kolam.
  • Pada kolam pertama, dapat anda gunakan sebagai perawatan bibit hingga usia yang cukup untuk dipindahkan, dan pada kolam ke dua dapat anda gunakan sebagai kolam pemindahan hingga ikan siap untuk dipanen.
Baca Juga  Budidaya Kerang Mutiara Air Laut Hingga Panen

Tebar Benih Dan Proses Pemindahan

Setelah kolam siap dalam keadaan bersih dan kering, anda harus mengalirkan air dan juga membiarkannya terlebih dahulu selama kurang lebih 3 hingga 4 hari. Hal ini bertujuan agar terpal yang anda gunakan bisa beradaptasi dengan air yang anda berikan.

Selain itu ini juga berguna untuk membuat air dalam kolam menjadi lebih baik bagi kelangsungan hidup ikan serta menghilangkan zat- zat seperti pemutih air yang dapat mempengaruhi kandungan gizi ikan.

Langkah berikutnya yaitu :

  • Setelah kolam benar- benar siap, langkah selanjutnya anda dapatmulai menebarkan bibit ikan ke dalam kolam terpal.
  • Setelah itu berikan perawatan berupa pemberian makanan yang tepat bagi bibit ikan. Anda dapat memberikan makanan berupa zooplankton seperti jenis copepod atau clodecora. Anda dapat menemukannya di berbagai toko peternakan.
  • Budidayalah hingga bibit ikan kurang lebih mencapai ukuran 5 hingga 8 cm dan bibit telah siap untuk dipindahkan ke kolam pemindahan.
  • Sesudah bibit siap, langkah berikutnya adalah pemindahan. Ini hampir sama dengan proses penebaran bibit.
  • Sebelumnya lakukan terlebih dahulu pengisian kolam dan pengendapan air selama 3 hingga 4 hari. Dan anda sudah dapat mulai memindahkan ikan di dalam kolam, lakukan pemindahan dengan hati- hati supaya ikan tidak stress dan mudah mati.

Pemeliharaan Ikan Dan Panen

Pastinya anda harus melakukan pemeliharaan yang tepat mulai dari pemberian pakan, memperhatikan kebersihannya hingga menangani penyakit yang menyerang. Dan sesudah itu anda sudah bisa memanen ikan apabila ikan sudah berumur kurang lebih 4 hingga 6 bulan.

Dan berikut ini merupakan langkah pemeliharaan dan juga cara memanen ikan dengan tepat :

  • Untuk pakan ikan, anda disarankan untuk memberikan pakan dengan kadar protein tinggi. Untuk itu anda dapat memberikan pakan ikan seperti dedak, pelet, ataupun larva hewan dan jenis cacing seperti cacing sutra.
  • Untuk kebersihan, pastikan anda juga mengolah kebersihan air dengan baik dan juga mengurasnya setiap 2 minggu hingga 3 minggu sekali.
  • Selain pakan dan kebersihan, anda juga harus memperhatikan dengan baik kesehatan ikan anda, apabila ada salah satu ikan yang memiliki penyakit akut maka anda dapat mengisolasinya supaya tidak tertular. Atau anda juga dapat menebarkan obat khusus ikan tergantung dari jenis penyakitnya seperti dilihat dari penyebab penyakitnya.
  • Setelah ikan berumur 4 hingga 6 bulan, maka itulah saatnya anda memanen. Cara memanen ikan yang baik, anda dapat menggunakan jaring dan terlebih dahulu anda disarankan untuk menguras air kolam hingga setinggi kurang lebih di bawah lutut orang dewasa.
Baca Juga  Mudah dan Menghasilkan - Cara Budidaya Kepiting Rajungan Dari Perawatan Hingga Panen

Cara budidaya ikan dalam kolam terpal di atas adalah cara yang mudah, sederhana, dan praktis. Dengan mengaplikasikannya secara benar, maka anda akan mendapatkan hasil yang melimpah dengan kualitas yang baik. Sekian artikel mengenai Cara Budidaya Ikan Dalam Kolam Terpal Untuk Pemula semoga bermanfaat dan selamat mencoba.