6 Cara Merawat Janda Bolong Bagi Pemula

Posted on

Cara Merawat Janda Bolong Bagi Pemula – Dalam hal ini tanaman hias janda bolong merupakan jenis tanaman hias yang sedang hits pada saat ini. Tanaman ini masuk dalam marga Monstera, lantas bagaimana cara merawat janda bolong atau Monstera?

Monstera sendiri termasuk dalam keluarga tanaman Araceae yang banyak ditemukan di kawasan tropis Amerika.

Ada 45 jenis Monstera di dalam keluarga tanaman Araceae dan nama Monstera mengacu pada bentuk daunnya yang abnormal alias tidak lumrah.

Cara Merawat Janda Bolong Bagi Pemula

Nah berikut ini bagaimana cara merawat janda bolong bagi pemula, kalau begitu simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Tanah Poros

Dalam menanam Janda Bolong, pilih media tanam (metan) poros, metan yang tidak padat. Fungsi media tanam ini mempermudah akar Janda Bolong untuk tumbuh dan dapat mensuplai kadar oksigen dalam akar.

Racikan metan poros yang diterapkan Wuri adalah memakai andam, pakis cacah oven, sekam bakar, pasir malang, cocopet bubuk dan cangkang telur. Tanah dalam pot ini bisa diganti setiap enam bulan hingga setahun sekali.

Taruh Janda Bolong Di Tempat Yang Teduh

Sinar matahari yang panas serta tanah yang kering membuat tanaman layu. Daun-daun Janda Bolong pun bisa menjadi layu, menguning dan kemudian berguguran.

Itulah sebabnya salah satu cara merawat Janda Bolong yakni dengan diletakkan di area yang tidak terkena sinar matahari langsung atau bersuhu 23-30 derajat.

Baca Juga  Cara Menanam Bunga Vinca Dari Batang Beserta Teknik Perawatannya

Dengan Memberi Tempat Untuk Merambat

Cara merawat Janda Bolong berikan tanaman tersebut tempat untuk merambat. Kalian memakai turus atau ditempel tembok atau pohon. Tanaman Monstera terutama Monstera andasoni alias Janda Bolong ini di dalam habitat aslinya justru merupakan tumbuhan pemanjat inangnya.

Dengan kata lain tanaman ini memiliki sifat hemifit atau sebagian epifit yakni menumpang hidup dulu kepada inangnya. Setelah itu, Janda Bolong akan menumbuhkan akar gantung, dimana apabila akar gantungnya berhasil mencapai tanah, maka ia akan mengambil nutrisi dari tanah tersebut.

Tidak hanya itu fakta tanaman hias Janda Bolong lainnya ialah sifatnya yang mampu memanjat dan membelit pohon hingga mencapai ketinggian 20 meter.

Siram Janda Bolong Sehari Dua Kali

Dalam hal apabila hari hujan, kalian tidak perlu menyiram tanaman Janda Bolong. Mengapa demikian? Menurutnya hujan itu adalah serum alami dan banyak nutrisi yang ada dalam kandungan air hujan yang dibutuhkan tanaman.

Tanaman Janda Bolong Dipupuk Dua Minggu Sekali

Jenis pupuk yang bagus pada dasarnya semua pupuk bagus. Namun dalam memilih pupuk yang organik “Pupuk biasanya ada yang untuk memperbesar daun atau membuat buah lebat, pilih pupuk sesuai dengan jenis tanamannya.

Siram Janda Bolong Pakai Air Cucian Beras

Agar tanaman Janda Bolong kalian bisa tumbuh subur, sesekali siram menggunakan air bekas cucian beras yang didiamkan selama tiga hari. Air bekas cucian beras bisa menjadi pupuk yang murah.

Air bekas cucian beras bisa merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman (daun, tunas, cabang), terutama dari komponen vitamin B1. Manfaat air cucian beras pada tanaman hias juga membantu pembentukan khlorofil sehingga tanaman bisa lebih hijau. Selain itu juga bisa digunakan untuk memperkuat tumbuhan dari penyakit.

Baca Juga  Cara Menanam Kaktus Dengan Teknik Grafting

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Merawat Janda Bolong Bagi Pemula semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.