Begini Cara Membasmi Hama Uret Yang Mengganggu Tanaman

Posted on

Cara Membasmi Hama Uret – uret  merupakan salah satu dari jenis hama yang yang memakan akar pada tanaman muda. fenomena ini sering ditemui oleh para petani palawija. Terkadang kita juga dapat menemuinya ketika kita mencabut tanaman yang layu atau pun ketika kita menggarap sebuah lahan Biasanya kita akan langsung membunuh hama ini.

Uret  dapat dikategorikan sebagai hama karena mengingat ganasnya serangan dari urat terhadap tanaman muda. Oleh sebab itu Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan dan akan diberikan informasi mengenai bagaimana cara dalam mengatasi hama uret pada tanaman titik tujuannya yaitu adalah supaya para petani ataupun para Pembaca sekalian dapat mengetahui bagaimana cara-cara dalam mengatasi hama uret yang yang baik dan benar serta efisien.

Hama Uret

Kuret adalah Larva kumbang yang hidup di dalam tanah titik walaupun secara anatomi seluruh uret hampir sama akan tetapi berbeda dengan kumbang maka beda juga ukuran uratnya. Uret  mempunyai nama latin yaitu lepidiota Stigma dan di berbagai daerah mempunyai sebutan yang berbeda-beda. Untuk tipe kumbang kecil biasa disebut dengan Jampang Sedangkan untuk uret  yang besar sering disebut dengan engkuk .

Hama uret ini lebih aktif hama uret ini lebih aktif ketika siang hari yaitu ketika suhu tanah naik dan ia sangat menyukai tanah yang gembur. Makanan dari uret adalah kompos dan juga pupuk yang berada di dalam tanah titik akan tetapi pada saat menjumpai akar muda maka ia juga akan langsung memakannya sebagai nutrisi yang segar bagi dirinya.

Baca Juga  Tips Dan Cara Mengobati Cacar Pada Buah Melon – Teknik Perawatan

Meskipun sebenarnya uret juga memakan rumput serta tanaman liar. Akan tetapi karena pada lahan tanam biasanya dilakukan penyiangan dan juga penggemburan terhadap tanah maka sasaran utama dari urat yaitu beralih pada tanaman yang di budidayakan atau yang ditanam pada tanah gembur tersebut.

Tentunya hal ini akan menjadi resiko Ketika tentunya hal ini akan menjadi resiko Ketika anda membudidayakan tanaman. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara dalam mengatasi hama uret supaya kerugian yang akan anda alami akibat dari serangan hama uret ini tidaklah begitu besar.

Mencegah Serangan Hama Uret

Sebagai tindakan pencegahan terhadap hama uret sebenarnya yang harus anda lakukan di awal yaitu adalah sejak pengolahan lahan. Setiap uret yang anda temukan sebaiknya langsung Segera dimatikan atau disingkirkan dari areal lahan tanam anda.

Kemudian langkah yang berikutnya yaitu adalah ketika pemupukan dasar maka sebaiknya pupuk dasar yang anda campur dulu dengan menggunakan insektisida tabur dengan menggunakan dosis yang sesuai pada kemasan tersebut titik biasanya untuk lahan dengan luas ¼  hektar hanya membutuhkan 2 kg insektisida tabur . Hal ini tentunya akan mampu membunuh serangga dan juga larvanya yang berada di dalam tanah terutama pada tanah bedengan.

Akan tetapi langkah Ini masih saja belum cukup, ada baiknya jika ketika anda membuat lubang tanam Anda harus kembali mengucurkan NPK yang ditambah dengan insektisida tabur yang di kocor pada setiap lubang tanam titik tujuannya yaitu adalah pada setiap lubang tanam titik tujuannya yaitu adalah untuk untuk memastikan bahwa tidak terdapat uret yang mendekati atau berada pada akar tanaman yang baru saja anda tanam.

Baca Juga  Jenis Racun Untuk Hama Yang Paling Ampuh

Mengatasi Serangan Hama Uret

Cara dalam mengatasi hama uret haruslah dengan menggunakan pestisida jenis insektisida.  Terdapat beberapa cara penggunaan insektisida yaitu sebagai berikut:

Menggunakan Insektisida Sistemik

  • Insektisida sistemik akan bekerja di dalam jaringan tanaman yaitu terserap serta menyebar hingga ke seluruh jaringan yang berada di dalam tanaman termasuk hingga ke akar. Pada saat hama uret memakan akar tanaman tersebut maka ia akan mengalami keracunan bahkan mati atau minimal ia akan mengalami sakit.
  • Penggunaan dari insektisida sistemik ini akan sangat efektif akan tetapi tentunya tidak boleh digunakan terlalu sering atau dengan dosis yang berlebih karena akan dapat merajut tinggi tanaman itu sendiri atau justru akan meninggalkan sisa sisa residu kimia yang nantinya akan berbahaya bagi kesehatan manusia yang mengkonsumsinya.

Menggunakan Insektisida Kontak

Insektisida kontak bisa digunakan dengan cara di qashar yaitu selang 5 sampai 10 hari sesudah tanam untuk dapat memaksimalkan pembasmian terhadap hama uret ini ketika tanaman sudah dewasa atau berbuah maka urat tidak akan menyerang akar lagi karena perubahan rasa dan juga konsentrasi nutrisi tanaman telah berpindah pada buah.

Mengatasi Hama Uret Secara Alami

Untuk mengatasi hama uret ini tidak hanya dapat dengan menggunakan bahan kimia titik namun terdapat agen hayati yang dapat anda manfaatkan sebagai upaya dalam mengatasi hama uret karena sifatnya sebagai musuh alami urat. Agen hayati pembasmi uret tersebut yaitu adalah metarhizium anisopliae.

Jamur ini adalah jenis jamur yang bersifat antagonis yang menjadi parasit alami bagi Larva kumbang.  karena Larva kumbang yang terinfeksi oleh jamur ini akan mengalami sakit hingga ke lama-kelamaan akan mati kemudian ditumbuhi oleh jamur metarhizium lalu akan diuraikan menjadi bahan organik yang bermanfaat untuk tanaman yang anda tanam.  Oleh sebab itu jamur jenis ini akan sangat bermanfaat untuk melindungi tanaman dari hama uret.

Baca Juga  Cara Mengatasi Hama Kutu Daun Pada Tanaman Jeruk Lengkap

Sebaiknya anda membeli bibit jamur metarhizium daripada mencari di alam karena untuk mencarinya cukup sulit dan harus melakukan seleksi. Setelah memperoleh starter metarhizium langkah yang berikutnya adalah yaitu mencampurkan nya secara merata pada pupuk kandang ataupun pupuk kompos yang nantinya akan dijadikan sebagai pupuk dasar.

Pastikan juga bahwa kondisi campuran tersebut cukup basah supaya jamur akan dengan mudah cepat berkembang. Lalu tutup pupuk tersebut dengan menggunakan plastik terpal dan biarkan selama 2 minggu. Adonan pupuk tersebut harus diaduk setiap 5 hari sekali.

Sesudah nampak banyak kapang atau miselium jamur maka anda dapat langsung menggunakan pupuk tersebut sebagai pupuk dasar. Cara ini telah terbukti lebih efisien dan juga murah daripada Anda menggunakan bahan kimia karena sifatnya agen hayati ini akan dapat terus berkembang apabila kondisi tanah pada lahan cukup lembab seperti pada saat di musim hujan.

Disamping itu Anda juga dapat menambahkan kotoran pada lubang tanam dengan menggunakan larutan air yang ditambahkan dengan starter jamur metarhizium ataupun kocor pasca tanam juga dapat anda lakukan titik Hal ini nantinya akan menambah efektifitas dari jamur tersebut.

Sekian pembahasan kali ini mengenai Cara Membasmi Hama Uret Yang Mengganggu Tanaman semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi anda semua Terima kasih banyak untuk kunjungannya.