Begini Cara Mudah Dalam Budidaya Kura – Kura Ambon Beserta Tips Merawatnya

Posted on

Begini Cara Mudah Dalam Budidaya Kura – Kura Ambon Beserta Tips Merawatnya

Budidaya Kura Kura Ambon –pada artikel kali ini akan membahas mengenai budidaya kura-kura Ambon yang patut anda Simak. untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama.

Kura-kura menjadi salah satu dari jenis hewan reptil yang banyak dipelihara dikarenakan Ia merupakan hewan yang tidak berbahaya dan juga mudah dekat dengan manusia.

salah satu dari jenis kura-kura yang sering dibudidayakan atau dipelihara yaitu adalah kura-kura Ambon yang merupakan jenis dari kura-kura batok bulat yang pada umumnya relatif populer di kalangan para pecinta kura-kura karena kura-kura ini dianggap lebih mudah bersahabat dengan manusia daripada dengan jenis kura-kura yang lainnya.

Walaupun kura-kura jenis ini mempunyai nama kura-kura Ambon akan tetapi sebenarnya kura-kura ini bukanlah hewan yang berasal dari daerah Ambon tersebut. Nama tersebut hanya diberikan supaya masyarakat lebih mudah untuk mengingat karena faktanya hewan ini banyak terdapat di daerah Sulawesi.

Untuk Anda yang tertarik dalam membudidayakan kura-kura Ambon ini dan ingin mendapatkan Keuntungan dari budidaya tersebut maka Berikut ini adalah cara dalam budidaya kura-kura Ambon yang baik dan benar.

Cara Memilih Indukan kura kura Ambon

Pada tahap awal dalam budidaya kura-kura Ambon yang perlu Anda lakukan itu adalah dengan menyiapkan indukan yang berkualitas. Hal Hal ini bertujuan agar nantinya dapat diperoleh hasil anakan yang juga sama dengan kualitas induknya. Berikut ini adalah beberapa kriteria dalam memilih indukan kura-kura Ambon:

  • Pertama indukan yang dipilih adalah indukan jantan serta betina yang dalam posisi sehat serta tidak terkena serangan penyakit apapun.
  • Kemudian Amatilah pergerakan dari kedua induk tersebut lincah atau tidak terlihat lemah.
  • Lalu indukan berada dalam kondisi yang stabil dalam artian tidak stres.
  • Tentunya keduanya juga merupakan indukan yang telah siap untuk kawin, Sehingga anda tidak dak perlu lagi melakukan proses perkenalan yang pastinya akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.
  • Berikutnya adalah kandang, apabila keduanya tidak terlibat pertengkaran maka dapat dipastikan kedua indukan tersebut sudah siap untuk dikawinkan.
Baca Juga  4 Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Untuk Pemula – Tips Budidaya

Cara Mempersiapkan Kandang yang Tepat Dan Ideal

Secara umum kita harus mengetahui karakteristik dari hewan kura-kura Ambon ini yang menyukai hidup di daratan, akan tetapi perlu diingat juga bahwa hewan yang satu ini memerlukan air tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan minumnya saja akan tetapi juga untuk sebagai sarana perkembangannya.

Oleh sebab itu kandang kura-kura Ambon pun harus dilengkapi dengan kolam yang diisi dengan air, tidak perlu Terlalu banyak dalam yang penting anda cukup memberikan air sehingga kura-kura bisa berenang.

Sedangkan untuk bagian barat nya sendiri di dalam kandang bisa dibuat dari tanah yang berpasir serta ditambahkan dengan bebatuan dan juga tanaman alami supaya kandang tersebut nampak seperti habitat alaminya.

Disamping itu juga kandang haruslah tertutup yang mana bagian yang berada di sekitar kandang harus dilengkapi dengan pagar yang tingginya mencapai hingga 1 meter dan dilengkapi dengan pintu sebagai sarana keluar-masuk Anda pada saat akan memberi makan kura-kura tersebut.

Anda juga harus menyiapkan tempat bersarang yang berada di dalam kandang supaya pada nantinya ketika indukan betina sudah siap untuk bertelur maka paling tidak ia telah mempunyai tempat yang aman dan juga nyaman untuk menyimpan telur telurnya.

Di dalam satu kandang yang berukuran kecil 1 X 2 meter sebaiknya Anda perlu menempatkan sepasang meter sebaiknya Anda perlu menempatkan sepasang, Apabila Anda ingin mendapatkan lebih dari satu pasang induk dan kura-kura Ambon ini maka kandang yang dibuat haruslah berukuran besar ataupun diperbesar lagi.

Cara Merawat Kura Kura Ambon

Tahapan yang berikutnya yang harus anda lakukan yaitu adalah pemeliharaan dan juga perawatan sehingga kura-kura Ambon bisa menghasilkan telur dengan kualitas yang baik. Adapun tahapan-tahapan tersebut akan meliputi hal-hal sebagai berikut ini:

Baca Juga  Inilah Cara Budidaya Ikan Hias Red Zebra Dengan Hasil Panen Melimpah

Pakan dan Minum

Secara umum kebutuhan utama dari kura-kura Ambon yaitu adalah ketersediaan terhadap pakan dengan baik sehingga dapat memenuhi keperluan untuk kura-kura sehingga dapat tumbuh dan juga berkembang biak dengan baik.  makanan yang dapat anda berikan yaitu adalah berupa daun-daunan, pakan yang diberikan secara bertahap yaitu 3 kali dalam sehari, ketika betina sudah siap untuk bertelur maka pemberian terhadap kebutuhan pakan pun harus ditingkatkan lagi.

Untuk minumnya sendiri alangkah baiknya jika tidak perlu menyediakan karena kolam yang biasa untuk digunakan oleh kura-kura yang sudah tersedia air  tersedia air di dalam kandang juga adalah sarana yang dapat diminum oleh hewan tersebut . yang paling utama yaitu dengan melakukan pergantian air secara rutin sehingga kualitas dari air minum untuk kura-kura Ambon ini akan tetap terjaga dan aman.

Mengawinkan indukan

Proses ini sebenarnya dapat berlangsung secara ilmiah, yang perlu anda perhatikan yaitu adalah anda hanya harus menempatkan kedua indukan tersebut yang sudah siap kawin di dalam satu kandang dengan begitu maka proses dari perkawinan secara ilmiah pun akan bisa berlangsung dengan sendirinya.

Merawat anakan kura – kura ambon

Harga indukan betina tersebut bertelur maka sebaiknya indukan jantan harus dikeluarkan dari dalam kandang, Hal ini bertujuan agar indukan betina pada nantinya bisa fokus dalam merawat anak-anaknya ketika telur telur tersebut telah menetas. Dari bertelur sampai dengan masa telur menetas membutuhkan waktu sekitar 40 sampai 60 hari.

Sesudah telur tersebut menetas maka biarkan indukan betina untuk merawat anaknya sendiri dan anda hanya perlu menyediakan pakan dan nutrisi yang cukup.  sesudah anakan kura-kura tersebut berumur sekitar 3 bulan maka anakan dari kura-kura Ambon tersebut sudah bisa dipisahkan dari induknya agar indukan bisa melakukan perkawinan kembali.

Baca Juga  Cara Budidaya Udang Tambak untuk Pemula

Demikianlah pembahasan mengenai Budidaya Kura-Kura Ambon semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat, Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya.

Baca Juga :