Budidaya Buah Tin : Inilah Panduan Terlengkap Agar Cepat Berbuah

Posted on

Budidaya Buah Tin : Inilah Panduan Terlengkap Agar Cepat Berbuah

Cara Budidaya Buah Tin – Buah tin ialah buah yang berasal dari negara Arab, yang kemudian buah ini banyak menyebar ke negara-negara bagian Eropa, Asia dan Australia. Pohon tin “Ficus Carica”, figs atau pohon ara ialah pohon yang terkenal sebagai buah suci dari taman surga. Julukan ini di dapatkan oleh buah tin karena buah ini disebutkan di dalam Al-Quran.

Buah tin disebutkan di dalam Al-Quran surat at-tin. Buah tin memiliki posisi yang sama dengan buah zaitun yaitu buah yang sering diandalkan saat zaman rasulullah SAW. Buah tin juga memiliki banyak sekali khasiat dan gizi apabila dikonsumsi, karena hal itu banyak orang yang menggunakan buah tin untuk menjadi obat.

Di Indonesia, buah tin ini lumayan susah untuk dicari, tetapi banyak orang yang mencarinya. Jadi buah tin di Indonesia bisa dijadikan lahan penghasilan ataupun bisa kalian manfaatkan sendiri. Nah berikut ini ialah cara budidaya buah tin dengan berbagai cara yaitu:

Cara Membudidayakan Buah Tin Dengan Mencangkok

Ada beberapa cara untuk membudidayakan buah tin ini, salah satunya ialah dengan cara mencangkok pohon tin. Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk budidaya buah tin dengan cara mencangkok. Nah berikut ini ialah tahap-tahap yang harus kalian lakukan untuk mencangkok pohon tin yaitu:

  • Pertama pilihlah pohon tin yang batangnya masih muda dan berkulit hijau, karena yang masih muda dan berkulit hijau akan lebih cepat tumbuh dan akan lebih banyak menghasilkan buah.
  • Persiapkan plastik transparan dan juga cocopeat murni.
  • Kemudian balutlah batang pohon tin yang ingin kalian cangkok dengan cocopeat yang sudah dibungkus dengan plastik transparan.
  • Panjang cangkokan cukup 10 sampai 15 cm saja, usahakan jangan lebih.
  • Ikat media cangkok pada bagian pangkal dan ujungnya dengan menggunakan tali rafia.
  • Siramlah media cangkok setiap hari, penyiraman dilakukan melalui celah-celah yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Saat sudah 30-45 hari cangkok akan mulai memiliki banyak peranakan itu artinya canglok sudah siap dipotong dan dipindahkan ke media normal.

Itulah cara mencangkok buah tin, mudah bukan ?? kalian dapat mencobanya dirumah. Selain dengan cara cangkok, kalian juga bisa membudidayakan buah tin dengan cara lain yaitu dengan cara stek batang.

Cara Membudidayakan Buah Tin Dengan Stek Batang

Cara satu lagi untuk cara budidaya buah tin ialah dengan cara stek batang. Cara ini tidak jauh berbeda dengan cara mencangkok, dan untuk caranya sebagai berikut:

  • Potonglah batang atau cabang pohon tin yang sudah berumur, ciri-cirinya ialah pohon yang sudah mempunyai kulit berwarna cokelat atau ungu dengan ukuran batang 10-15 cm.
  • Batang yang di setak dipotong miring.
  • Setelah stek siap, kemudian semai pohon tin di tempat persemaian yang sudah kalian berikan pasir atau cocopeat murni di dalamnya.
  • Bekas potingan bagian atas pada pohon tin yang di jadikan bahan stek harus dilapisi lilin. Tujuan dari melapisi lilin pada bekas potongan pohon tin ialah untuk mencegah kebusukan terjadi.
  • Siramlah pohon tin hasil stek tadi setiap harinya untuk menjaga tanah tetap lembab.
  • Setelah 45 hari, pohon tin hasil stek sudah memiliki banyak batang, artinya pohon tin tersebut sudah siap untuk dipindahkan ke lahan baru atau ke pot.

Bibit tanaman buah tin baik hasil cangkokan ataupun hasil stek lebih baik ditanam di dalam pot. Untuk menanam pohon tin di dalam pot kalian membutuhkan campuran tanah, cocopeat, kotoran kambing dan sekam mentah dengan perbandingan 1:1 pohon tin ini pun memiliki cara merawat  yang khusus, karena tanaman ini berasal dari negara dengan cuaca panas.

Cara Merawat Pohon Tin

Buah tin memiliki karakteristik sama dengan buah yang tumbuh dinegara arab, seperti zaitun dan kurma. Tanaman-tanaman ini ialah jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari yang lebih.

Maka dari itu, buah tin lebih susah berbuah di negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia. Maka dari itu pohon tin juga harus memiliki perawatan yang sama dengan negara asalnya. Perawatan untuk pohon tin ialah sebagai berikut:

Tahap Penyiraman

Pohon tin biasa hidup di daerah yang panas, jadi tidak perlu menyiramnya setiap hari. Penyiraman dilakukan secara berkala seperti 4 hari sekali, dan pada saat musim penghujanan pohon tin tidak perlu di siram sama sekali, baiknya buah tin ditanam saat musim panas sehingga lebih mudah untuk berbuah.

Cahaya Matahari

Karena di negara arab sangatlah panas, jadi pohon tin membutuhkan cahaya matahari yang banyak. Karena itu jangan sampai ada sesuatu yang menghalangi cahaya sinar matahari untuk menerangi pohon tin ini. Apabila sinar matahari tidak diberikan sesuai kebutuhannya, pohon tin akan lebih susah tumbuh dan berbuah.

Pemupukan

Pemupukan pohon tin pada awal penanamannya hanya membutuhkan pupuk daun dengan dosis secukupnya. Setelah berumur 2 tahun, barulah pohon tin diberi pupuk kandang. Tujuannya agar daun pohon tin tidak mudah rontok dan untuk mempercepat pembuahan.

Hama Dan Penyakit

Guntin daun-daun yang sudah mengering dan menguning. Hal ini biasanya dikarenakan virus yang ada pada daun, jadi untuk mencegah menular ke daun lainnya, daun yang telah menguning harus dipotong. Kalau tidak dipotong ada kemungkinan semua daun akan ikut menguning dan pohon tidak dapat melakukan metamoforsis.

Waspadai juga keberadaan hama penggerek batang, hama ini dapat membuat batang pohon tin menjadi keropos dan mudah patah. Pencegahan untuk hama ini ialah dengan cara menyuntikan obat tanaman pada bagian batangnya, baiknya tambahkan nutrisi pembantu berupa perangsang akar dan batang.

Khasiat Buah Tin

Budidaya Buah Tin : Inilah Panduan Terlengkap Agar Cepat Berbuah

Buah tin memiliki banyak khasiat yang sangat dibutuhkan oleh kita. Tetapi masih banyak orang yang tidak tahu akan khasiat dari buah tin ini. Nah berikut ini ialah khasiat dari buah tin yang banyak orang belum tahu:

  • Buah tin mengandung kalium, omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu kalian untuk menjaga takanan darah tinggi dan serangan jantung koroner.
  • Buah tin juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan, jadi buah ini sangat cocok untuk kakian yang sedang diet.
  • Buah tin juga dapat mencegah terkena kanker payudara dan juga kanker kolon apabila kalian mengkonsumsinya secara rutin.
  • Buah tin memiliki serat larut yang disebut pektin, serat tersebut berguna untuk mengurangi kolesterol darah.
  • Buah tin yang dipanggang bisa diterapkan pada kulit untuk menyembuhkan radang seperti abses dan juga bisul.
  • Buah tin memiliki zat phenol dan Benzaldehyde yang berguna sebagai anti tumur dan juga bisa membunuh micro-organisme pathogen, jamur dan virus yang terdapat pada tubuh manusia.

Demikianlah pembahasan mengenai Budidaya Buah Tin : Inilah Panduan Terlengkap Agar Cepat Berbuah semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

Baca Juga: