Hortikultura : Pengertian, Manfaat, Budidaya, Jenis, Fungsi dan Cirinya

Posted on

Hortikultura : Pengertian, Manfaat, Budidaya, Jenis, Fungsi dan Cirinya

Pengertian Hortikultura – Hortikultura merupakan  cabang ilmu yang membahas  mengenai perihal pertanian yang meliputi tanaman buah, sayur, dan tanaman hias tentunya. Kata  holtikultra berasal dari bahasa latin yaitu hortus yang di artikan adalah taman dan colere yang di artikan untuk menumbuhkan.

Sebagai  istilah yang pada umumnya, mencakup keseluruhan dari pembahasan mengenai pengelolaan taman, akan tetapi penggunaan biasa menjurus pada produksi komersial intensif. Perihal  skala berbeda jauh antara berkebun rumah tangga dan pertanian di lapangan. Walaupun  begitu semua macam budidaya mempunyai kaitan pada bidang keilmuannya.

Manfaat Hortikultura

Hortikultura mempunyai  manfaat bagi kesehatan tubuh jika di gunakan atau di manfaatkan untuk konsumsi seperti sayuran atau buah – buahan dan baik juga untuk mendongkrak perekonomian.

Manfaat untuk petani

Tanaman Hortikultura mempunyai  nilai jual yang bagus dan terbilang setara dengan usaha yang dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian serta  dapat menambah devisa negara indonesia karena setiap negara mempunyai  persaingan untuk meraih produk unggulan dalam bidang pertanian.

Manfaat untuk masyarakat

Hortikultura memberikan manfaat bagi masyarakat dalam penyediaan makanan sehat dan juga bermanfaat bagi penghilang stres atau kepenatan pada saat  berada di areal perkotaan karena dengan adanya tanaman Hortikultura bisa melihat sesuatu yang alami dan menyejukan.

Baca Juga  Tips Memilih Benih kacang Panjang Yang Berkualitas

Budidaya Hortikultura

Membudidayakan tanaman Hortikultura mempunyai beberapa tahapan dan  juga persiapan tentunya, diantaranya sebagai berikut  :

Persiapan lahan

Tahap awal dari proses budidaya Hortikultura adalah hal yang terpenting karena tanaman yang di hasilkan akan bergantung pada :

  • Jenis tanaman yang akan di kembangankan, dari ukuran tanaman tersebut, dan juga usia memanennya haruslah di ketahui.
  • Teknik atau cara budidaya apa yang akan di lakukan, apakah dengan menggunakan sistem hidroponik, organik atau mungkin dengan teknik konvensional.
  • Luas Bidang tanah atau lahan yang akan digunakan
  • Persiapan lahan dapat juga dengan  menggunakan cara yang modern atau konvensional, tentu saja ada kelebihan dan  juga kekurangannya.

Proses Pembibitan

Pembibitan dilakukan  pada saat  ingin mendapatkan tanaman yang akan dibudidayakan biasanya disebut juga perbanyakan tanaman. memperbanyak tanaman mempunyai  dua cara yakni generatif dan vegetatif, generatif dilakukan dengan penggunaan biji dan vegetatif dilakukan dengan tangan manusia

Penanaman Bibit

Jika  proses pembibitan sudah selesai maka langkah berikutnya  adalah penanaman baiknya penanaman dilakukan di pagi hari atau di sore hari pada saat  terik matahari tidak terlalu panas.

Pemeliharaan Tanaman

Peliharaan yang dilakukan pada tanaman Hortikultura haruslah lebih ekstra serta memerlukan perhatian lebih yakni dalam hal pemupukan, penyiangan dan  juga mencegah serangan hama penyakit, tentunya berbeda tanaman akan berbeda pulsa cara pemeliharaannya.

Panen

Proses terakhir yang selalu di nantikan oleh seorang petani, dimana hasil panen  yang sesuai dengan apa jenis tanamannya bisa saja berupa umbi, buah, daun dan  yang lain –  lain.

Jenis Hortikultura

Tanaman Hortikuktura sangat banyak jenis nya terutama di negara indonesia di antaranya ada sayuran, daun, buah dan tanaman hias dan dijelaskan dibawah ini :

Baca Juga  Cara Menanam Tomat Lumina F1 – Tips Perawatan sampai Panen

Tanaman Sayur (Olerikultura)

Tanaman yang pertama akan kita bahasa adalah mengenai  olerikultura atau tanaman sayur. tanaman ini sangat mudah kita jumpai di kehidupan kita sehari – hari karena kita gunakan untuk konsumsi. tanaman sayuran bagi menjadi dua macam yaitu sayuran tanam musiman serta  sayuran tanam tahunan.

Tanaman Buah ( FurtiKultur )

Tanaman yang selanjutnya adalah tanaman yang menghasilkan buah dan juga  dalam menanamnya ada beberapa hal yang butuh  diperhatikan.

Tanaman Hias ( Florikultura )

Tanaman yang satu ini tidak untuk di konsumsi  namun hanya untuk dinikmati keunikan dan juga keindahannya saja ada juga beberapa orang yang menggunakan untuk di perjual belikan.

Tanaman Obat ( Biofarmaka )

Tanaman yang mempunyai manfaat dan fungsi untuk menyembuhkan penyakit maupun dalam mencegah terjangkitnya penyakit yang biasa disebut dengan  tanaman herbal.

Fungsi Tanaman Hortikultura

  • Tanaman Hortikultura mempunyai manfaat yang baik terutama bagi perekonomian karena mampu meningkatkan perekonomian di indonesia sampai luar negeri.
  • Menambah apresiasi bagi komoditas obat – obatan dan juga sandang pangan

Ciri – Ciri Tanaman Hortikultura

  • Cepat sekali rusak atau layu karena mempunyai kandungan air yang cukup banyak
  • Mutu atau kualitas dari produk tersebut di lihat dari kondisinya , jika  segar berarti masih dalam keadaan baik begitu sebaliknya .
  • Harganya pun di lihat dari kualitas keadaan produknya.
  • Lebih banyak kandungan vitamin di dalamnya di bandingan dengan kandungan karbohidratnya.

Demikianlah ulasan mengenai Hortikultura : Pengertian, Manfaat, Budidaya, Jenis, Fungsi dan Cirinya semoga bermanfaat .

Baca Juga : 

Baca Juga  Manfaat Dan kegunaan Pupuk Boron Yang Tidak Dapat Diremehkan