Budidaya Ikan Konsumsi

Posted on

Budidaya Ikan Konsumsi – Indonesia ialah salah satu negara dengan wilayah laut terluas di dunia. Maka tak heran jika masyarakat kita sangat menggemari ikan sebagai menu santapan. Selain itu, ikan juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Tidak hanya untuk orang dewasa saja tetapi juga sangat baik untuk anak kecil terutama dalam masa tumbuh kembangnya. Oleh sebab itu, permintaan penjualan ikan untuk dikonsumsi terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya.

Dan disisi lain, Indonesia juga merupakan eksportir ikan konsumsi terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan India. Beberapa hasil tangkapan jenis ikan yang paling diminati dari Indonesia diantaranya adalah Tuna, Cakalang, Cumi/Sotong dan Udang.

Tips Memulai Usaha Budidaya Ikan Konsumsi

Nah dari fakta tersebut dapat disimpulkan budidaya ikan konsumsi ialah suatu ide bisnis yang sangat menjanjikan di Indonesia.

Budidaya Ikan Konsumsi Apa Yang Paling Menguntungkan?

Salah satu jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia ialah ikan air tawar. Selain itu, potensi bisnis ikan air tawar untuk konsumsi ini terbilang menjanjikan kedepannya karena menurut data yang dirilis oleh FAO atau Organisasi Pangan dan Pertanian PBB menyebutkan bahwa pada tahun 2021 konsumsi ikan per kapita di dunia diperkiraka akan mencapai 19,6 kg per tahun.

Baca Juga  Cara Budidaya Lele Sistem Bioflok

Berikut ini beberapa peluang usaha desa budidaya ikan konsumsi yaitu:

Budidaya Ikan Gurame

Ikan gurame termasuk salah satu jenis ikan yang memiliki konsumen yang sangat banyak. Hal ini karena rasa dagingnya yang gurih dan tebal.

Untuk proses budidayanya sendiri, ikan gurame memerlukan waktu yang relatif lama sekitar 10-12 bulan. Hal ini dibutuhkan agar ikan gurame cukup besar dan layak untuk dipanen.

Budidaya Ikan Lele

Budidaya ikan lele menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Karena, permintaan pasar akan ikan konsumsi jenis ini sangatlah tinggi. Bukanlah hal yang mengherankan mengingat rasanya yang gurih dan renyah.

Cara budidaya ikan lele ini juga memiliki waktu pemeliharaan yang tergolong singkat. Selain pertumbuhannya yang cepat, perawatan yang dilakukan untuk budidaya ikan ini pun tidaklah sulit. Ikan lele juga memiliki harga yang termasuk murah dan terjangkau, sehingga ikan ini lebih banyak peminatnya dibanding dengan ikan jenis lainnya.

Budidaya Ikan Mas

Ikan mas merupakan salah satu ikan konsumsi yang terpopuler dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya karena tekstur dagingnya yang lembut, lezat, dan juga ikan ini mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan. Ikan mas ini juga termasuk ikan yang mudah untuk dibudidayakan, serta harga pasaran dari ikan ini pun cukup terjangkau. Karena tidak memerlukan perawatan yang khusus dalam pembudidayaan ikan mas inilah yang membuat banyak orang ingin membudidayakannya.

Budidaya Ikan Mujair

Ikan mujair adalah salah satu ikan air tawar yang paling banyak dicari oleh konsumen. Hal ini karena ikan mujair memiliki rasa yang enak dengan tekstur daging yang lembut serta mengandung protein hewani yang cukup tinggi sehingga baik bagi pertumbuhan anak-anak.

Baca Juga  Budidaya Ikan Zebra Tilapia

Selain itu, banyak orang yang akhirnya tergiur untuk mencoba peluang usaha budidaya ikan ini karena perkembangan ikan mujair yang sangat cepat dan hanya membutuhkan modal yang kecil.

Tidak banyak teknik khusus dalam budidaya ikan ini. Hanya dibutuhkan kolam dan juga tidak perlu terlalu sering memberinya pakan. Kalau kamu sering memberikan pakan maka dapat membuat kualitas air kolam menjadi buruk.

Budidaya Ikan Nila

Ikan jenis ini juga mempunyai banyak penggemar karena memiliki rasa yang lezat. Terbukti dengan nama ikan nila yang selalu hadir menghiasi buku menu diberbagai tempat makan seperti warung makan, restoran, pecel lele, dan lain sebagainya.

Dalam proses pemeliharaannya pun terbilang cukup mudah. Tidak salah jika banyak yang mencoba membudidaya ikan air tawar yang satuini ini.

Lantas Bagaimana Memulai Usaha Budidaya Ikan Konsumsi?

Nah setelah menentukan jenis ikan apa yang ingin kamu budidayakan. Kamu perlu memulai usaha budidaya ini dengan beberapa langkah awal yang perlu diperhatikan, diantarnya:

Menentukan Lokasi dan Lahan Terbuka

Untuk memulai bisnis budidaya ikan konsumsi tidak harus berlokasi di pinggir pantai. Kamu bisa mencari alternatif budidaya ikan konsumsi air tawar yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi seperti ikan-ikan diatas.

Selain itu, pastikan lokasi peletakan kolam terpal ditempatkan diluar ruangan. Sehingga cahaya matahari bisa masuk ke dalam kolam. Cahaya matahari ini sangat diperlukan guna membantu pertumbuhan ikan lebih maksimal.

Memilih Benih yang Berkualitas

Pemilihan benih ikan yang baik akan menjadikan ikan yang dipanen memiliki bentuk dan berat yang bagus pula nantinya.

Beberapa cara dalam memilih bibit ikan yang berkualitas diantaranya adalah dengan memilih benih ikan yang aktif berenang di dalam kolam. Kemudian pilihlah ukuran bibit ikan yang berukuran sama/seragam. Terakhir, selalu pertimbangakan reputasi penjual dari bibit ikan yang kamu beli.

Baca Juga  Budidaya Kerang Hijau

Memperhatikan Kualitas Air

Hal ini sangat penting dilakukan demi menjaga stabilitas kesehatan ikan yang ada di kolam. Agar nantinya ikan yang dibudidayakan memiliki pertumbuhan dan produktivitas yang baik.

Jadi, pastikan kamu selalu memperhatikan kualitas air yang digunakan ya!

Membersihkan Kolam Secara Berkala

Dengan melakukan pembersihan kolam secara teratur dan berkala akan menghindarkan ikan terserang penyakit, khususnya ketika masih dalam tahap pembibitan.

Seperti yang kita ketahui bersama, benih ikan membutuhkan kondisi kolam yang benar-benar bersih agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu, air yang ada di dalam kolam pun juga harus jernih dan tidak berbau.

Demikianlah pembahasan mengenai Budidaya Ikan Konsumsi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.