5 Cara Budidaya Ikan Mas Koki Di Aquarium Beserta Tips Perawatan

Posted on

5 Cara Budidaya Ikan Mas Koki Di Aquarium Beserta Tips Perawatan

Budidaya Ikan Koki di Aquarium – Budidaya Ikan Mas Koki adalah solusi yang tepat bagi anda yang mempunyai lahan yang terbatas akan tetapi ingin mempunyai penghasilan tambahan dan juga menyalurkan hobi sebagai penghilang stress. Membudidayakan Ikan Mas Koki sebenarnya terbilang mudah serta mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi jika anda mempunyai pengetahuan yang diperlukan untuk memelihara ikan hias yang satu ini.

Memelihara ikan hias tentunya memerlukan perlakuan khusus dibandingkan memelihara ikan konsumsi (misal lele, atau gurami, anda harus lebih memperhatikan perawatannya agar dapat memperoleh kualitas ikan hias yang tinggi, agar bisa menjadi pembudidaya yang sukses anda harus lebih concern terhadap kualitas ketimbang kuantitas dari komoditi yang anda budidayakan. Berikut ini adalah cara budidaya Ikan Mas Koki bagi pemula.

Menyiapkan Akuarium

Untuk memulai budidaya Ikan Mas Koki, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan akuarium, gunakan akuarium dengan dimensi Panjang 80 cm, lebar 40 cm, serta tinggi 40 cm. Ukuran ini dirasa paling ideal supaya perawatannya tidak sulit dan mudah untuk mengontrol kualitas air.

Memilih jenis ikan

Pilih jenis Ikan Mas  yang akan anda budidayakan, ada baiknya anda fokus pada satu jenis Ikan Mas Koki dahulu sebelum anda menambah lebih banyak varietas Ikan Mas Koki yang lain, Setelah anda sudah memilih jenis yang akan anda budidayakan, maka langkah selanjutnya anda harus mengawinkan indukan jantan dan betinanya.

Membedakan indukan jantan dan betina

Ikan Mas Koki jantan mempunyaitubuh yang lebih ramping, sedangkan Ikan Mas Koki betina mempunyai bentuk tubuh yang lebih tambun atau bulat. Sirip depan Ikan Mas Koki jantan mempunyai bercak putih, sedangkan pada Ikan Mas Koki betina tidak mempunyainya. Bentuk dubur Ikan Mas Koki jantan berbentuk oval dan rata, sedangkan Ikan Mas Koki betina lebih bulat dan juga menonjol.

Jika anda mengurut perut Ikan Mas Koki jantan anda akan melihat cairan sperma warna putih keluar dari alat ekskresinya, sedangkan pada Ikan Mas Koki betina anda akan menemukan cairan berwarna kuning apabila anda menekan perutnya. Hal ini menunjukkan bahwa indukan telah siap untuk berkembang biak.

Baca Juga  Cara Budidaya Cacing Sutra Paling Mudah dan Sederhana

Mengawinkan indukan ikan

Taruh indukan Ikan Mas Koki dalam akuarium yang sebelumnya telah diberi tanaman eceng gondok. Tanaman ini bisa berfungsi untuk memberikan kenyamanan pada saat Ikan Mas Koki kawin dan juga sebagai tempat menaruh telur yang sudah dibuahi.

Seekor Ikan Mas Koki jantan mampu membuahi dua ekor Ikan Mas Koki betina, seperti halnya proses perkawinan pada ikan jenis lain, Ikan Mas Koki akan mengawali proses perkawinan dengan kejar-kejaran antara Ikan Mas Koki Jantan dan betina. Sesudah itu Ikan Mas Koki jantan akan membuahi telur-telur yang dikeluarkan Ikan Mas Koki betina, pembuahan ini disebut dengan pembuahan eksternal.

Perawatan anakan Ikan Mas Koki

Telur ikan yang telah dibuahi akan menetas menjadi larva ikan dalam 2-4 hari. Apabila ada telur yang tidak menetas anda sebaiknya mengambil telur tersebut agar tidak membusuk dan mengurangi kualitas air. Karena jumlah populasi ikan di akuarium meningkat, maka anda sebaiknya gunakan aerator supaya jumlah oksigen terlarut bisa mencukupi seluruh populasi ikan di akuarium.

Larva ikan yang sudah menetas mempunyai buntalan kuning mirip kuning telur di sekitar perutnya, ini adalah asupan makanan yang mereka gunakan untuk memenuhi nutrisi mereka selama kurang lebih 4 hari setelah buntalan ini habis maka anda perlu memberikan makan berupa kuning telur rebus. Berikan makan secukupnya dan selalu kontrol kondisi air supaya tidak ada ikan yang mati.

Jenis Ikan Mas Koki dengan Harga tertinggi

Terdapat  beberapa jenis ikan Mas Koki yang ada dipasaran dan diantaranya yang terpopuler dan mempunyai harga paling tinggi adalah sebagai berikut :

Ikan Mas Koki Calico

Penamaan Calico diperoleh dari jumlah warna yang dimiliki oleh ikan dengan sisik transparan yang terdiri dari lima warna dasar, yaitu hitam, putih, biru, serta salah satu warnanya lagi merah/ coklat / kuning / oranye. Ikan ini mempunyai beragam warna dari proses persilangan yang telah terjadi dalam kurun waktu yang tidak sebentar.

Ikan Mas Koki Lion Head

Ikan ini awal mulanya berasal dari China, ikan ini bisa bertahan hidup hingga 15 tahun bahkan lebih, dan termasuk ikan yang friendly terhadap ikan lain. Dinamai lion head karena mempunyai tonjolan di atas kepalanya, itulah karakteristik utama dari ikan ini. Ikan ini berenang lamban sehingga jika ia dicampur dengan ikan yang bergerak cepat dikhawatirkan ia tidak memperoleh jatah makanan.

Baca Juga  Budidaya Ikan Baung Di Kolam Terpal – Panduan Lengkap Beserta Tips Dan Triknya

Ikan Mas Koki Sisik Mutiara

Ikan ini berasal dari Jepang dan China, mempunyai tubuh yang bulat, sisiknya mengkilap, memiliki tonjolan dikepalanya, dan termasuk ikan ramah yang berenang lamban. Ikan ini bisa tumbuh hingga sepanjang 10-15 cm. Masa hidup ikan ini terbilang panjang dalam rentang waktu 10 hingga 15 tahun jika dirawat dengan intensif.

Ikan Mas Koki Sukiyu (Pompon)

Secara umum jenis ikan ini mempunyai karakteristik yang mirip dengan Ikan Mas Koki Lion Head, dengan jaringan menyerupai kumis dibagian mulutnya. Sama halnya dengan Ikan Mas Koki lainya ikan ini mempunyai warna yang mirip dengan yang lain, yaitu kaliko (panca warna), merah, merah putih.

Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan ini mempunyai penampakan unik yaitu ukuran bola matanya yang besar, hal ini sebenarnya mengganggu penglihatannya serta gerakan berenangnya, ditambah lagi ukuran tubuhnya yang bulat dan juga tambun menyebabkan gerakannya tidak lincah serta lamban sehingga ikan ini tidak akan kebagian jatah makanan apabila dicampur dengan jenis ikan lain yang bergerak cepat.

Ikan Mas Koki Ranchu

Jenis ini dapat diktakan paling populer diantara jenis Ikan Mas Koki lain dan sering menjadi bintang di kontes Ikan Koki. Ikan ini menjadi primadona di banyak negara seperti Jepang, China, Thailand, dan Indonesia sendiri.

Tentu saja untuk memperoleh kualitas yang baik dari jenis ini diperlukan perlakuan yang lebih insentif. Itulah sebabnya harga ikan hias yang satu ini terbilang tidak ramah kantung sekitar 600 ribuan pada ukuran 8 cm bergantung kondisi dan juga kualitas ikan.

Tips merawat Ikan Mas Koki

Begitulah cara budidaya mas koki, sekarang mari kita lihat cara merawat ikan mas koki.

Menjaga kualitas air

Ikan Mas hias adalah ikan yang sangat sensitif dengan perubahan kadar oksigen sehingga anda perlu memastikan bahwa kualitas air ada pada kondisi terbaik, sering mengganti air akuarium dengan cara menguras bukanlah opsi terbaik karena hanya akan meningkatkan beban kerja anda,biaya tagihan air bertambah, serta membuat ikan peliharaan anda berkurang nafsu makanannya karena sering merasa terusik dan pada akhirnya stress.

Baca Juga  Cara Budidaya Plankton untuk Pakan Ikan

Hal terbaik yang dapat anda lakukan adalah dengan menginstal aerator untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut, gunakan biofilter supaya dapat menghisap amoniak yang bisa mengurangi oksigen dan menumbuhkan lumut di akuarium, kurangi jumlah ikan yang berada di akuarium dan beri makan pada porsi yang tepat supaya tidak meninggalkan banyak sisa makanan.

Memilih induk berkualitas

Induk berkualitas akan memberikan anakan terbaik, pilih ikan yang sehat dan juga tidak mempunyai parasit apapun, gunakan ikan Mas Koki yang berumur tiga tahun keatas, jangan membuat indukan terlalu gemuk supaya bisa menghasilkan telur dengan baik. Berikan pakan bermutu untuk menjaga kesehatan dan juga meningkatkan kualitas sperma dan juga sel telur.

Suhu optimum yang disarankan adalah 18-20 derajat celcius. Suhu yang terlalu tinggi menyebabkan telur terlalu cepat menetas dan juga menghasilkan anakan bermutu rendah. Umumnya telur menetas pada umur 4-5 hari, anakan akan mempunyai bentuk kepala mirip induk betina dan bentuk badan yang mirip dengan induk jantan.

Populasi larva yang terlalu padat akan menyebabkan bentuk kepala yang kurang baik, kurangi populasi larva agar anda memperoleh Ikan Mas Koki dengan jarak antara mata dan kepala yang lebar.

 

Memberikan Makanan yang Tepat

Larva yang baru menetas mempunyai gumpalan kuning telur yang dijadikan cadangan makanan selama 3-4 hari, setelah habis anda perlu memberikan makanan berupa jentik nyamuk atau kutu air (moina atau daphnia) selama satu bulan pertamanya, berikan pakan sedikit-demi sedikit, enam kali sehari pada pukul enam pagi hingga pukul lima sore. Ikan mas yang sudah cukup besar bisa anda beri makan bloodworm (cacing darah). Setelah dewasa Ikan Mas Koki bisa anda beri pelet dengan kadar protein tinggi dan juga mengandung multivitamin dan mineral.

Demikianlah 5 Cara Budidaya Ikan Mas Koki Di Aquarium Beserta Tips Perawatan semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih untuk kunjungannya.

Baca Juga :