Cara Menanam Bunga Bird of Paradise

Posted on

Cara Menanam Bunga Bird of Paradise – Nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai apa itu Bunga Bird of Paradise. Yang dimana dalam ulasan kali ini akan menjelaskan bagaimana cara menanam Bunga Bird of Paradise agar cepat berbunga. Untuk mengetahui penjelasan selengkapnya simak ulasan dibawah ini.

Bunga Bird of Paradise merupakan salah satu jenis bunga yang asalnya dari Afrika Selatan. Tanaman ini bisa tumbuh dengan cukup baik bila dalam kondisi iklim 10-23 derajat celcius. Adapun nama lain dari bunga bird of paradise yakni strelitzia reginae.

Bunga ini memiliki daun yang sangat tebal dank eras serta memiliki bentuk yang menyerupai dengan bentuk seperti kepala burung yaitu burung cendrawasih. Yang dimana burung tersebut memiliki julukan bird of paradise. Yang sehingga bunga ini dijuluki dengan bunga bird of paradise.

Bunga bird of paradise adalah bunga yang mampu hidup di cuaca yang terbilang panas. Dan tidak hanya itu, bunga ini bisa ditanam langsung di tanah, bunga bird of paradise ini juga bisa tumbuh di dalam pot.

Syarat Tumbuh Bunga Bird of Paradise

Adapun syarat tumbuh pada bunga cendrawasih membutuhkan sinar matahari yang cukup. Bunga ini juga bisa ditanam pada tempat yang teduh asalkan bersuhu hangat, namun bunganya akan muncul lebih sedikit.

Tanaman ini juga bisa tumbuh dengan sangat baik bila ditanam di tanah yang subur yang memiliki tekstur seperti tanah liat, namun tetap berdrainase baik.

Baca Juga  Perkembangbiakan Kaktus

Persiapan Bibit Bunga Bird of Paradise

Nah untuk menanam bunga ini kalian perlu memilih benih bunga bird of paradise yang dibeli dengan kualitas bagus. Namun apabila menggunakan benih, akan membutuhkan waktu kurang lebih berkisar tujuh tahun supaya tanaman ini dapat berbunga. Maka disarankan untuk membeli tanaman bunga bird of paradise yang sudah dewasa.

Jika menggunakan benih, benih kalian perlu langsung merendamnya dengan air biasa. Rendaman benih kurang lebih selama 3 hari dan kalian juga perlu untuk selalu mengganti air rendaman selama 3 hari.

Penanaman Bunga Bird of Paradise

Apabila sudah direndam selama tiga hari, selanjutnya siapkan lahan untuk menanam benih. Dan apabila kalian memutuskan untuk menanam di luar rumah, maka kalian perlu memastikan temperatur suhu lingkungan tidak terlalu kurang dan terlalu melebihi 10-23 derajat celcius.

Dana apabila suhunya melebihi atau bahkan kurang dari suhu yang sudah ditentukan tersebut. Lebih baik kalian menggunakan pot untuk menanamnya dan meletakkannya di dalam rumah, yang bertujuan agar bunga bird of paradise bisa atau dapat tetap bertahan hidup.

Sebab tanah yang subur juga bisa mempengaruhi pertumbuhan dari bunga. Maka dari itu kalian perlu menyiapkan media tanam berupa tanah yang lembab dan juga subur lalu campur dengan pupuk kompos.

Tanah yang sudah ditentukan untuk lokasi penanaman digali dengan kedalaman berkisar antara 35 cm. Sebab bunga ini akan bisa tumbuh menjadi lebih besar jika ditempatkan di tanah. Pertumbuhannya dapat mencapai lebar berkisar antara 4,5 meter dengan ketinggian kurang lebih 6 meter.

Dan apabila menggunakan pot yang digunakan sebagai media tanam, alangkah baiknya gunakan pot yang berbahan tanah liat. Dan selanjutnya isi pot dengan tanah lempung yang memiliki kandungan nutrisi yang bagus.

Baca Juga  Cara Budidaya Bunga Telang Yang Benar

Sehingga meskipun tanah berlempung masih mempunyai kesuburan untuk dijadikan media tanam. Tapi tanaman  tidak akan tumbuh membesar seperti jika ditanam di tanah langsung.

Perawatan Bunga Bird of Paradise

Lakukan penyiraman secara teratur selama dua minggu sekali, pada musim dingin kalian dapat mengurangi intensitas penyiraman. Dan apabila tanaman berada di dalam pot, pastikan kalian rutin untuk membuang air yang menggenang pada bagian di bawah pot.

Dan selanjutnya lakukan pemberian pupuk pada dasar pada tanaman setiap dua kali dalam seminggu. Agar dapat mengatasi hama ulat pada tanaman yang dapat dilakukan dengan cara mengambil dan memusnahkannya. Sebab dalam penggunaan pestisida dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman.

Bunga bird of paradise yang sudah tumbuh besar, dapat dibagi menjadi atas beberapa bagian, selain untuk membuatnya lebih indah, supaya pot yang digunakan dapat disesuaikan dengan besar tanaman. Pada saat pembagian lakukan secara hati-hati supaya tidak merusak struktur pada akarnya.

Penyakit Dan Hama Bunga Bird of Paradise

Strelitzia sangat kuat melawan penyakit dan hama. Dalam terlalu banyak basah, bagaimanapun, busuk akar terjadi, udara dalam ruangan kering dapat menimbulkan munculnya tungau laba-laba.

Bintik-bintik berwarna coklat keabu-abuan serta bintik-bintik merah pada daun yang menunjukkan sebuah infestasi jamur Septoria. Ini terjadi tetapi jarang.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menanam Bunga Bird of Paradise semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih  banyak atas kunjungannya.

4/5 - (29 votes)