Cara Budidaya Ayam Pedaging Untuk Pemula

Posted on

Budidaya Ayam Pedaging – Apabila anda ingin melakukan budidaya unggas dalam waktu yang waktu singkat bisa menghasilkan, kenapa tidak mencoba beternak atau cara budidaya ayam pedaging? Sama halnya dengan cara budidaya ayam petelur dimana ayam-ayam jenis ini akan lebih banyak menghasilkan telur daripada ayam pedaging.

Cara Budidaya Ayam

Karena ayam ini biasanya di ternak secara khusus hanya untuk di ambil daginggnya dan mempunyai beberapa ciri khas berbeda di setiap jenisnya. Berikut ini adalah beberapa jenis ayam broiler yang umumnya di budidayakan .

Ayam Buras

Ayam buras atau ayam bukan ras ini merupakan jenis ayam yang biasanya di kenal dengan istilah ayam kampung. Biasanya ayam buras ini tidak di beri obat-obatan dan juga hanya menggunakan pakan alami, hingga apabila anda bandingkan masa panen serta cepatnya pertumbuhan akan jauh kalah dari ayam ras.

Hanya saja akan lebih unggul di sektor pembiayaan dan juga pemeliharaannya karena jauh lebih murah dibandingkan ayam ras. Hanya saja ayam buras mempunyai nilai jual yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan jenis ayam ras.

Ini disebabkan keunggulan dari rasa dan kualitas dagingnya serta bahkan ayam buras mempunyai kadar lemak yang lebih rendah dari jenis ayam ras. Ayam kampung atau ayam buras ini sendiri juga terbagi jadi 2 bagian yaitu : ayam kampung asli (ayam kampung peliharaan) dan free range chicken atau ayam kampung liar (ayam kampung super). Bibit lokal atau ayam kampung yang biasanya di beri makan seperti ayam broiler biasa dan juga dipelihara.

Ayam kampung ini biasanya akan di potong pada saat ia mulai berusia 3 hingga 5 bulan yang biasanya mempunyai berat 7000 hingga 1000 gr. Ayam kampung yang di pelihara ini mempunyai ciri-ciri yang dagingnya cukup empuk dan gurih serta tidak memiliki bau yang tajam. Sedangkan ayam kampung liar, ini adalah jenis ayam kampung yang tidak selalu di kurung di dalam kandang atau dibiarkan berkeliaran di alam bebas seperti cara budidaya ayam bangkok.

Baca Juga  √ Tips dan Trik Cara Budidaya Ayam Joper – Bisnis yang Menguntungkan

Harga dari ayam kampung yang tidak di pelihara sepenuhnya di dalam kandang atau ayam liar ini merupakan ayam yang biasanya memperoleh harga jual 2 hingga 3 kali lebih mahal dari jenis ayam ras. Karena resiko kematian akan lebih tinggi serta lamanya waktu pemeliharaan ayam buras yang lebih lama. Ayam kampung liar ini biasanya mempunyai ciri khas aroma daging yang tajam dengan tekstur daging yang lebih alot daripada jenis yang lain.

Ayam Ras

Ayam ras ini adalah jenis ayam broiler yang bibitnya di impor dari luar seperti dari Inggris dan Amerika. Ayam ras ini akan lebih gemuk apabila di bandingkan dengan jenis ayam buras.

Ayam ras sendiri terdiri dari 3 jenis yaitu ayam pejantan, ayam ras afkir dan juga ayam broiler. Ayam broiler atau ayam ras ini memang sengaja di budidayakan untuk di peroleh dagingnya, seperti cara budidaya burung puyuh yang nantinya diambil daging dan telurnya.

Karena jenis ayam broiler atau ayam ras ini memang hanya di ternak untuk pengambilan daging, maka ukuran bokong akan jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan ukuran dadanya dan ini merupakan salah satu kebalikan dari ayam petelur.

Pada saat berat ayam ras sudah mencapai 900 hingga 1000 gram biasanya akan di panen, biasanya akan memerlukan waktu berkisar 30 hingga 32 hari lamanya.

Tata Cara Budidaya Ayam Pedaging

Supaya proses budidaya dari ayam pedaging anda dapat menghasilkan panen yang maksimal dan juga optimal, maka berikut ini adalah beberapa tata cara dalam melakukan budidaya tersebut :

Pemilihan Lokasi Kandang

Kandang adalah sarana yang harus dilengkapi saat anda melakukan budidaya ayam pedaging. Lokasi yang ideal adalah lokasi yang mudah terjangkau oleh sarana transportasi, jauh dari pemukiman, tidak bising, biasanya arah kandang harus menghadap kearah timur dan juga dekat dengan sumber air. Di dalam kandang harus memperoleh suhu yang ideal yang suhunya akan di samakan dengan umur dari ternak tersebut.

Baca Juga  Cara Menanam Gamal Untuk Pakan Ternak Alami

Terdapat 2 jenis kandang yang di miliki oleh kandang ayam broiler yaitu litter atau tanpa panggung dan berbentuk panggung. Kandang yang merupakan tipe panggung tidak akan kotor, tidak membutuhkan alas dan efisien karena kotoran akan jatuh kebawah. Akan tetapi tentunya biaya yang diperlukan untuk pembuatan kandang akan lebih mahal. Sedangkan tipe tanpa panggung atau litter adalah tipe kandang yang lebih mudah di bangun dan lebih banyak di gunakan.

Pemilihan Bibit

Dalam memilih bibit ayam ras atau boiler terdapat beberapa poin yang harus di perhatikan yaitu sebagai berikut :

  • Bibit tersebut harus aktif bergerak, sehat dan tidak mengalami cacat atau sakit
  • Mempunyai tubuh yang bulat atau gemuk berisi.
  • Bulu bibit tidak terlihat kusam, sehat dan juga mengkilap.
  • Daerah di sekitar anus tidak kotor, mata tajam dan hidung juga bersih.

 Pemberian Pakan

Seperti pada saat anda sedang mempelajari cara budidaya sun conure, anda harus mengerti dan memahami cara pemberian pakan serta memberi pakan yang baik untuk ayam pedaging ini. Nutrisi ayam pedaging harus terpenuhi agar ayam dapat memperoleh pertumbuhan yang maksimal.

Sistem yang di gunakan dalam pemberian pakan ayam pedaging adalah sistem adlibitum yaitu makanan yang selalu tersedia dan juga tanpa batas. Sedangkan untuk jenis pakannya sendiri biasa berupa pelet, crumbles (butiran pecah) dan bentuk tepung.

Cara Pemeliharaan

Terdapat beberapa rangkaian proses yang harus di lakukan sebelum memperoleh hasil panen dari cara budidaya ayam pedaging ini, yaitu :

  • Pada minggu pertama, 7 hari pertama, maka bibit ayam pedaging harus di masukan ke inkubator atau menggunakan indukan. Segera berikan pakan dan juga minum air hangat. Biasanya pakan yang diberikan adalah jenis crumbes atau berbentuk butiran-butiran kecil.
  • Pada minggu kedua, Suhu di pemanas dapat di kurangi dan pakan masih menggunakan jenis crumbles.
  • Pada hari ke 15 atau minggu ketiga, bibit ayam pedaging tidak lagi memerlukan pemanas.
  • Hari ke 22 atau minggu ke empat maka bulu-bulu ayam sudah mulai tumbuh dan kebutuhan pakan bertambah 2 kali lipat dari sebelumnya.
  • Pada minggu ke lima sudah di lakukan pembersihan kandang secara rutin karena sudah banyak menghasilkan kotoran.
Baca Juga  Cara Budidaya Ayam Bangkok Untuk Pemula – Mudah Dan Sederhana

Panen

Proses panen dilakukan secara sistematik dimana penangkapan di lakukan secara bertahap dimana di  lakukan penyekatan. Tangkap terlebih dahulu ayam yang akan di panen lebih awal, jangan menangkap keseluruhan secara bersamaan karena mereka nantinya akan lemas. Hindari adanya over lapping atau penumpukan ayam di daerah sudut kandang supaya tidak banyak ayam yang mati. Cara penangkapan nya adalah sebagai berikut :

  • Secara perlahan pegang kaki ayam, kemudian pegang di bagian dada serta angkat ayam ke atas. Jangan memegang ayam dengan cara menarik salah satu sayap karena ayam akan memberontak.
  • Ikat kedua belah kaki ayam pada saat selesai di tangkap, catat bobot pada saat ia hidup karena biasanya ayam pedaging di jual per bobot ketika ia hidup.

Cuci dan Sanitasi Hama Kandang

Lakukan pengapuran pada bagian dinding dan juga lantai kandang untuk sanitasi setelah pasca panen. Agar bibit penyakit bisa mati maka anda harus menyemprotkan formalin. Dimana kandang sebelum anda memasukkan bibit baru selama 10 hari.

Ayam pedaging adalah jenis ayam yang lumayan sering di budidayakan dan termasuk mempunyai tingkat peminat yang tinggi. Jadi, cara budidaya ayam pedaging ini mungkin bisa jadi awal bisnis anda.

Demikianlah Cara Budidaya Ayam Pedaging Untuk Pemula semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat, selamat mencoba.