Cara Budidaya Jambu Kristal Di Pot Hingga Panen

Posted on

Cara Budidaya Jambu Kristal Di Pot Hingga Panen

Budidaya jambu kristal – pada artikel kali ini admin akan memberikan sebuah informasi mengenai cara budidaya jambu kristal di pot hingga panen, langsung saja kita simak informasi selengkapnya berikut ini secara seksama.

Jambu kristal adalah salah satu dari jenis buah yang dapat dijadikan atau merupakan komoditi dari tumbuhan biji yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Jambu kristal adalah jambu biji yang berbeda dibandingkan dengan buah jambu biji yang lainnya. Di pasaran jambu biji ini mempunyai nilai jual yang tinggi sehingga banyak petani buah yang membudidayakan buah ini.

Jambu kristal bukanlah jenis tanaman buah jambu yang berasal dari Indonesia, akan tetapi tanaman buah jambu kristal ini berasal dari negara Thailand. Jambu kristal mulai masuk ke Indonesia sekitar pada tahun 90-an. Pada buah jambu ini hampir sama sekali tidak mempunyai biji yang terdapat di bagian dalamnya, daging dari buah ini pun teksturnya serta dengan kandungan air yang banyak didalamnya.

Para petani mulai tertarik dengan jambu kristal ini yaitu  karena jambu ini mempunyai bobot yang lumayan berat dan juga perawatannya pun Pemuda, serta harganya yang tinggi yang mampu memikat para petani untuk menanam nya.

Oleh sebab itu bagi Anda yang tertarik untuk menanam jambu kristal ini Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam proses menanam jambu kristal. Cara ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menanam jambu kristal terutama bagi Anda yang tidak mempunyai lahan yang cukup besar karena pada kali ini admin akan memberikan cara menanam jambu kristal di dalam pot.

Baca Juga  Bermanfaat – Panduan Cara Menanam Pohon Daun Kelor dengan Benar

Cara Budidaya Jambu Kristal di dalam Pot

Untuk membudidayakan jambu kristal ini proses yang dilakukan cukuplah mudah Namun apabila anda menginginkan hasil yang maksimal dengan kualitas jambu yang baik akan tetapi dengan lahan yang sempit sehingga tidak memakan terlalu banyak ruang atau tempat kamu maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini harus dengan perawatan yang intensif dan juga mudah.

Persiapan Bibit

Tentunya untuk menanam jambu kristal Anda harus terlebih dahulu menyiapkan bibit dari tanaman ini akan tetapi tidaklah mudah untuk memperoleh bibit jambu kristal, Anda harus mencangkok nya terlebih dahulu akan tetapi tidak semua daerah terdapat tanaman jambu kristal ini.  akan tetapi apabila di daerah anda tidak terdapat bibit dari jambu kristal ini maka anda bisa membelinya di toko toko pertanian.

Persiapan Media Tanam dan Media Tumbuh

Untuk media tanam yang sendiri disarankan agar anda menggunakan drum yang telah dipotong menjadi dua bagian, atau juga Anda bisa menggunakan planter bag yang dapat dibeli di toko bibit. Sedangkan untuk ukuran planter bag nya sendiri, anda dapat menggunakan ukuran yang sesuai dengan keinginan namun harus lebih besar diameter Nya maka akan menjadi lebih baik.

Disamping itu, untuk media tumbuhnya sendiri anda dapat menggunakan tanah kompos dan juga sekam padi dengan menggunakan perbandingan tanah 2 sekam padi dan kompos 1.  jadi perbandingannya adalah 2:1:1, 5 Kemudian Anda dapat mencampurkan bahan-bahan tersebut menjadi satu dan aduklah hingga rata.

Penanaman Jambu Kristal

Langkah yang berikutnya itu adalah proses penanaman bibit jambu kristal Anda dapat mengisi bagian bawah planter bag atau potongan belum tersebut dengan menggunakan pecahan genteng yang dapat dijadikan sebagai alas Anda juga dapat menambahkan serabut kelapa untuk menstabilkan air nantinya. Kemudian Isilah setengah dari perang terbaik tersebut dengan media tumbuh yang telah disiapkan titik lalu masukkan bibit dan tutup dengan menggunakan tanah yang telah di racik tadi apabila anda sudah menanamnya kamu maka jangan lupa untuk menyiramnya. Untuk media, Anda dapat menambahkan dolomit yang dapat digunakan untuk menjaga tanah dari jamur supaya tanaman buah jambu kristal Anda dapat tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit .

Baca Juga  Cara Menanam Oyong Agar Berbuah Lebat Dan Cepat Panen

Perawatan Tanaman

Setelah melakukan penanaman maka langkah yang berikutnya yang harus dilakukan adalah merawat tanaman jambu kristal Anda agar dapat berbuah dengan hasil yang maksimal.

  • Penyiraman

Tanaman yang sudah siap, jangan lupa untuk diletakkan pada tempat yang terbuka yang mempunyai pencahayaan atau intensitas cahaya matahari yang cukup. Sedangkan untuk proses penyiraman nya sendiri, apabila di musim kemarau sama maka anda dapat menyiramnya setiap hari Namun anda hanya cukup melakukannya selama satu kali saja yaitu pada pagi hari atau sore hari saja. Namun apabila anda menanam pada musim hujan, maka penyiraman dapat dilakukan apabila media tanam sudah terlihat kering saja.

  • Pemangkasan

Untuk pemangkasan pada tanaman tabulampot maka harus dipangkas agar dapat berbuah dengan maksimal. Pangkas tanaman buah jambu kristal Anda pada bagian cabang yang menurut anda tidak terlalu baik perkembangan ataupun pertumbuhannya supaya nantinya apabila tanaman ini dipupuk apa Makan nutrisi pupuk tidak akan termakan oleh batang yang kurang baik tersebut. Sedangkan untuk teori pemangkasan, 1 Batang utama atau batang sekunder hanya boleh mempunyai 3 Batang cabang atau primer sedangkan dari 3 Batang cabang hanya boleh mempunyai tiga Tunas baru atau tersier.

  • Pemupukan

Untuk proses pemupukan harus dilakukan dengan lebih antusias lagi sebab tanaman tabulampot hanya mempunyai persediaan nutrisi yang terbatas. Sehingga Anda harus memupuknya supaya tanaman Anda dapat berbuah dengan buah yang maksimal dan juga dengan kualitas yang baik nantinya proses pemupukan pertama kali dilakukan paling tidak yaitu 1 bulan sesudah proses tanam dan untuk pemupukan yang berikutnya yaitu dapat anda lakukan sekitar dua sampai tiga bulan sekali.

Perlu diingat bahwa akan lebih baik jika menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang karena pupuk ini lebih baik untuk tanaman. Anda juga boleh menambahkan pupuk kimia akan tetapi dengan dosis yang tidak terlalu banyak agar tidak berbahaya bagi lingkungan ataupun bagi manusia yang mengkonsumsinya.

Baca Juga  8 Langkah Menanam Caisim di Pekarangan Rumah - Tips Menanam

Masa Panen

Masa panen pada tanaman buah jambu kristal tambulampot ini dapat bervariasi karena tergantung pada cara perawatan serta bibit yang kita tanam. Ada yang sekitar telah ditanam selama 8 bulan sudah berbuah, bahkan ada juga yang sampai 1,5 tahun baru menghasilkan buah titik untuk dapat dipanen, maka biasanya tanaman jambu biji ini memerlukan waktu antara 4 sampai 5 bulan dari bunga jambunya.

Demikianlah ulasan kali ini yang memberikan informasi mengenai Cara Budidaya Jambu Kristal Di Pot Hingga Panen semoga informasi yang diberikan dapat berguna bagi anda dan juga dapat bermanfaat bagi anda semua Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya, jangan lupa juga simak artikel bermanfaat yang lainnya. Terima kasih.

Baca Juga :