Cara Budidaya Jamur Enoki di Indonesia

Posted on

Cara Budidaya Jamur Enoki di Indonesia

Budidaya Jamur Enoki – Terdapat  banyak sekali jenis jamur konsumsi yang  dapat  anda temui di pasar maupun swalayan. Mulai dari jamur yang  berukuran kecil hingga jamur dengan ukuran yang  besar. Selain itu dengan kecanggihan teknologi pangan yang canggih, jamur tidak hanya di jual dengan bentuk di bungkus plastik saja.

Saat ini jamur sudah di kemas dengan baik dalam kaleng ataupun dalam plastik serta  di jadikan asinan, beberapa jenis jamur pun di kemas  dengan rapih dan  telah melalui proses pengeringan terlebih dahulu agar dapat  terjaga keawetannya.

Dengan teknologi pengemasan tersebut, maka jamur  bisa awet lebih lama dan lebih praktis untuk di masak.  Terdapat  banyak sekali cara memasak jamur secara praktis dan  juga mudah, jamur tidak harus dimasak dengan cara yang sulit. Anda  dapat  menggorengnya ataupun menumisnya begitu saja. Dan bagi anda penggemar masakan asia, khususnya masakan jepang ataupun korea pasti sangat familiar dengan jenis jamur yang satu ini. Berbeda dengan jenis jamur  yang lainnya, apabila  jamur pada umumnya memiliki bentuk menyerupai payung dengan tudung melebar, jenis jamur yang satu ini mempunyai  bentuk tudung  yang berukuran kecil.

Jamur enoki atau mempunyai nama Enokitake  adalah  salah satu jamur dengan bentuk  yang menyerupai tauge. Karena bentuknya yang menyerupai tauge, jamur ini juga dikenal sebagai jamur tauge, selain itu jamur enoki mempunyai  nama lain yaitu jamur emas dan jamur musim dingin. Jamur enoki biasa di temui di daerah beriklim sejuk dan tumbuh pada suhu rendah yaitu  ketika  musim gugur hingga awal musim semi. Disamping itu jamur enoki berbeda dengan jenis jamur yang  lainnya berbeda dengan Cara Membasmi Hama Ulat Kaki Seribu, jamur ini mampu tumbuh di bawah salju.

Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Menanam Jengkol Agar Cepat Tumbuh Dan Berbuah Lebat Bagi Pemula

Di Jepang sendiri, jamur enoki banyak ditemui di permukaan batang celtis atau  yang biasa disebut dengan enoki yang sudah melapuk sehingga di sebut enokitake. Bagi beberapa jenis produk pertanian, jamur ini sebenarnya di anggap sebagai hama. Akan tetapi  ternyata jamur enoki mempunyai  rasa khas yang sangat lezat. Bentuknya yang menyerupai tauge dan bergerombol membuat rasanya sedikit renyah walaupun sangat lembut dan agak kenyal. Selain itu jamur enoki sangat cocok apabila  di masak menjadi menu makanan berkuah.

Apalagi jika itu adalah  jenis kuah rebusan dengan cita rasa asam pedas, anda juga  dapat  menambahkan kuah ikan sebagai penambah rasa. Selain itu, jamur enoki mudah sekali tumbuh dan di budidayakan.

Cara Budidaya Jamur Enoki di Indonesia

Cara budidaya enoki di Indonesia berbeda dengan cara budidaya enoki di beberapa Negara. Caranya lebih mudah dan  juga praktis bahkan anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya. Dan bagi anda yang tertarik unuk membudidayakannya, berikut ini  admin  sampaikan mengenai  langkah – langkah budidaya jamur enoki.

Persiapan Budidaya Jamur Enoki di Indonesia

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara budidaya jamur enoki di Indonesia yaitu  dengan melakukan persiapan tanam terlebih dahulu. Tentunya hal  ini sangat penting untuk menjamin kualitas panen jamur enoki anda nantinya yang berbeda dan berikut penjelasannya :

  • Langkah pertama yang harus anda perhatikan dengan benar yaitu adalah kondisi lingkungan anda untuk budidaya jamur enoki, usahakan kondisi lingkungan tidak terkena polusi dan bebas dari limbah.
  • Bibit jamur enoki
  • Pelajari juga bagaimana karakteristik dari jamur enoki, dan pastikan anda mempunyai  ruang tersendiri untuk melakukan budidaya.
  • Siapkan sebuah ruangan khusus untuk membudidayakan jamur enoki, dan pastikan ruangan mempunyai suhu  dan  kelembaban yang tepat.
  • Siapkan juga peralatan  dan  bahan untuk melakukan budidaya jamur enoki, seperti rak – rak khusus untuk media tanam, kayu ataupun bambu yang nantinya akan di gunakan sebagai penompak rak.
  • Siapkan juga media tanam jamur seperti serbuk gergaji ataupun serbuk bongol jagung, selain itu sediakan juga botol plastik ataupun kantong plastik sebagai media tumbuh.
  • Akan tetapi akan lebih baik jika anda menggunakan botol plastik, ini dapat membentuk serta menjaga pertumbuhan jamur enoki.
Baca Juga  Cara Menanam Toge Hidroponik Di Rumah

Media Tanam Budidaya Jamur Enoki di Indonesia

Langkah selanjutnya dalam cara budidaya jamur enoki yaitu membuat media tanam yang baik. Untuk membuat media tanam yang berbeda , anda bisa membuatnya setelah memperoleh  benih jamur. Dan berikut penjelasannya :

  • Siapkan botol plastik yang telah di bersihkan dan siapkan juga campuran media tanam seperti serbuk gergaji dan bongol jagung.
  • Buatlah sebuah rak penompang dari bambu dan susun nampan – nampan plastik pada rak tersebut. Untuk nampan, pastikan bahanya kuat serta tidak mudah rusak  dan juga  mudah untuk di pindahkan.
  • Persiapkan ruangan yang bersuhu 150 c dengan kelembaban sekitar 70 % dalam waktu sekitar 30 hari.
  • Apabila ruangan kurang lembab, maka anda dapat  menyemprotkan air di sekitar ruangan. Ini sangat penting untuk menjaga pertumbuhan jamur anda.
  • Dengan media tanam yang terlindung dari sinar matahari dengan baik, maka pertumbuhan jamur enoki dapat maksimal dan terus tumbuh ke atas.

Perawatan Budidaya Jamur Enoki di Indonesia

Selain melakukan penanaman serta  pembuatan media tanam jamur enoki dalam cara budidaya jamur enoki di Indonesia, maka anda perlu melakukan perawatan dengan baik juga. Dan berikut ini  merupakan rincian dari perawatan apa saja yang perlu  anda lakukan :

  • Jagalah suhu ruangan agar selalu stabil dengan meletakkan thermometer khusus untuk suhu ruangan budidaya jamur enoki anda.
  • Lakukan proses penyiraman untuk menjaga kelembaban media tanam setiap 3 hari sekali.
  • Usahakan agar anda tidak menggunakan slang untuk menyiramnya, gunakan spray agar media tanam tidak terlalu lembab.
  • Jagalah kelembaban suhu selama 30 hari pertama dan 30 hari berikutnya untuk mempersiapkan panen.
  • Periksalah selalu jamur enoki anda, apabila anda menemukan ada jamur yang rusak maka anda dapat  mengambilnya dan jauhkan dari jamur yang lain.
Baca Juga  Sukses Panen : Cara Menanam Bawang Putih Di Rumah

Panen Budidaya Jamur Enoki di Indonesia

Langkah terakhir dalam cara budidaya jamur enoki di Indonesia yaitu melakukan panen. Berbeda dengan jenis jamur pada umumnya, untuk memanen jamur enoki tidak bisa asal cabut, anda harus memperhatikan dengan baik bentuk pertumbuhan jamur enoki , berikut penjelasannya :

  • Untuk jamur enoki budidaya bisa dipanen sepanjang tahun, ini tentunya sangat menguntungkan anda.
  • Untuk memanennya, anda dapat menggunakan alat seperti pisau ataupun gunting tanaman. Akan lebih baik apabila  anda menggunakan gunting.
  • Gunakan sarung tangan yang terbuat dari bahan plastik ataupun kain, ini akan menjaga agar jamur enoki tidak terkena suhu panas pada tangan anda.
  • Untuk waktu memanen jamur enoki yang baik yaitu pada sore hari dan segeralah memanen jamur enoki jangan terlalu lama.
  • Simpan pada tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari secara langsung, jangan lupa untuk menyortir jamur yang akan dijual dan di konsumsi sendiri.

Demikianlah  langkah- langkah dalam Cara Budidaya Jamur Enoki di Indonesia secara sederhana dan bisa dilakukan oleh semua orang. Semoga informasi di atas dapat  bermanfaat dan menambah wawasan anda. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan baik supaya  hasil panen anda berkualitas baik. Sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya.

Baca Juga :