Sangat Mudah – Begini Cara Stek Beringin Dolar Dan Juga Tips Perawatannya

Posted on

Sangat Mudah – Begini Cara Stek Beringin Dolar Dan Juga Tips Perawatannya

Cara Stek Beringin Dolar – Di zaman sekarang ini tanaman hias tengah menjadi hobi bagi para penyuka tanaman dan juga cukup laris di antaranya pada kalangan para pengusaha. Seperti yang kita ketahui tanaman hias tentu memiliki keunggulan tersendiri dan juga berguna dalam mempercantik taman pekarangan atau halaman untuk rumah anda.

Terdapat jenis tanaman hias yang bisa berkembang dengan cara merambat pada area pagar, ada juga yang tumbuh lebat di permukaan tanah maupun  dengan cara di tanam dengan menggunakan pot gantung dan juga bermacam-macam lagi lainnya. Salah satu dari banyaknya tanaman yang banyak di budidayakan yaitu adalah beringin dolar.

Diketahui bahwa, Pohon beringin dolar merupakan salah satu jenis pohon yang biasanya digunakan untuk menghias taman outdoor.

Tanaman beringin dolar yang berasal dari benua Asia dan Australia ini terbilang cukup lama oleh sebab itulah mengapa pada umumnya para penggemar tanaman hias ini lebih memilih untuk menggunakan teknik penyambungan dari spesies aslinya. Yaitu dengan cara menyambungkan tanaman ini langsung dengan batang yang diperoleh dari jenis pohon beringin yang lainnya.

Namun disarankan agar anda memakai teknik stek yang disebabkan karena cara ini lebih cenderung murah dan mudah, serta juga sederhana. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak cara stek pohon beringin berikut ini yang tentunya terdapat beberapa trik yang harus kita lakukan untuk melakukan stek pada tanaman beringin dolar supaya dapat menghasilkan hasil stek yang sesuai dengan keinginan kita yaitu baik dan bagus.

Baca Juga  Rupanya Inilah Jenis Tanaman Hias Yang Dapat Ditanam Di Air

Cara Stek Beringin Dolar

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum anda memulai untuk menyetek beringin dolar, ada baiknya apabila anda mempersiapkan terlebih dahulu beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk stek pohon beringin dolar ini. Alat dan bahan yang digunakan tidaklah sulit untuk diperoleh sebab anda pasti memilikinya di rumah , berikut ini alat dan juga bahan yang diperlukan.

  • Gunting
  • Cutter
  • Media tanam. Anda dapat memilih media tanam yang terbuat dari bahan arang, kompos, moss, batang pakis, pupuk kandang, sekam padi ataupun batang kelapa. Tidak perlu semuanya di ambil. Hanya cukup dengan dua atau tiga bahan saja kemudian aduklah hingga merata dengan tanah. Tentunya dengan menggunakan komposisi yang sesuai supaya hasilnya juga akan sesuai dengan yang anda harapkan.
  • Pot, Isilah pot dengan media tanam.
  • Perangsang akar apabila dibutuhkan.
  • Larutan ZPT supaya tanaman bisa cepat tumbuh.

Pemilihan Batang Beringin Dolar

Jika semua alat dan bahan sudah anda siapkan. Maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemilihan batang pohon beringin dolar.

  • Pilih serta ambillah batang beringin dolar yang batangnya kokoh dan juga daunnya yang masih segar. Sesudah anda berhasil memperoleh batang beringin dolar, kemudian potong bagian bawahnya dengan miring.
  • Potong daun daun yang berguna untuk mengurangi proses penguapan. Dari pada daun tersebut terbuang dengan percuma , anda dapat menggunakan daun tersebut untuk dijadikan pupuk kompos.
  • Kupas kulit batang yang terdapat pada bagian bawah supaya akar dapat tumbuh dengan lebih mudah.
  • Lalu gunakan larutan ZPT serta rendamlah hasil stek tersebut di dalam larutan ZPT selama satu jam suoaya nantinya stek tersebut bisa cepat tumbuh.
  • Anda juga bisa mengolesi pangkal batang dari hasil stek tersebut dengan menggunakan perangsang akar.
Baca Juga  Cara Menanam Bunga Tulip Hingga Panen

Penanaman Batang Beringin Dolar

Selesai mengupas bagian atas batang pohon lain, maka langkah yang selanjutnya harus dilakukan adalah menanam hasil stek beringin dolar ke dalam media tanam. Caranya cukup dengan tancapkanlah beringin dolar ke media tanam. Tata lah atau atur supaya tanahnya kuat dan juga nantinya mampu untuk menyangga tanaman.

Perawatan Beringin Dolar

Manfaat dari mendapatkan ukuran dan juga bentuk yang diinginkan. Untuk perawatan dari pohon beringin dolar ini relatif cukup mudah . Sebab kebutuhan dari pohon beringin dolar akan air tidaklah butuh terlalu banyak atau sering untuk menyirami.

Sedangkan untuk perawatan daunnya, anda hanya cukup dengan memotong daun beserta ranting secara berkala, tentunya dengan bentuk yang sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Tanamlah pohon beringin dolar ini taman yang ptoposional serta cukup. Pohon ini juga dapat menghasilkan buah, namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pohon beringin dolar hanya berfungsi sebagai tanaman hias atau mempercantik taman.

Nah itulah Simak Cara Dan Langkah Stek Beringin Dolar Beserta Tips Perawatannya yang dapat kami sampaikan, semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya.

Baca Juga :