Cara Memperbanyak Bunga Dahlia

Posted on

Cara Memperbanyak Bunga Dahlia – Nah apakah kalian memiliki tanaman bunga dahlia? Jika kalian memilikinya semoga dengan adanya ulasan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Ulasan ini dibuat karena ada sebagian orang yang sangat menyukai bunga dahlia ini.

Dan bahkan ingin memperbanyak tanaman tersebut tapi tidak tega untuk menggali umbi bunga dahlia. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa bunga dahlia ini merupakan bunga yang memiliki umbi seperti ketela pohon/singkong.

Jadi salah satu cara untuk memperbanyak tanaman ini ialah dengan memisahkan umbi tersebut untuk dijadikan bibit/tanaman baru.

Tapi dalam usaha memperbanyak tanaman dahlia tersebut kita tidak bisa sembarangan.

Cara Memperbanyak Bunga Dahlia

Maka oleh karena itu berikut ini beberapa tips dan cara yang biasa kalian lakukan untuk memperlakukan tanaman bunga dahlia ini:

Dengan Mengetahui Masa Berbunganya

Sebelum memperbanyak tanaman dahlia, ada baiknya kalian harus mengetahui waktu-waktu tanaman ini berbunga.

Ini berguna agar kita tidak salah memisahkan tanaman di waktu yang bukan seharusnya.

Memisahkan Umbi

Pada saat akhir masa berbunga, bunga dahlia biasanya akan mongering dengan sendirinya. Lalu diikuti dengan batang dan daun tanaman yang mongering, lalu muncullah tunas baru di tempat itu juga.

Sehingga saat sudah mencapai akhir masa berbunga sudah waktunya kita memisahkan umbinya untuk menjadi tanaman yang baru, tapi dengan catatan sebagai berikut:

  • Pastikan tunas baru sudah muncul ke permukaan tanah. Biasanya tidak jauh dari tanaman induknya, lebih tepatnya di bagian umbi.
  • Pastikan bahwa calon bunga/kuncup bunga berjumlah sedikit dan tidak mungkin mekar lagi. Kan sayang sekali kalau masih banyak kuncup bunganya, lalu kita bongkar tanamannya.
  • Pastikan bahwa batang tanaman/daun sudah ada yang mulai mengering, meski tidak semuanya.
Baca Juga  Cara Mudah Membuat Pupuk Kandang Sendiri

Tunas bunga dahlia biasanya tumbuh di ujung atau sekitaran umbi tanaman induknya. Sehingga saat memisahkan umbi-umbi tersebut kalian harus sangat berhati-hati.

Dan apalagi tunas bunga dahlia ini sangat mungil, lembut dan mudah patah (tapi mudah tumbuh lagi asal umbi tidak busuk).

Penanaman Tunas/Tanaman Baru

Setelah umbi bertunas ditanam di tempat yang baru, ada tugas lain yang harus kalian lakukan. Kalian harus memastikan bahwa tunas tersebut akan aman dari segala macam gangguan.

Mulai dari hama sampai gangguan dari cakaram ayam misalkan (tapi ini bergantung tempat tinggal kalian juga sih).

Nah dalam masa tanam calon tanaman dahlia tersebut biasanya memberikan pelindung dari bahan bekas. Karena menanam bunga ini di tanah, bukan di pot dank arena banyak hewan berkeliaran bahkan kadang bisa sendiri menginjaknya, jadi tunas tersebut diberi pelindung.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memperbanyak Bunga Dahlia semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.