Cara Memupuk Durian Dengan Pupuk Nasa

Posted on

Cara Memupuk Durian Dengan Pupuk Nasa – Dalam hal ini Durian adalah nama salah satu buah yang berasal dari tumbuhan tropis. Buah ini dinamakan durian karena memiliki kulit buah yang tajam-tajam serta berduri.

Di balik tajamnya kulit durian terdapat daging buah berbau menyengat yang banyak digemari oleh orang Indonesia.

Tanaman dengan nama ilmiah Durio Zibethinus ini sangat populer hingga memiliki julukan raja buah. Harganya juga dinilai cukup mahal, karena itu banyak orang yang tertarik untuk budidaya pohon durian.

Agar perkembangan pohon durian lebih baik, banyak yang menambahkan penggunaan pupuk, salah satunya yakni menggunakan pupuk nasa.

Pengertian Pupuk Nasa

Pupuk nasa merupakan jenis pupuk yang diproduksi oleh PT Natural Nusantara. Di kalangan petani, pupuk ini memang lebih dikenal dengan nama pupuk nasa. Pupuk ini cukup populer dan digunakan oleh banyak petani.

Pupuk nasa dirancang khusus untuk bisa memenuhi nutrisi tanaman budidaya. Pupuk nasa memang cukup aman untuk digunakan karena terbuat dari bahan-bahan yang alami atau organik. Kualitasnya juga cukup baik sehingga banyak digunakan oleh petani.

Cara Memupuk Durian Dengan Pupuk Nasa

Nah berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai bagaimana cara memupuk durian dengan pupuk nasa:

  • Buatlah larutan pupuk nasa dalam air sesuai dengan dosis dan kebutuhannya masing-masing. Semakin tua atau semakin besar pohon durian, semakin banyak juga dosis pupuk nasa yang diperlukan dibandingkan dengan tanaman yang lebih muda.
  • Pemupukan pertama bisa dilakukan di awal pembibitan pohon durian dengan cara mencampurkan larutan pupuk nasa ke dalam tanah yang berisi bibit pohon durian
  • Larutan pupuk nasa yang telah dibuat bisa langsung disiramkan ke tanah sekitar tanaman durian. Pemupukan ini bisa dilakukan sebanyak tergantung kepada usia tanaman. Semakin muda tanaman durian maka pemupukan akan lebih sering diperlukan.
  • Selain pemupukan, pohon durian juga memerlukan pengairan yang tepat dan cukup. Pengairan ini sebaiknya dilakukan dari masa awal mulai tumbuh. Pengairan atau penyiraman akan lebih baik jika dilakukan di pagi hari. Saat pohon mulai berbunga, jumlah pengairan sudah mulai bisa dikurangi.
  • Pemangkasan terhadap tunas-tunas air, cabang, dan ranting yang sudah mati, terserang hama penyakit, atau ranting-ranting yang tidak terkena sinar matahari juga perlu dilakukan secara rutin supaya tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pohon durian. Ketika pohon durian telag mencapai ketinggian tertentu yaitu sekitar 4-5 m, pucuk tanaman sebaiknya mulai dipangkas.
Baca Juga  Cara Menanam Cabe Carolina Reaper

Dosis Penggunaan Pupuk Nasa Untuk Pohon Durian

Nah agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman secara cukup dan tidak berlebihan. Kalian harus memperhatikan dosis penggunaan pupuk nasa untuk pohon durian dengan tepat. Berikut merupakan dosis penggunaan pupuk nasa untuk pohon durian yang dianjurkan yaitu:

  • Pupuk nasa dosis satu botol dilarutkan ke dalam air putih sebanyak 2 liter atau 2000 mililiter.
  • Larutan induk tersebut diambil sebanyak 10 ml dan lalu dicampurkan ke dalam 1 liter air putih.
  • Larutan tersebut bisa digunakan untuk memupuk satu pohon durian

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Memupuk Durian Dengan Pupuk Nasa semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.