Cara Menanam Aglonema Tanpa Akar

Posted on

Cara Menanam Aglonema Tanpa Akar – Di saat Pandemi Covid 19, memunculkan kebiasaan baru bagi sebagian orang untuk menghilangkan rasa boas an salah satunya dengan menanam tanaman hias sampai menjualnya.

Hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang banyak membeli tanaman hias untuk dirawat dirumah dan bahkan bisa menjadikan pundi-pundi uang.

Tanaman hias banyak peminatnya karena ada dua hal. Pertama karena pandemi di mana masyarakat melakukan suatu kegiatan karena bosan di rumah. Kedua dengan menanam, berkebun dan memelihara tanaman merupakan suatu terapi, karena dengan menanam ada harapan dan orang menjadi happy.

Menanam tanaman hias banyak sekali dampaknya positifnya. Pertama dengan menanam tanaman kita bisa melihat sendiri hasil dari perawatan pribadi, selain itu juga bisa menyerap polusi udara. Menurut hasil penelitian yang sudah dilakukan sebelum adanya pandemi dengan menanam tanaman dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Cara Menanam Aglonema Tanpa Akar

Aglonema atau sri rejeki merupakan tanaman hias yang tergolong dalam jenis talas-talasan atau Araceae. Aglonema tumbuh subur dan mudah ditemukan di wilayah hujan tropis maupun area dengan intensitas sinar matahari rendah serta kelembaban tinggi.

Tahukah kalian, tanaman aglonema bisa ditanam tanpa akar? Ya cara ini dilakukan untuk memperbanyak tanaman aglonema dengan memotong bagian ujung tanaman lalu ditanam sebagai tanaman baru. Nah berikut cara menanam aglonema tanpa akar yaitu:

Baca Juga  Tanaman Dengan Sistem Merunduk

Persiapan Menanam

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai menanam aglonema tanpa akar yaitu:

  • Pot ukuran 8
  • Pisau tanaman
  • Betadine atau antibiotik lainnya
  • Pasir malang
  • Floral foam
  • Wadah berisi air
  • Tanaman aglonema yang akan dipotong

Potong Aglonema

Cara menanam aglonema tanpa akar yang pertama ialah memotong aglonema sebanyak 4 lembar daun dimulai dari pucuk tanaman dengan cara memotong bagian bawah ruas batang tanaman.

Bersihkan Lendir Tanaman

Setelah dipotong, aglonema akan mengeluarkan lendir pada bagian bawah batang. Bersihkan lendir tanaman dengan tisu hingga bersih dan kering.

Tetesi Dengan Betadine Atau Obat Antibiotik Lainnya

Selanjutnya bagian batang yang sudah dibersihkan ditetesi dengan betadine atau obat antibiotic secukupnya. Lalu biarkan beberapa saat sampai cairan betadine terserap ke dalam batang tanaman dan sedikit mongering.

Siapkan Floral Foam

Sebelum digunakan pastikan floral foam sudah direndam ke dalam cairan B1 dan dipotong sesuai dengan ukuran batang tanaman aglonema yang akan ditancapkan.

Tancapkan Tanaman Ke Floral Foam

Saatnya menancapkan tanaman ke floral foam yang sudah dipotong. Cara menancapkan tanaman ke floral foam ialah dengan metode sekali tekan dengan panjang batang yang tertancap kira-kira 2-3 cm.

Masukkan Ke Dalam Pot

Cara menanam aglonema tanpa akar berikutnya ialah memasukkannya ke dalam pot ukuran 8. Namun sebelum dimasukkan ke dalam pot, isi pot dengan pasir malang sebanyak dua pertiga dari volume pot.

Lalu masukkan tanaman yang sudah ditancapkan ke floral foam dan timbun lagi dengan pasir malang hingga floral foam tertutup dan pasir memenuhi pot. Hal ini dilakukan agar floral foam tidak goyang dan tanaman bisa berdiri tegak.

Masukkan Ke Dalam Wadah Yang Berisi Air

Setelah dimasukkan ke pot, langkah selanjutnya ialah meletakkan pot dan tanaman ke dalam wadah yang telah di genangi air sampai dasar pot terendam atau sekitar sepertiga dari tinggi pot.

Baca Juga  Cara Budidaya Bunga Telang Yang Benar

Tanaman direndam selama 20-30 hari hingga tumbuh akar. Cara ini juga digunakan agar daun serta batang tanaman tidak layu. Setelah 1 bulan dan tumbuh akar, tanaman bisa dipindah ke media pot biasa.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menanam Aglonema Tanpa Akar semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.