Cara Menanam Bunga Asoka

Posted on

Cara Menanam Bunga Asoka – Nah apakah kalian sudah tahu bagaimana cara menanam bunga asoka? Yuk jadiin ulasan kali ini sebagai panduan kalian bagaimana agar tanaman cepat berbunga.

Bunga Asoka merupakan salah satu jenis tanaman hias yang digemari banyak orang, karena dapat memperindah pemandangan. Bentuk dan wangi bunga ini dinilai sangat unik selain itu dapat tumbuh bergerombol.

Bunga ini pun memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti menyembuhkan wasir, keram betis, luka memar dan haid yang tidak teratur.

Pengobatan menggunakan bunga asoka dinilai sangat ampuh bagi banyak orang. Sehingga tak heran bila bunga ini seringkali ditanam oleh banyak orang.

Cara Menanam Bunga Asoka

Nah berikut ini merupakan bagaimana cara menanam bunga asoka diantaranya yaitu:

Menyiapkan Bibit Tanaman

Terdapat dua cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan bibit bunga asoka seperti cara cangkok dan cara stek.

Untuk mendapat bibit yang baik, kalian harus memilih indukan yang berkualitas dan produktif berikut penjelasannya:

Cara Stek

Pilihlah batang yang sudah berumur tua, yaitu yang berukuran 15 cm. Setelah itu, potong batang tanaman dengan gunting atau alat potong lainnya yang bersih dan tajam. Karena, alat potong yang tidak bersih, menyebabkan tanaman terserang penyakit.

Sebelum masuk kedalam proses penyemaian, Anda bisa memasukkan rempalan batang dalam air. Hal itu, juga bisa menjaga kesegaran tanaman.

Cara Cangkok

Pilihlah batang yang sudah tua setelah itu, tentukan area batang pencangkokan, lalu kupas kulitnya hingga terkena lapisan kambium batang.

Baca Juga  Tips Merawat Tanaman Hias

Jangan lupa untuk menutup bagian kulit tersebut menggunakan tanah serta pupuk kandang yang sudah tercampur. Ikat tanah tersebut menggunakan sabut kelapa atau plastik, lalu siram dengan air bersih.

Penyemaian Tanaman

Agar dapat tumbuh maksimal kalian bisa melakukan penyemaian tanaman asoka. Ada beberapa hal yang perlu kalian siapkan, seperti pupuk kandang serta tanah gembur yang telah dicampur sama rata, lalu dimasukkan ke dalam polybag.

Lepaskan ikatan plastik maupun sabut kelapa tanpa merusak tanah yang sudah terbentuk. Setelah itu masukkan bibit hasil stek maupun cangkokan kedalam polybag yang sudah terisi hingga seukuran pangkal batang.

Jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara teratur yakni sehari sekali agar tanah tetap lembab. Karena kelembaban tanah membuat akar lebih cepat tumbuh.

Diamkan selama 2 minggu atau hingga daun muda tumbuh, setelah itu pindahkan tanaman ke tempat yang kalian inginkan.

Penanaman Bunga Asoka

Penanaman bunga asoka dilakukan di tanah yang subur dan gembur. Buatlah lubang tanam yang sudah diberin pupuk kandang. Waktu yang baik untuk menanam bunga ini yakni pada pagi atau sore.

Karena waktu pagi atau sore hari kelembaban tanah masih terjaga, dibandingkan pada siang haris ketika cahaya matahari sangat terik.

Tanam bunga asoka harus berada di tempat yang terkena cahaya matahari untuk membantu proses fotosintesis, sehingga pertumbuhan bunga ini dapat berjalan dengan baik.

Perawatan Bunga Asoka

Agar mendapat hasil yang maksimal, kalian harus melakukan perawatan dengan baik. Perawatan tanaman bunga asoka pun dinilai sangat mudah, diantaranya sebagai berikut:

  • Lakukan Penyiraman secara rutin menggunakan air bersih. Karena, air yang kotor memiliki kandungan bakteri yang akan menyebabkan tanaman terkena bibit penyakit.
  • Berilah Pupuk Lanjutan, ketika tanaman dipindahkan ke lubang tanam menggunakan jenis pupuk daun agar tanaman tumbuh dengan optimal. Karena pupuk ini bisa merangsang tanaman agar menumbuhkan daun dan bunga lebih banyak
  • Lakukan Penyiangan, untuk menghilangkan gulma yang berada di sekitar tanaman bunga. Karena, gulma merupakan tanaman liar yang dapat mengganggu pertumbuhan bunga asoka, dan mengurangi keindahannya. Selain itu, gulma juga dapat mengambil nutrisi yang terkandung dalam tanah.
Baca Juga  Cara Merawat Bunga Krisan

Masa Berbunga

Kalian bisa menikmati keindahan bunga asoka ketika musim hujan, karena pada saat itu kelembaban tanah terjaga dengan baik. Bunga ini dapat berkembang dan mekar hingga 3 bulan lamanya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menanam Bunga Asoka semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.