Cara Menanam Bunga Teratai Di Pot Sebagai Tanaman Hias

Posted on

Cara Menanam Bunga Teratai – Banyak jenis tanaman atau bunga yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias, salah satunya adalah tanaman bunga teratai . Teratai merupakan bunga yang sangat manis dan juga sering juga disebut sebagai bunga lotus dengan bunganya yang sangat indah.

Belum banyak orang yang menanam jenis bunga ini, hal tersebut disebabkan karena mereka kebanyakan yang tidak mengerti bagaimana cara merawatnya.

Bunga teratai termasuk dalam salah satu jenis bunga yang sangat unik , karena bunga ini mengambang di atas lumpur yang berair.

Bunga ini juga sering di kait-kaitkan dengan nirwana serta keabadian. Bunga teratai memiliki kelopak dengan jumlah genap dengan warnanya yang indah dan juga bermacam-macam.

Bagi anda yang ingin menanam bunga ini maka diperlukan beberapa persiapan salah satunya adalah indukan dari bunga teratai , cara yang paling mudah untuk mendapatkan indukan atau bibit bunga teratai adalah dengan mengambil tunas langsung dari induk kemudian memindahkannya.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menanam bunga teratai yang dilakukan di pot. Sehingga bagi anda yang menyukai bunga ini dapat menikmatinya di rumah anda langsung , berikut ini adalah caranya.

Pembibitan Bunga Teratai

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menanam bunga teratai adalah dimulai dengan proses pembibitan. Terdapat dua cara yang sering digunakan untuk melakukan pembibitan bunga teratai. Yang pertama adalah pembibitan dengan biji dan yang kedua adalah pembibitan dengan tunas. Akan tetapi kebanyakan banyak orang yang memilih untuk melakukan pembibitan dengan menggunakan tunas , karena jika menggunakan biji sangat susah untuk dilakukan.

Baca Juga  Tips Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Cantik

Perlu di perhatikan bahwa kita perlu berhati-hati pada saat memisahkan tunas yang berasal dari indukan teratai . jika anda melakukannya dengan kasar maka setiap tunas yang anda tanam bukannya kan menjadi sebuah bunga, justru tidak tumbuh sama sekali, perlu diingat bahwa anda harus memperhatikan induk yang memang matang sehingga layak untuk digunakan.

Cara Memilih Bibit Bunga Teratai

Langkah yang kedua adalah pada tahap penanaman. Setelah anda memisahkan biji atau tunas teratai dengan indukkannya, yang tentunya anda harus menanamnya. Yang harus anda perhatikan adalah tempat anda menanam dengan memperhatikan lumpur, jumlah air , pancuran, kolam dan yang lain sebagainya.

Namun ada baiknya jika anda mencari lumpur yang lebih diberi air yang banyak, maka tanaman teratai ini dapat bertumbuh dengan subur pada lokasi atau tempat seperti pada habitat aslinya.

Anda perlu melihat jumlah air itu sendiri, air yang di maksud harus menggenang serta lebih banyak daripada jumlah bibit teratai itu sendiri. Hal ini mempunyai alasan yaitu karena tanaman teratai yang memang hidup di atas permukaan air serta dengan volume air yang juga banyak, anda juga bisa menambahkan pasir agar teratai dapat tumbuh dengan subur.

Perawatan Bunga Teratai

Setelah melakukan penanaman pada bibit teratai maka langkah yang berikutnya yang harus anda lakukan adalah merawat tanaman teratai itu sendiri. Namun tidak hanya sekedar merawat saja, karena anda harus merawat bunga ini dengan ketelatenan dan juga penuh dengan ketelitian. Karena jika anda teliti dan telaten dalam merawat tanaman teratai ini maka besar kemungkinan jika anda akan memperoleh tanaman teratai yang tumbuh dengan subur dan tentunya berhasil berkembang.

Baca Juga  Sangat Mudah - Begini Cara Stek Beringin Dolar Dan Juga Tips Perawatannya

Yang perlu anda ingat adalah bahwa anda harus menjaga tanaman teratai ini agar tetap basah jangan sampai mengering, karena jika tidak ada air lagi atau kering maka teratai juga akan ikut mengering.

Teratai termasuk salah satu tumbuhan yang ramah lingkungan , karena hanya menggunakan media air dan lumpur saja tanaman ini sudah tumbuh , tanpa harus menggunakan pupuk yang mengandung bahan kimia yang tentunya tidak ramah lingkungan.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Cara Menanam Bunga Teratai Di Pot Sebagai Tanaman Hias anda dapat mencobanya sendiri di halaman maupun di pot yang tentunya dapat anda jadikan sebagai tanaman hias dirumah. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan terimakasih banyak untuk kunjungannya.