Cara Menanam Bunga Vinca Dari Batang Beserta Teknik Perawatannya

Posted on

Cara Menanam Bunga Vinca Dari Batang Beserta Teknik Perawatannya

Cara Menanam Bunga Vinca – Bunga Vinca, atau yang disebut juga dengan nama bunga Tapak Dara adalah tanaman yang berasal dari genus Cartharanthus.

Tanaman yang bernama latin Madagascar Periwzinkle ini bisa tumbuh dan hidup dengan baik di area dengan cuaca panas, bahkan juga di dataran kering yang berpasir. Tanaman ini mempunyai ukuran mulai dari 8 hingga 18 inci. Cara penanaman bunga vinca gantung dan juga perawatannya tidak terlalu sulit.

Tanaman bunga vinca yang biasanya d ijadikan sebagai tanaman gantung ini memang perlu sinar matahari untuk dapat tumbuh dengan baik sehingga lebih tahan terhadap panas. Untuk menanamnya, maka ikuti cara stek tanaman gantung.

Bunganya akan mekar pada awal musim panas hingga dengan awal masa musim dingin. Bunga vinca adalah bunga tunggal yang mempunyai lima buah kelopak. Tanaman ini dapat dibudidaya dengan menggunakan biji ataupun batang indukannya.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai  bagaimana cara menanam bunga vinca dari batang. Metode ini disebut juga dengan metode stek batang.

Cara Menanam Bunga Vinca dari Batang

Berikut adalah cara menanam bunga vinca dari batang atau dengan metode stek batang yang mudah dan juga dapat Anda ikuti :

  • Pilih tanaman yang akan di stek atau di ambil batangnya. Memang tidak semua tanaman dapat diperbanyak dengan metode stek. Tanaman bunga vinca adalah salah satu tanaman yang bisa dibiakkan menggunakan metode stek batang. Sehingga Anda harus memilih tanaman bunga vinca yang berumur cukup tua dan juga sehat untuk diperbanyak.
  • Gunakan gunting untuk memotong tunas tanaman. Pilih tunas tanaman bunga vinca yang relatif baru, akan tetapi cukup dewasa dari induk tanaman. Secara umum, panjang potongan batang yang digunakan untuk stek yaitu sekitar 8 hingga 10 cm. pada saat memotong, potong batang dengan kemiringan sekitar 30 derajat agar dapat diperoleh ujung batang tanaman bunga vinca yang lancip
  • Bersihkan daun dari bagian bawah serta bagian ujung batang yang akan distek. Jika ada kuncup bunga juga sebaiknya dibuang saja. Hal ini bertujuan agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman untuk menumbuhkan akar baru tidak di ambil terlalu banyak oleh daun dan juga kuncup bunga tersebut
  • Letakkan batang stek tanaman bunga vinca di dalam larutan air yang telah dicampur dengan pupuk. Rendam batang ini selama 3 hingga 4 jam lamanya. Apabila ada, Anda dapat dengan gunakan lampu fluoresen dan meletakkan batang tersebut di bawahnya
  • Langkah yang berikutnya yaitu membentuk akar pada batang stek. Media yang digunakan bisa berupa pasir, tanah, atau bahkan air. Pastikan air atau tanah yang digunakan berkualitas baik dan juga mempunyai kandungan nutrisi yang cukup.
  • Apabila ditanam di tanah, ujung stek ditanam sampai kedalaman 3 hingga 5 cm serta lindungi dari sinar matahari langsung. Jika ditanam di air, campurkan sejumlah pupuk cair ke dalam air yang digunakan. Hindarkan dari sinar matahari langsung karena dapat merusak akar tanaman.
  • Sesudah ditanam, pastikan stek dalam keadaan lembap akan tetapi tidak tergenang air. Anda juga dapat membungkus stek bunga vinca menggunakan kantong plastik dengan lubang sirkulasi udara.
  • Jika akar tanaman bunga vinca telah tumbuh, steknya bisa dipindahkan ke lokasi penanaman akhir.
Baca Juga  Cara Menanam Bunga Teratai Di Pot Sebagai Tanaman Hias

Tips Menanam Bunga Vinca dari Batang

Berikut ini adalah beberapa tips dalam menanam bunga vinca dari batang. Cara ini akan sedikit berbeda dengan cara stek bunga gelombang cinta:

  • Oleskan sedikit madu pada permukaan batang yang dipotong agar dapat merangsang hormon pertumbuhan
  • Hindarkan stek batang dari sinar matahari langsung dan kekeringan dan juga angin yang berlebihan
  • Gunakan media tanam yang kaya nutrisi
  • Setiap tanaman mempunyai kecepatan tumbuh yang berbeda sehingga sebaiknya Anda menunggu sedikit lebih lama.

Demikianlah artikel kali ini mengenai Cara Menanam Bunga Vinca Dari Batang Beserta Teknik Perawatannya, pastikan agar anda melakukan setiap tahappannya dengan benar dan juga teliti agar anda dapat memperoleh hasil yang tentunya yang memuaskan, sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya.

Baca Juga :