Cara Menanam Daun Kari

Posted on

Cara Menanam Daun Kari – Dalam hal ini daun kari ialah daun pohon kari, juga dikenal sebagai salam koja atau temuru. Dalam dunia kuliner, terutama bagi sebagian besar ibu rumah tangga, daun kari sangat dikenal sebagai penambah bumbu untuk memasak rempah-rempah.

Penggunaan daun kari tambahan saat memasak membuat hasil memasak lebih harum dan menggoda.

Cara Menanam Daun Kari

Nah berikut ini ialah cara menanam daun kari yang baik dan benar yaitu:

Pembibitan

Curry tree ialah tanaman tropis yang mengandung rempah-rempah. Oleh karena itu, cara pertama untuk menanam pohon kari adalah pembibitan pohon. Metodenya ialah:

  • Pembibitan itu sendiri dibuat dengan mengambil biji dari buah pohon kari, yang pertama kali dibersihkan dari kulit dan ampas buah yang menutupi mereka.
  • Setelah dibersihkan dan dicuci dengan air, biji dikeringkan di bawah sinar matahari hingga kering dan terkena sinar matahari sekitar 1 hingga 2 malam.
  • Kemudian masukkan benih kari ke dalam wadah berisi air atau wadah lembab dan biarkan akar tunas kari muncul.
  • Kemudian letakkan biji berakar di tempat yang cukup gelap dan jauh dari sinar matahari. Ini untuk mempercepat proses pertumbuhan tunas.
  • Ketika tunas kari telah mencapai sekitar 3 sampai 5 cm, tunas pohon kari dapat ditaburkan atau dibawa ke tanah.

Lahan Tanam Pohon Kari

Seperti disebutkan sebelumnya, pohon kari ialah sejenis pohon tropis, tetapi lebih baik jika ditanam di daerah beriklim sedang seperti dataran tinggi.

Karena itu, pilih tempat dengan suhu dingin dan tidak terlalu panas sebelum menyiapkan lahan tanam. Ini bagus untuk pertumbuhan dan kandungan zat yang nantinya hadir di daun kari.

Ini karena jika suhu terlalu tinggi, proses fotosintesis terganggu dan daun cepat layu dan rusak oleh fotosintesis yang berlebihan. Temperatur yang baik untuk daun kari ialah dalam kisaran 22 hingga maksimum 25 derajat celcius.

Jika kalian tidak yakin bagaimana mengukur suhu yang tepat, kalian dapat menanam pohon kari di tempat yang sejuk, tidak terlalu panas atau menyesuaikan suhu ruangan di kamar kalian. Karena ruangan memiliki kisaran suhu kamar 20 hingga 25.

  • Jika Anda ingin menanam sendiri pohon kari dengan tinggi 3 hingga 5 cm, Anda hanya perlu menyediakan polybag atau pot.
  • Kemudian campurkan humus dengan 2: 1 pupuk cair dan sedikit air.
  • Kemudian masukkan campuran tanah ke dalam polybag atau pot setengah dari ukuran polybag atau pot.
  • Kemudian tambahkan tanaman kari dan tuangkan campuran ke tanah.
  • Letakkan di tempat yang dingin dan biarkan tinggi sekitar 30 hingga 50 cm. Kemudian tanaman itu bisa dipindahkan di ladang.

Penanaman Kari

Menanam kari hampir sama dengan menghapusnya yakni setelah memilih negara yang cocok untuk suhu yang baik. Seperti di halaman rumah atau di lading yang secara alami memiliki udara dan suhu sejuk.

Namun sebelum melakukannya kalian juga harus mempertimbangkan pilihan lokasi dengan memperhatikan negara di lokasi tersebut.

Perhatikan bahwa tanah yang akan ditanam subur atau tidak. Ini tidak hanya memiliki dampak besar pada proses pertumbuhan, tetapi juga pada kandungan zat yang terkandung dalam daun kari.

Tanah kering dan steril mengganggu proses menyerap air dan nutrisi melalui akar tanaman, sehingga tanaman kari mati dengan cepat dan kering. Namun jika tanahnya subur dan sedikit gembur, tanaman itu terpelihara dengan baik dan tumbuh dengan cepat dan berdaun.

Namun ada cara untuk berurusan dengan tanah kering dan tandus. Pertama-tama kalian dapat menuangkannya dengan air pencuci beras yang telah dibiarkan selama sekitar 2 hingga 3 hari.

Lalu campur kotoran itu dan balikkan dengan cangkul. Metode ini efektif untuk menyuburkan tanah dan menyuburkan tanah agar tanah lebih subur, cara menanam daun kari yaitu:

  • Setelah proses seleksi untuk bidang penanaman selesai, tanaman dapat ditanam di tanah.
  • Seperti, pertama-tama cacah tanah agar longgar dan mudah ditanam, lalu gali lubang seukuran akar dan sebarkan pada tanaman kari yang mulai tumbuh dan sedalam 20 hingga 30 cm.
  • Kemudian kubur akar tanaman kari dengan pupuk kandang hingga setengah tinggi lubang, kemudian tanah dengan humus, dicampur dengan pupuk kandang dalam perbandingan 1: 2, dan kubur kuburan terakhir lagi dengan tanah lapisan atas.
  • Kemudian perbaiki tanah agar tanaman kokoh dan tidak mudah dicabut.

Perawatan

Karena jenis pohon kari itu sendiri memiliki cara perawatan yang sangat sederhana, bahkan jika kalian tidak harus menghabiskan banyak uang untuk merawat pohon ini seperti jenis tanaman lainnya.

Hanya dengan menuang, tanam dan bersihkan hama yang dapat mengganggu proses pertumbuhan pohon kari.

Pemupukan

Pemupukan ini merupakan hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga kesuburan pada tanaman. Seperti halnya spesies pohon, pemupukan tanaman kari harus dilakukan secara rutin dua kali seminggu ketika pohon kari baru dibawa ke ladang penanaman hingga mencapai ketinggian sekitar 1 hingga 2 meter. Dan setelah mencapai ketinggian kira-kira. 1 hingga 2 meter, pemupukan dapat dikurangi secara teratur menjadi seminggu sekali.

Pupuk organik seperti pupuk cair atau kompos dan pupuk kimia juga sangat baik untuk jenis pupuk yang baik. Namun, lebih baik menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos. Pupuk organik tidak hanya lebih murah, mereka juga menggunakan pupuk organik yang ramah lingkungan. Mereka juga tidak memiliki efek negatif seperti pupuk kimia. Dengan menggunakan sejenis pupuk organik, kandungan zat yang terkandung di dalam daun kari tidak berubah, melainkan menjadi lebih baik.

Penyiraman

Hal terpenting selain pemupukan adalah penyiraman. Irigasi itu sendiri harus dilakukan secara rutin dan teratur setiap hari. yaitu dengan menanam daun kari sebagai berikut:

  • Jika tanaman masih setinggi kurang dari 1 meter, Anda dapat menyiraminya dengan air pencuci beras baru atau dibiarkan selama 2 hingga 3 hari. Air pencuci beras mengandung berbagai zat seperti vitamin B, mineral, dan sedikit karbohidrat, yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kesuburan tanaman baru. Ini mempercepat proses pertumbuhan dan menjaga tanaman kari tetap subur, sehingga daunnya lebih tebal dan rindang.
  • Namun, jika tanaman kari telah mencapai ketinggian lebih dari 1 meter, Anda hanya dapat menyiraminya secara teratur dan teratur dengan air normal, yaitu dua kali sehari ketika musim panas tiba.
  • Dan jika hanya perlu disiram sekali sehari selama musim hujan atau jika hujan terlalu deras, Anda tidak perlu menyiramnya. Itu tidak mudah.
  • Selama pertumbuhan dan di usia produktif, pohon kari mekar di musim semi dan awal musim panas sejak usia 4 tahun.

Penyiangan

Sama seperti ketika Anda menanam jenis tanaman lain, gulma sangat penting. Proses pengendalian gulma itu sendiri adalah membersihkan area di sekitar pohon kari gulma seperti rumput atau tanaman liar lainnya.

Hal ini dimaksudkan agar proses pemupukan dan irigasi dapat secara efektif diambil oleh pohon kari. Dengan gulma yang tumbuh di sekitar pohon kari, proses penyerapan akar terganggu karena proses penyerapan akar gulma atau tanaman liar lainnya tercampur. Akhirnya, kesuburan dan pertumbuhan pohon terganggu dan bahkan terhambat dan akhirnya mati.

Pemotongan Dahan atau Ranting

Saat merawat pohon kari, Anda harus melakukan hal lain, yaitu memotong cabang atau ranting yang terlalu menyebalkan.

  • Pemotongan secara rutin dilakukan setidaknya setahun sekali. Selain membersihkan bentuk pohon, proses fotosintesis maksimum dipertahankan agar kesuburan tanaman selalu terjaga.
  • Gunting pemangkasan atau gergaji jika perlu digunakan jika batang atau cabang pohon kari terlalu besar dan sulit dipangkas dengan gunting pemangkasan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menanam Daun Kari semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.