Cara Menanam Daun Pandan di Pot – Panduan Lengkap

Posted on

Cara Menanam Daun Pandan Di Pot – Rasanya hampir semua orang tahu tentang daun pandan terutama kaum hawa yang gemar memasak pasti sangat kenal dengan daun pandan karena sering menggunakannya untuk membuat masakan lebih harum aromanya.

Daun pandan sering diperlukan untuk keperluan membuat kolak atau kue manis lainnya terutama pada bulan puasa untuk sajian takjil pembuka puasa. Pernahkah Anda menggunakan daun pandan untuk keperluan yang  lainnya.

Sebenarnya daun pandan dapat digunakan untuk keperluan lainnya yang memang tujuannya pasti untuk membuat sesuatu lebih wangi. Mungkin karena terlalu sering menggunakan daun ini maka Anda ingin menanamnya sendiri.

Cara Menanam Daun Pandan di Pot

Tanaman pandan bisa ditanam di pekarangan dengan menggunakan pot atau bisa juga di area depan rumah dekat pagar karena tanaman ini tidak memerlukan tempat yang luas untuk tumbuh. Tanaman pandan sebenarnya lebih cocok untuk hidup di dataran tinggi karena tanaman ini suka dengan suhu yang cukup dingin dan juga  yang tinggi. Pandan yang berdaun banyak, panjang, dan lebar sehingga tingkat penguapannya cukup tinggi maka tanaman ini butuh banyak air. Akan tetapi, bukan berarti Anda yang tinggal di dataran rendah yang panas seperti Jakarta tidak bisa menanam pandan.

Anda tetap dapat menanam tanaman ini asal Anda rawat setiap hari terutama pengairannya harus selalu Anda perhatikan. Anda harus rajin menyiram tanaman ini setiap hari supaya tanahnya selalu lembab. Berikut ini penjelasan yang mungkin harus Anda simak tentang cara menanam daun pandan.

Persiapan Media Tanam

Tahap penanaman pandan cukup berbeda dari tanaman yang lainnya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan media tanam. Berikut ini adalah caranya:

  • Anda harus mengolah tanah dengan cara dicangkul dan diberi campuran pupuk kandang dan juga kompos supaya gembur.
  • selanjutnya buat lubang tanam dengan kedalaman 22-27 cm dan jarak antar tanaman sekitar 1 meter pada setiap lubang tanamnya.
  • Anda harus beri pupuk kandang sekitar 2 kg.
  • Media tanam sudah siap untuk di olah.
Baca Juga  Cara Menanam Daun Kemangi Dari Biji – Tips Budidaya

Siapkan Bibit Tanaman

Setelah itu Anda dapat segera menanam bibit. Bibit pandan dapat diperoleh dari tunas tunggal pandan lain yang sudah menghasilkan dan berakar gantung. jika tidak berakar gantung, pandan tidak akan bisa tumbuh dengan baik. Bibit pandan sebaiknya ditanam ke arah tegak lurus. Selanjutnya timbun bibit pandan dengan tanah yang telah disiapkan tadi. Anda harus memadatkan tanah supaya tanaman tidak mudah roboh setelah selesai ditanam.

Menanam pandan bisa dilakukan kapan saja. Yang terpenting adalah tanaman yang Anda tanam tidak kering dan juga layu selama masa pertumbuhan. Jangan sampai terlupa untuk menyiram tanaman secara teratur pada pagi dan sore hari. Selama 1 minggu sebaiknya pandan yang baru di tanam harus terhindar dari matahari langsung, khususnya pada saat siang hari yang terik.

Untuk menanam pandan bali Anda bisa melakukan pembibitan dengan mudah. Anda hanya perlu memperbanyak tunasnya dengan memisahkan tunas yang telah muncul dengan menggunakan pisau yang tajam. Lakukan hal ini dengan perlahan supaya sistem perakaran pandan bali tidak rusak. Setelah tunasnya terpisah, tunggulah beberapa saat di area yang lembab lalu tanam pandan supaya tidak layu.

Teknik Pemupukan

Setelah penanaman pandan telah berlalu 3 bulan, sebaiknya Anda memberikan pupuk buatan dengan dosis sekitar 50 gram urea ZA dan 20 gram KCI. Pemupukan dilakukan setelah Anda menyiangi rumput liar yang menghambat pertumbuhan tanaman pandan. Setelah berumur 1 tahun, Anda bisa memberikan pupuk kandang dan pupuk buatan dengan dosis yang sama banyaknya dengan sebelumnya. Sesudah itu, Anda tidak usah melakukan pemupukan lagi.

Teknik Perawatan

Tanaman pandan bisa diserang oleh penyakit atau hama penggerek pucuk. Jika pucuk tanaman ada lubang kereknya sehingga ada kotoran ulat, segeralah Anda obati dengan cara menyuntikan insektisida pada pucuk yang dihinggapi ulat. Insektisida yang umumnya digunakan adalah Diazinon atau Dimecron sebanyak 2 cc saja untuk tiap tanaman pandan yang terinfeksi. Pandan biasanya terserang hama penggerek pucuk yang dikenal dengan istilah “ulam”.

Baca Juga  Tips Mudah Cara Budidaya Buah Durian Agar  Cepat Berbuah dan Berproduksi Tinggi

Meskipun pandan suka dengan air akan tetapi pada musim hujan Anda harus mengurangi durasi penyiraman. Apabila pada musim kemarau atau kering Anda melakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari namun saat musim hujan Anda hanya perlu menyiramnya satu kali sehari yaitu pada saat hujan sedang berhenti dalam waktu agak lama. apabila terlalu banyak air maka akar pandan bisa mudah membusuk. Pemberian pupuk dalam masa perawatan sebaiknya dilakukan satu kali dalam satu bulan.

Masa Panen

Panen bisa dilakukan pada tahun ketiga setelah penanaman pandan yang pertama kali. Seterusnya Anda sudah  dapat melakukan panen antara 1,5 hingga 2 bulan. Panen ini bisa terus dilakukan selama 10 hingga 20 tahun. Jangan pernah lupa untuk melakukan peremajaan pada tanaman yang tidak menghasilkan, layu atau sudah mati. Proses penanaman pandan cukup mudah dilakukan akan tetapi Anda harus sabar menunggu bertahun-tahun untuk bisa panen.

Sebaiknya apabila Anda ingin budidadaya pandan, Anda juga harus melakukan budidaya tanaman lainnya supaya Anda tidak bosan menunggu hasilnya atau paling tidak terhibur dengan hasil panen tanaman lainnya. Daun pandan yang telah Anda panen harus segera digunakan untuk memasak atau keperluan lainnya sebelum daunnya menggulung. Daun tersebut dibelah kecil atau disuak dengan ukuran 2 hingga 6 mm. Kemudian Anda ikat dan rebus selama 10-30 menit. Setelah Anda merebus daun pandan maka segera rendam dalam air dingin selama satu malam. Pada hasil berikutnya supaya hasil panen lebih bagus, jemurlah daun hingga kering.

Budidaya Daun Pandan di Pot

Pada hakikatnya, tanaman pandan bisa Anda tanam di pot. Jika ditanam di pot, Anda dapat menjadikan tanaman ini untuk penghias halaman atau pekarangan rumah karena hijaunya cukup menyejukkan untuk dipandang.

Lalu harus menggunakan pot yang seperti apa? Anda bisa menggunakan wadah apapun jika tidak ada pot tanaman khusus. Anda dapat gunakan ember, kaleng bekas, panic bekas atau wadah lainnya yang dapat difungsikan sebagai media tanam. Berikut ini adalah cara menanam daun pandan di pot :

  • Tanah yang digunakan pada pot atau media lainnya sebaiknya hasil pencampuran dari sekam bakar, campuran kompos, dan juga tanah dengan perbandingan 1: 2: 1. Kemudian isi sepertiga dari pot dengan pecahan bata ataudengan genting baru setelah itu masukkan tanah.
  • Selanjutnya anakan pandan bisa ditanam dan timbun lagi dengan tanah hingga hampir penuh. Lalu siram tanah hingga basah seluruhnya, Anda dapat memastikannya dengan melihat air yang mengalir dari lubang yang ada di bagian bawah atau samping pot.
  • Setelah selesai proses penanaman, letakkan pot di tempat teduh yang tidak terkena matahari secara langsung.
  • Jadi, cara menanam daun pandan sangat mudah dan juga bahkan dapat dilakukan sendiri di rumah atau pekarangan dengan media pot atau polybag.
Baca Juga  Cara Memilih Bibit Durian Yang Cepat Berbuah

Tips Menanam Daun Pandan dalam Pot

Terdapat beberapa tahap yang harus Anda perhatikan dan praktekkan ketika menanam pandan agar daunnya lebat.

  • Pertama, Anda harus memilih bibit daun pandan yang berkualitas baik. Pilihlah bibit yang berada di antara rimbunan daun pandan yang sehat dengan ciri daun yang tidak terluka dan juga warna daunnya hijau muda.
  • Sesudah itu Anda harus menyiapkan tanah yang gembur (sudah dicangkul dan diberi pupuk). Kedua, tanah yang digunakan untuk menanam harus selalu lembab karena tanaman ini butuh banyak air. Penyiraman sebaiknya dilakukan di sekitar pangkal tanaman pandan sebanyak 2 kali dalam satu hari yaitu pagi dan juga sore hari.
  • Ketiga, lakukan pemangkasan daun. Pemangkasan dilakukan supaya pertumbuhan pandan lebih lebat daunnya dan cepat besar dalam waktu yang lebih cepat. Pemangkasan ini juga dilakukan apabila ada daun yang layu atau menguning sehingga tidak mengganggu daun lainnya yang masih segar.
  • Jika sudah bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya, maka pandan akan mudah berkembang dan berdaun banyak. Proses penanaman lanjutan, misal penanaman kedua kalinya dan seterusnya, pandan akan lebih cepat berdaun lebat.

Demikianlah informasi mengenai Cara Menanam Daun Pandan di Pot semoga bermanfaat dan selamat mencoba.