Cara Menanam Daun Salam

Cara Menanam Daun Salam – Cara menanam daun salam dirumah cukup mudah dipraktikkan, tanaman satu ini tentunya sangat berguna untuk kalian yang hobinya memasak. Daun salam biasa digunakan sebagai bumbu dan bahan tambahan pada masakan karena dapat membuat masakan lebih harum aromanya.

Meskipun mudah saat hendak menanam duan salam tetap diperlukan pengetahuan dan pemahaman mengenai cara menanamnya sehingga daun salam dapat tumbuh dengan subur. Tanaman salam bisa ditanam menggunakan pot atau dipekarangan rumah. Tanaman ini tidak membutuhkan tempat yang luas untuk tumbuh.

Cara menanam daun salam di rumah bisa kalian ikuti dengan saksama, bagi kalian yang tidak ingin repot-repot membelinya ke pasar, kalian bisa menanamnya di rumah. Sehingga saat kalian membutuhkannya kalian tinggal mengambil tanaman tersebut.

Manfaat Daun Salam

Daun salam sering dijual bersama bumbu jamu lainnya seperti kunyit dan laos. Daun salam juga bisa dikeringkan dan sering digunakan sebagai campuran bumbu masakan oleh masyarakat. Ternyata daun salam mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dengan dikeringkan daun salam juga masih tetap bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan. Nah berikut ini merupakan 7 manfaat daun salam kering untuk kesehatan yaitu:

Membantu Atasi Penyakit Pernapasan

Manfaat daun salam kering mampu menunjang atasi persoalan pernapasan karena mempunyai kandungan ekstrak minyak esensial. Minyak berikut mampu dicampurkan di dalam salep dan dioleskan ke dada untuk menunjang mengurangi bermacam problem pernapasan.

Selain itu, daun salam termasuk mampu dijadikan obat bersama dengan ditumbuk lantas dioleskan ke dada untuk didiamkan sepanjang semalam. Bisa termasuk bersama dengan cara lain seperti menghirup aroma daun salam yang sebenarnya sama seperti aroma terapi. Hal ini termasuk mampu mencairkan dahak dan mengusir bakteri berbahaya yang masih tersedia di dalam saluran pernapasan.

Mengatur Kelebihan Gula atau Diabetes

Untuk penderita diabetes, amat disarankan untuk mengonsumsi daun salam secara rutin. Hal ini karena daun salam mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang mampu menunjang proses produksi insulin di dalam tubuh lebih bagus.

Baca Juga  Simak Cara Budidaya Ciplukan Jumbo Yang Sangat Menguntungkan

Selain itu, manfaat daun salam yang kering lainnya adalah mampu menunjang proses penurunan persentase gula dan kolesterol di dalam darah. Daun salam udah terbukti mampu menanggulangi penyakit diabetes type 2.

Membuat Sistem Pencernaan Lebih Sehat

Daun salam mempunyai pengaruh yang amat besar terhadap proses gastrointestinal, yang berguna untuk perangsang buang air kecil sebagai diuretik, mengurangi toksisitas tubuh dan termasuk merangsang muntah saat toxic masuk ke di dalam tubuh.

Daun salam mempunyai kandungan senyawa organik yang amat bagus untuk mengendapkan sakit perut, sindrom usus yang gampang peka maupun menurunkan tanda-tanda penyakit Celiac. Sejumlah protein yang lebih kompleks di dalam diet modern kesusahan dicerna, namun enzim khas yang tersedia terhadap daun di dalam mampu menunjang mengakibatkan pencernaan lebih lancar dan asupan nutrisi lebih efisien.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Daun salam banyak mempunyai kandungan vitamin C. Vitamin C merupakan sebuah zat yang baik untuk merawat energi tahan tubuh dan membatasi radikal bebas yang membahayakan energi tahan atau proses imunitas tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi teh daun salam secara teratur.

Cukup bersama dengan menyeduh daun salam kering dan air panas seperti ketika menyeduh teh. Konsumsi setiap hari secara rutin dan peroleh manfaat daun salam yang udah dikeringkan yakni merawat proses kekebalan tubuh.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Daun salam termasuk mampu mengakibatkan mata menjadi lebih sehat. Ia mampu menjadi solusi yang baik bagi mata penat akibat sering lihat layar gadget atau PC maupun mata merah dan gatal agar tidak tambah iritasi.

Cara membuat obatnya amat sederhana, yakni cuma bersama dengan merebus daun salam kering. Dengan kenakan air rebusan daun salam kering ini, mata akan terhindar berasal dari infeksi yang lebih buruk.

Cara mengaplikasikannya ialah bersama dengan merebus daun salam kering bersama dengan air sepanjang sebagian saat. Kemudian menanti hingga dingin. Pakai air rebusan yang udah dingin bersama dengan usap ke bagian mata yang sakit sepanjang sebagian menit. Gunakan secara tertata untuk hasil yang lebih optimal.

Mengurangi Gejala Penyakit Asam Urat

Manfaat daun salam kering berikutnya ialah mengurangi risiko tanda-tanda penyakit asam urat yang kebanyakan sering menyerang lansia. Hal ini karena daun salam kering mempunyai persentase yang amat bagus.

Baca Juga  Cara Menanam Pohon Bidara

Cara membuatnya pun amat sederhana yaitu, cicilan daun salam segar, lantas masukkan ke di dalam panci berisi air secukupnya untuk direbus. Kemudian, menanti hingga air mendidih dan surut menyisakan satu gelas air untuk diminum.

Setelahnya, angkat dan saring untuk disita airnya ke di dalam gelas. Tunggu hingga air berubah hangat untuk diminum. Minum 2 kali sehari sehabis makan jika tanda-tanda asam urat udah amat mengganggu dan minum sekali sehari seandainya masih untuk bagian bisnis pencegahan.

Mengobati Ketombe

Manfaat daun salam kering yang terakhir adalah untuk mengobati ketombe. Hal ini dikarenakan, minyak esensial yang terdapat di dalam daun salam mampu digunakan sebagai tonik untuk rambut dan mampu melawan ketombe.

Cara memakainya amat mudah, lumayan rebus daun salam bersama dengan air dan menanti hingga dingin. Kemudian, manfaatkan rebusan berikut untuk mencuci rambut. Terapkan secara rutin seminggu sekali. Jangan lupa termasuk untuk selalu merawat kebersihan rambut agar mampu langsung mendapat rambut sehat tanpa ketombe.

Cara Menanam Daun Salam Di Rumah

Nah berikut ini cara menanam daun salam di rumah diantaranya yaitu:

Melakukan Pembibitan

Cara menanam daun salam yang pertama ialah dengan memilih bibit yang berkualitas. Caranya dengan memilih cabang daun salam yang terlihat paling produktif, kalian bisa memilih cabang batang yang memiliki setidaknya 3 ranting.

Setelah memilih ranting, potong dengan panjang sekitar 25 centimeter. Cabang yang sudah dipotong tersebut nantinya ditanam dalam polybag dalam tanah dicampur dengan pupuk organik. Lakukan penyiraman secara teratur.

Persiapan Lahan

Setelah memilih bibit yang berkualitas dan melakukan pembibitan, kalian harus mempersiapkan lahan sebagai cara menanam daun salam selanjutnya. Sebelumnya kalian harus membersihkan lahan dari rumput dan bebatuan, lalu buat lubang berukuran 50 x 50 x 50 cm.

Setelah membuat lubang berikan pupuk sebanyak 2/3 lubang dan siram secara teratur untuk menjaga kelembapan. Selanjutnya kalian tinggal mendiamkan lahan setidaknya 1 minggu untuk memberikan waktu pupuk meresap sempurna kedalam tanah.

Menanam Daun Salam

Cara menanam daun salam dilakukan dengan cara stek tanam. Hal ini dapat dilakukan setelah mendiamkan media tanam yang akan digunakan. Bibit yang telah ditanam dipindahkan ke dalam media tanam atau lubang tanam yang telah dipersiapkan.

Baca Juga  10 Cara Menanam Kencur di Rumah – Tips Budidaya Dan Teknik Perawatan

Setelah semuanya siap, tutuplah lubang tanam tersebut menggunakan campuran tanah, pupuk organik dan sekam. Taburkan campuran ketiga bahan tersebut secara merata pada bagian tanag terluar. Setelah itu lakukan pemadatan tanah agar tanaman tidak cepat roboh.

Usahakan kalian menanam pohon salam di tempat yang sejuk dan tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari. Lalu tancapkan batang pohon salam tersebut ke media stek, jika ingin posisi pohon salam tegak kalian juga bisa menyangganya dengan kayu, lalu ikat batang pohon salam pada kayu tersebut secara perlahan.

Penyiraman

Cara menanam daun salam di rumah berikutnya ialah tekanik penyiramannya. Proses penyiraman dalam budidaya daun salam pada musim kemarau sebaiknya dilakukan setiap dua kali sehari.

Dan sedangkan untuk musim hujan, kalian hanya perlu mengontrol tanaman agar tidak terjadi genangan. Salah satu caranya dengan membuat parit kecil di dekat batang pohon sebagai aliran air.

Pemupukan

Pemupukan juga sangat penting diperhatikan sebagai cara menanam daun salam di rumah. Pemupukan lanjutan diperlukan untuk membuat daun salam tumbuh dengan sempurna.

Hal ini tentunya akan membuat daun salam yang kalian tanam lebih berkualitas. Berikan pupuk susulan dengan jarak 1 bulan sekali dan dengan dosis 1 sendok teh/batang tanaman daun salam.

Penyiangan Tanaman Pengganggu

Selain pemupukan, penyiangan tanaman pengganggu juga patut diperhatikan sebagai cara menanam daun salam di rumah. Pembersihan tanaman pengganggu pertama kali kalian lakukan saat usia tanam 3 minggu. Lakukan pembersihan rumput gulma setiap 2 bulan sekali.

Manfaat pembersihan ialah untuk memaksimalkan proses pertumbuhan serta agar nutrisi terserap sempurna oleh tanaman utama. Selain itu kalian juga harus memangkas tanaman daun salam yang terserang penyakit agar tidak menyebar ke bagian lainnya dengan begitu tanaman tetap terjaga kualitasnya.

Memperbanyak Tanaman Daun Salam

Cara menanam daun salam selajutnya ialah memperbanyak tanaman. Kalian bisa mempersiapkan hormone perangsang pertumbuhan daun agar lebih lebar dan berkualitas. Hormon perangsang yang bisa dipakai ialah POC BMW.

Cara menggunakannya cukup dengan menyemprotkan POC BMW kepada tanaman daun salam dengan dosis sekitar 2-3 tutup POC BMW + 15 liter air. Proses ini sebaiknya dilakukan selama 1 bulan sekali.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menanam Daun Salam semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Cara Menanam Daun Salam | admin | 4.5
/* */