Begini Cara Menanam Empon-Empon dengan Mudah

Posted on

Begini Cara Menanam Empon-Empon dengan Mudah

Cara Menanam Empon-Empon – Empon-empon adalah bumbu dapur yang sangat penting digunakan pada saat memasak. Jika tidak ada empon-empon maka masakan yang dibuat tidak akan sedap. Empon-empon itu sendiri terdiri dari jahe, kencur, kunyit, laos, dan masih banyak lagi yamg .

Di Indonesia tanaman empon-empon sudah cukup banyak. Dan adanya empon-empon yang ada di Indonesia inilah sehingga menjadi salah satu alasan Belanda ingin menjajah Indonesia dan ingin menguasai seluruh wilayah Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya.

Akan tetapi,  selain digunakan untuk bahan dasar makanan, ternyata empon-empon juga mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan. Contohnya adalah kunyit, yang digunakan untuk meredakan sakit panas.

Ada juga temulawak yang digunakan untuk mengobati asam urat. Bagi anda yang sudah mengetahui apa saja manfaat yang ada pada empon-empon, tidak ada salahnya apabila anda mempunyai tanaman empon-empon itu sendiri dengan cara menanam empon-empon itu sendiri di rumah dan juga  dijadikan sebagai toga atau tanaman obat keluarga.

Berikut ini adalah adalah beberapa cara menanam empon-empon dengan mudah.

 Cara Menanam Empon – Empon

  1. Pertama siapkan lahan atau media tanam untuk empon-empon. Anda dapat memilih jenis tanah yang gembur dan subur.
  2. Kedua adalah dengan memilih bibit empon-empon. Anda bisa memilih bibit empon-empon yang baik, cirinya adalah daunnya berwarna hijau segar.
  3. Cara yang ketiga adalah dengan proses menanam bibit empon-empon ke dalam media tanah yang telah disiapkan sebelumnya. dapat dimulai dengan membuat lubang pada tanah lalu masukkan bibit empon-empon ke dalam tanah tersebut, tanpa memisahkan tanah yang sebelumnya telah menempel pada bibit. Fungsinya adalah agar empon-empon dapat beradaptasi pada tanah yang baru dengan sempurna.
  4. Sesudah dilakukan proses penanaman, maka kini saatnya anda harus merawat tanaman empon-empon tersebut dengan cara menyiramnya secara teratur.
Baca Juga  Simak Cara Budidaya Ciplukan Jumbo Yang Sangat Menguntungkan

Setelah semua cara di atas selesai dipraktikkan dengan benar, maka nantinya dalam kurun waktu  sekitar 10 bulan, anda sudah dapat memanen hasil empon-empon yang anda rawat selama ini.

Cukup mudah bukan cara menanam empon – empon ini . Demikianlah ulasan tentang Begini Cara Menanam Empon-Empon dengan Mudah semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya.

Baca Juga :