Cara Menanam Kecombrang

Posted on

Cara Menanam Kecombrang – Dalam hal ini bunga kecombrang (Etlingera elatior) merupakan tumbuhan rempah yang terkategori ke dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Tumbuhan ini termasuk tanaman tahunan yang memiliki wujud berbentuk terna ialah berbatang lunak serta tidak membentuk kayu.

Bunga, buah serta biji kecombrang kerap dimanfaatkan bagaikan bahan makanan yang memiliki rasa serta aroma khas sekali. Tumbuhan ini sanggup berkembang sampai ketinggiannya mencapai 5 m. Batangnya membengkak di bagian pangkal dan berkembang tegak membentuk rumpun.

Rimpang kecombrang berwarna krem kemerah-merahan serta lumayan tebal. Sebaliknya bagian daun bercorang hijau mengkilap dengan sisi dasar keunguan dikala muda dan berupa jorong lonjong yang tersusun dalam 2 baris.

Bentuk bunga kecombrang nampak bagaikan gasing yang bercorak merah cerah yang dilengkapi tangkai bersimensi cukup panjang. Sedangkan buahnya berdiameter 2-2,5 centimeter yang berkembang secara bersejalan dalam bongkol berupa bundar.

Buah kecombrang mentah berkelir hijau serta hendak berubah corak jadi merah kala telah matang. Rasa buah ini agak masam serta menaruh biji berkelir cokelat kehitaman dalam jumlah yang lumayan banyak.

Cara Budidaya Bunga Kecombrang

Adapun cara budidaya bunga kecombrang diantaranya yaitu:

Persiapan Bibit Kecombrang

Perihal awal yang wajib dicoba dalam menanam kecombrang merupakan memperoleh bibit. Salah satu metode sangat gampang merupakan lewat setak batang serta triknya lumayan gampang.

Potong batang kecombrang yang agak tua dengan pisau tajam, setelah itu keringkan dengan metode dianginkan sampai getahnya mongering. Rendam bibit setek batang ini di dalam air, hingga timbul bulu-bulu halus calon pangkal di sisa potongan.

Baca Juga  Manfaat Akar Tunjuk Langit

Tanam Bibit Bunga Kecombrang

Buat penuhi kebutuhan kecombrang, kalian perlu memakai media tanam yang terdiri atas tanah serta kompos, komposisinya ialah 2:1. Aduk rata hingga tercampur, sehabis jadi media tanam ini dapat dimasukkan ke polibag berdiameter minimum 20 centimeter.

Berikutnya buatlah lubang di media tanam, kemudian masukkan potongan batang kecombrang yang telah kalian siapkan. Terapkan bibit ini sedalam 5 sampai 10 centimeter, ataupun hingga bulu akarnya tertutup.

Kemudian tempatkan bibit serta polibag ini di tempat teduh, sehabis beberapa minggu, hendak timbul daun baru. Kalian dapat memindahkan kecombrang ke pot ataupun dipindahkan ke lahan tanam.

Merawat Kecombrang

Perawatan terdiri dari penyiraman, pemupukan serta pengusiran hama. Merawat kecombrang sesungguhnya tidak susah yang sangat perlu dicermati merupakan penyiraman. Buat penyiraman sendiri tidak perlu sangat banyak sebab kecombrang lebih produktif apabila pemberian airnya sedikit.

Sehabis itu jalani pula pemupukan, pemupukan pula dicoba cukup sebulan sekali saja. Pupuk bisa memakai pupuk kandang ataupun NPK, jalan ini sebulan sekali saja. Buat hama umumnya hama pengganggu kecombrang merupakan burung-burung kecil yang kadangkala hinggap serta mengambil sari bunga.

Tumuhan ini pula memerlukan cahaya matahari sepanjang hari, hendaknya penempatannya terletak di tempat yang terbuka. Perawatan intensif dicermati serta dicoba sampai bunga berkembang setinggi 49 hingga dengan 60 cm.

Masa Panen Kecombrang

Pemanenan kecombrang dapat mulai dicoba kala bunganya mulai nampak. Kecombrang bisa diambil bunganya maupun ditunggu dikala berbuah. Buah kecombrang ataupun biasa diucap honje, umumnya pula laku dijual.

Bunga kecombrang sendiri timbul 2 minggu sekali, sehingga apabila kalian mau menjadikannya prospek bisnis hendaknya tanamlah kecombrang dalam jumlah besar.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menanam Kecombrang semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.