Sangat Mudah – Cara Menanam Kunyit Untuk Pemula

Posted on

Sangat Mudah – Cara Menanam Kunyit Untuk Pemula

Cara Menanam Kunyit – Tahukah Anda jika kunyit adalah salah satu rempah-rempah dari Indonesia yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Berawal dari Asia Tenggara, penyebaran kunyit selanjutnya merambah ke benua Australia hingga Afrika. Tumbuhan ini, walaupun sering untuk dibuat sebagai alat masak karena berasal dari tanaman rempah, namun sebenarnya kunyit juga berguna untuk berbagai macam hal lainnya, seperti jamu, pewarna alami serta bahkan hingga untuk perawatan.

Tidak heran, dengan banyaknya kegunaan yang diberikan oleh satu kunyit, maka tidak heran menjadi salah satu tanaman yang paling digemari oleh seluruh dunia. Dibalik kelebihannya tersebut, ternyata cukup mudah untuk membudidayakan kunyit, bahkan kita yang awampunbisa melakukannya sendiri. Yuk langsung simak penjelasan berikut ini adalah bagaimana cara menanam kunyit.

Mempersiapkan Pembibitan

Pada tahap pertama cara menanam kunyit adalah dengan pembibitan. Pilihlah bibit kunyit yang terdapat dari pecahan rimpang. Hal ini dilakukan karena bibit kunyit akan bersifat mudah untuk tumbuh.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk budidaya kunyit:

  • Bibit tidak terkena penyakit
  • Bibit yang digunakan dalam kondisi tanaman yang baik, subur, serta hijau
  • Kandungan air yang cukup
  • Sudah dilakukan masa istirahat (dormansi) untuk bibit yang akan ditanam
  • Tidak terkena penggangu pada sekitar tanaman

Setelah itu, kita baru dapat memulai proses dan tahap budidaya kunyit.

Tanah yang Diperlukan Kunyit Untuk Tumbuh

Tanah yang digunakan untuk menanamkan kunyit adalah tanah perkebunan atau bisa juga dengan menggunakan perkarangan. Untuk mempersiapkannya, sebaiknya lahan yang akan digunakan untuk menanam kunyit sudah disiapkan selama 30 hari.

Baca Juga  Cara Budidaya Bawang Merah Di Dataran Tinggi Yang Ternyata Mudah Untuk Dilakukan

Selanjutnya, tanah harus bersih dari hama yang berada di tanah yang akan ditanami kunyit bisa juga dengan menggemburkan tanah lapisan bagian atas serta bawah dengan menggunakan alat mekanik untuk menyuburkan tanah kembali. Tanah selanjutnya di gemburkan dengan cara dicangkul sedalam 20-30cm dan dibiarkan selama 2 minggu untuk membuat gas yang terdapat didalam tanah agar dapat keluar dan juga menguap sehingga bibit bisa tumbuh. Pada tanah yang akan digunakan, tanah selanjutnya dikeruk dengan ketinggian 25 hingga 45 cm dan lebar sebesar 60 hingga 100 cm dengan jarak 30 hingga 50 cm.

Sebelum menanam, untuk membuat tanah tetap gembur serta layak tanam, tingkatkanlah kandungan hara yang berada di dalam tanah dengan cara memberikan pupuk kompos sebanyak 2,5-3kg di tempat yang akan ditanami dan juga didiamkan selama kurang lebih 1 minggu.

Teknik Penyemaian Bibit

Untuk menumbuhkan kunyit dari bibit hingga tunas bisa dimaksimalkan dengan beberapa cara:

  • Taruhlah bibit kunyit diluar dan kenakanlah angin di tempat yang rindang serta teduh sekitar 1 hingga 1,5 bulan.
  • Dan siramlah selama 2 kali sehari (biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari). Menaruh bibit tersebut pada suhu kamar (sekitar 25-28 derajat C) tingkat pertumbuhan bibit akan menjadi lebih baik.
  • Pecahan rimpang ini dapat dilakukan juga ditaruh pada suhu kamar yang sudah ditaruh diantara jerami. Selain hal itu, dapat juga bibit kunyit direndam selama kurang lebih 3 jam pada cairan ZPT (zat pengatur tumbuh). Sebaiknya, cairan ZPT yang digunakan berupa atonik (1cc/1.5 liter) dan G-3 sebanyak 500-700 ppm. Sebaiknya, keringkanlah dahulu rimpang yang akan dipakai selama 42 jam dengan suhu 35 derajat C.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menanam Kunyit

Bibit kunyit yang sebelumnya sudah sahabat persiapkan untuk dilakukan penanaman selanjutnya ditaruh dan ditanam di dalam lubang dengan ukuran 10cm. Dalam satu kali menanam kunyit, terdapat dua metode yang bisa dilakukan.

Baca Juga  Panduan Cara Menanam Daun Mint di Pot

Metode pertama adalah pada saat awal musim hujan yang kemudian kunyit akan panen pada saat mulai memasuki musim kemarau yang akan memakan waktu sekitar 8 bulan. Serta metode kedua yang akan dimulai pada saat musim hujan dan diakhiri dengan bertemu musim kemarau yang kedua dengan jangka waktu 12 hingga 18 bulan. Dua metode penanaman tersebut diawali pada waktu yang sama hanya dibedakan dalam waktu panennya.

Untuk lubang penanaman yang perlu siapkan disiapkan tidaklah sulit, hanya sebuah lubang dengan ukuran 30 x 0cm dan kedalaman sedalam 60cm dengan jarak 60 x 60 cm antar lubangnya. Hal-hal yang sahabat perlu perhatikan dalam menanam kunyit adalah dengan cara menggunakan stek rimpang. Untuk lebih detailnya dengan menggunakan nitroo aromatik dengan ukuran 1ml/liter yang selanjutnya akan diberikan mulsa.

Dalam periode penanamannya, biasanya kunyit ditanam pada awal musim hujan, hal ini mirip dengan tanaman-tanaman pada umumnya dikarenakan tanaman yang akan dikembangbiakkan akan memerlukan air yang sangat banyak untuk menumbuhkannya. Dengan jarak waktu tumbuh yang terbilang sangat cepat, yaitu 7 hingga 8 bulan, untuk hasil yang maksimal maka sebaiknya menanam kunyit pada saat mulai memasuki musim penghujan.

Memasuki Musim Panen

Dalam satu periode panen, suah dijelaskan bahwa sebelumnya kunyit membutuhkan 8 hingga 18 bulan untuk panen. Namun untuk melakukan pemanenan kunyit yang terbaik berada pada bulan ke 11 dan bulan 12. Hal ini bisa diperhatikan dengan layu atau jatuhnya daun kedua yang berada di tanaman. Disamping itu, bisa dilihat dengan cara melihat batang yang sebelumnya berwarna hijau kini menjadi warna kuning.

Untuk memanennya tidak terlalu sulit, kita bisa menggunakan garpu untuk skala kecil serta cangkul untuk skala besar. Sebelum memanen, sebaiknya kita membongkar daun dan juga batang yang terdapat di kunyit terlebih dahulu, kemudian sesudahr mencabutnya, bersihkan tanah yang berada di kunyit dengan hati-hati selanjutnya pindahkan ke tempat yang aman. Dalam satu kali panen, biasanya satu rimpang kunyit mencapai 0,71 kg.

Baca Juga  Simak Cara Budidaya Ciplukan Jumbo Yang Sangat Menguntungkan

Apa yang Dilakukan Setelah Panen

Kunyit yang sudah dipanen selanjutnya dibersihkan dengan menggunakan air bersih, untuk yang lebih maksimal maka gunakanlah air yang bertekanan tinggi untuk membersihkan tanah yang tersisa disekitar kulit kunyit. Jika masih terlihat keruh atau kotor, lakukanlah pencucian ulang. Akan tetapi jangan terlalu lama karena bisa mengurangi nutrisi yang terdapat di dalam kunyit.

Selanjutnya, mulailah melakukan pengeringan pada kunyit. Terdapat dua cara populer yang bisa dilakukan untuk mengeringkan kunyit yaitu dengan cara matahari atau dimasukkan ke dalam oven. Dengan menggunakan sinar matahari, sahabat bisa menaruh kunyit yang berada di atas tikar dan juga yang pasti jangan membuat kunyit yang satu menutupi kunyit yang lainnya. Kemudian selama sekurangnya 4 jam sekali anda bisa membaliknya supaya proses ini dapat berjalan dengan merata. Cara ini memakan waktu selama 3 hingga 5 hari untuk memperoleh hasil yang maksimal. Jika kita menggunakan oven, kita hanya perlu memasukkan kunyit kedalam oven yang bersuhu 50 hingga 60 derajat celcius.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai Sangat Mudah – Cara Menanam Kunyit Untuk Pemula semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya.

Baca Juga :