Banyak Manfaatnya,, Cara Mudah Menanam Okra Dalam Polybag

Posted on

Banyak Manfaatnya,, Cara Mudah Menanam Okra Dalam Polybag

Cara Menanam Okra Dalam Polybag – Tanaman okra merupakan tanaman sayuran yang banyak memiliki manfaatnya, untuk kesehatan. Tanaman okra dalam bahasa Inggris disebut juga dengan lady’s fingers, ocra atau gumbo. Dan sedangkan di Malaysia dikenal dengan nama Bendi.

Buah okra memiliki kandungan gizi yang tinggi, kaya serat, antioksidan dan vitamin C. Oleh karena itu buah okra banyak dikonsumsi baik sebagai sayur maupun sebagai obat karena buah okra bisa member manfaat positif bagi tubuh didalam menjaga kesehatan. Karena banyak sekali manfaatnya, banyak yang belajar cara menanam okra.

Tanaman okra sudah mulai banyak dikembangkan di Indonesia. Masyarakat sudah banyak mengenal manfaat okra dan berusaha mencari informasi bagaimana cara menanam tanaman okra. Cara menanam okra tidaklah sulit, karena tanaman okra termasuk tanaman tropis dan dapat tumbuh subur di Indonesia.

Tanaman okra baik ditanam pada ketinggian antara 600 hingga 700 meter diatas permukaan laut. Pada ketinggian tersebut tanaman okra mampu tumbuh dan berproduksi dengan maksimal dan bisa bertahan sampai 5-6 bulan.

Pada dataran rendah tanaman okra dapat tumbuh dan berbuah namun produksi dan pertumbuhannya tidak maksimal. Tanaman okra sangat membutuhkan sinar matahari secara penuh dan menghendaki curah hujan sedang.

Cara Menanam Okra Dalam Polybag

Adapun tahapan bagaimana cara menanam okra dalam polybag diantaranya yaitu:

Banyak Manfaatnya,, Cara Mudah Menanam Okra Dalam Polybag

Persiapan Tanah

Seperti menanam tanaman lainnya tanaman okra membutuhkan tanah yang subur dengan ph 5,5-7,0, siapkan tanah subur dengan cara mencampur tanah: kompos/pupuk kandang 1:1 atau juga bisa ditambahkan pasir agar tanah lebih porus/gembur. Tanah yang sudah disiapkan masukkan ke dalam polybag sampai hampir penuh. Siram tanah untuk membuat tanah basah dan stabil.

Baca Juga  Bermanfaat – Panduan Cara Menanam Pohon Daun Kelor dengan Benar

Penanaman Benih Okra

Benih okra bisa diperoleh dari buah okra yang sudah tua dan kering. Dan untuk mempercepat proses perkecambahan benih okra, sebelum ditanam benih okra direndam dalam air hangat selama 12 jam, benih yang tenggelam ialah benih yang  bagus untuk ditanam.

Penanaman benih okra dilakukan dengan cara tugal atau cukup dengan membuat lubang tanam sedalam 3 cm, kemudian masukkan benih okra dan ditutup dengan tanah. Satu lubang tanam cukup 1-2 benih okra.

Pemeliharaan Tanaman Okra

Pemeliharaan tanaman okra dalam polybag antara lain penyiraman, pemupukan, pemasangan ajir, pengendalian hama penyakit. Penyiraman dilakukan sehari sekali pada pagi atau sore hari. Penyiraman ini disusahakan rutin dan jangan sampai tanaman okra dalam polybag terjadi kekeringan.

Pemupukan okra dalam polybag bisa ditambahkan dengan pupuk NPK 1-2 sendok makan satu bulan sekali. Dan selain itu juga dapat ditambahkan pupuk kandang/kompos untuk menutup bagian atas tanah yang mulai erosi karena penyiraman.

Pengendalian hama penyakit pada tanaman okra bisa dilakukan dengan eradikasi yakni membuang bagian tanaman yang terkena penyakit dan membuat hama yang ada di tanaman okra.

Pemeliharaan yang penting untuk tanaman okra dalam polybag yakni pemasangan ajir atau patok. Ajir ini berfungsi untuk menahan tanaman okra supaya tidak rebah. Ajir ini bisa dari bamboo yang ditancapkan di dekat batang okra atau dibuat pagar melingkar sekeliling polybag.

Panen Dan Pasca Panen

Tanaman okra dapat dipanen buahnya pada umur 60-70 setelah tanam atau tergantung jenisnya. Pemanenan bisa dilakukan setiap 2 atau 3 hari sekali dan berlangsung hingga 2-3 bulan sejak panen pertama tergantung pada kondisi tanaman dan pemeliharaan tanaman.

Buah okra untuk sayur atau lalapan sebaiknya dipanen ketika masih muda yakni buah okra berukuran panjang 10-12 cm. Jika buah okra dipanen terlalu tua, rasanya akan kurang sedap dank eras. Buah okra yang akan diambil bijinya untuk benih dapat dipanen sampai buah mengering di tanaman.

Baca Juga  10 Cara Menanam Kencur di Rumah – Tips Budidaya Dan Teknik Perawatan

Pasca panen buah okra yakni dengan membersihkan buah okra yang sudah dipetik dan disimpan dalam tempat sejuk untuk meningkatkan daya simpannya. Okra dapat dimasak menjadi sayur seperti tumis, oseng-oseng, kari balado dan sebagainya. Buah okra juga dapat dijadikan lalapan segar, selain itu ada jugayang mengkonsumsi okra sebagai minuman kesehatan, caranya dengan merebus okra yang sudah di cincang dan diminum airnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Banyak Manfaatnya,, Cara Mudah Menanam Okra Dalam Polybag semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,,, sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

Baca Juga: