Panduan Lengkap Cara Menanam Padi Hibrida Mapan

Posted on

Cara Menanam Padi Hibrida Mapan – Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai panduan lengkap cara  menanam padi hibrida mapan secara umum. Untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama.

Padi mapan adalah salah satu dari varietas unggulan dengan jenis padi hibrida. Padi ini mampu untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi karenanya hal ini sudah dikenal secara luas oleh para petani tanaman padi. Perlu diketahui bahwa padi mapan juga mempunyai spesifikasi spesifikasi kecocokan tanam yang hampir di semua wilayah baik wilayah tersebut berada di dataran tinggi ataupun di dataran rendah.

Oleh sebab itulah maka padi mapan pun menjadi salah satu pilihan dari banyaknya petani yang ada di Indonesia. Walaupun demikian tentunya tidak hanya benih yang menjadi faktor penting dalam penentu utama kesuksesan dari sebuah budidaya atau pertanian.

karena didalamnya juga terdapat elemen elemen atau unsur lain yang saling berhubungan.  terutama tentang bagaimana cara dan juga teknik budidaya yang benar. Apabila keduanya bisa dipadukan dengan tepat dan benar maka tentunya akan diperoleh hasil yang memuaskan.

Berikut ini adalah hal-hal yang sangat wajib untuk diperhatikan dan juga dicatat dengan baik-baik dalam melakukan budidaya padi mapan yaitu adalah sebagai berikut.

Perhatikan Pola Musim

Tentunya di dalam proses menanam padi hibrida harus memperhatikan musim tanam nya, walaupun saat ini musim tanam tidak bisa diprediksi akan tetapi sebagai seorang petani maka tentunya harus tetap mempunyai patokan titik sebagaimana yang diketahui bahwa secara umur panen padi hibrida mapan sendiri sudah jelas yaitu sekitar 80 sampai 85 hari.

Baca Juga  Manfaat Pupuk Urea Untuk Padi Beserta Dosis Penggunaanya – Tips Perawatan

Artinya itu adalah bahwa anda sudah dapat menentukan kapan akan melakukan proses menanam padi atau pun istirahat sejenak serta menggantinya dengan tanaman lain. Contohnya saja pada saat hari raya besar seperti hari raya Idul Fitri maka permintaan akan beras pasti pun akan menjadi melonjak dan hal ini akan menyebabkan harga jual baik gambar ataupun berasnya menjadi meningkat. Agar anda nantinya bisa memperoleh kesempatan ini Tentunya Anda harus menghitung terlebih dahulu dengan hitungan mundur Kapan sebaiknya waktu anda untuk memulai menanam padi mapan di sawah.

Penggunaan Benih Yang Berkulitas

Padi mapan ini sendiri cukup terkenal sehingga tidak jarang mengundang banyak oknum yang tidak bertanggung jawab untuk memasukkan benihnya tentunya karena hal ini kita harus berhati-hati dalam memilih benih padi mapan ini.

Jika tidak berhati-hati tentunya hal ini akan menjadi peluang bagi mereka karena harga jual dari benih padi mapan dan juga benih padi yang lainnya akan jauh berbeda. Oleh karena itu tidak sedikit petani yang pada akhirnya tertipu. Ketika membelinya maka anda harus memperhatikan beberapa hal yaitu sebagai berikut:

  • produsen benih harus menjadi perhatian utama Anda bisa mengeceknya di internet mengenai benih produsen yang tertera pada label.
  • Kemudian Pilihlah benih yang hanya sudah tersertifikasi secara resmi dari Kementerian yang terkait.
  • Lalu baca dengan teliti setiap informasi yang terdapat pada label tersebut terutama tentang tanggal kadaluarsa dari benihnya.
  • Dan yang terakhir jangan tergiur dengan harganya murah Karena hal ini pastinya merupakan hasil yang akan ditimbulkan tidak sesuai dengan harapan.

Cara Budidaya Padi Aman Yang Benar

Supaya proses dari budidaya padi mapan hibrida ini bisa menghasilkan hasil panen yang sesuai ataupun dengan hasil panen yang berkualitas dan juga sesuai dengan harapan Anda maka anda harus melakukan teknik budidaya yang benar diantaranya yaitu sebagai berikut:

Baca Juga  6 Tahap Mudah Cara Menanam Cabe Dalam Polybag

Persemaian

Dalam pembudidayaan nya tentunya harus dilakukan dengan menggunakan benih yang berkualitas untuk lahan yang kesuburannya terjaga serta juga dalam jarak tanam Yang pastinya ideal titik di samping itu juga penanggulangan terhadap serangan bekicot dan juga keong harus dilakukan dengan optimal supaya tidak dapat mengganggu tanaman padi aman.

Penanaman

Proses penanaman padi ini pada umumnya dilakukan secara tepat yang mana umur bibit sudah benar-benar cukup umur dan juga bibit sudah siap untuk dipindahkan ke lahan tanam. Selanjutnya dianjurkan untuk melakukan penanaman pada pagi hari dengan jarak tanam yaitu disesuaikan dengan kesuburan tanah, karena bibit ini merupakan tanaman muda maka tentunya harus memperhatikan tentang serangan keong dan juga bekicot yang seringkali datang untuk mengganggu tanaman atau bahkan merusak tanaman.

Perawatan dan Pemeliharaan

Untuk proses pemeliharaan dan juga Perawatan pada budidaya padi hibrida aman ini yaitu dapat dilakukan dengan meliputi pemupukan, pengairan, serta penanggulangan hpt serta dilakukan juga penyiangan. Untuk proses pembentukannya sendiri yaitu khususnya dilakukan dengan secara spesifik yaitu memakai jenis pupuk yang juga dengan frekuensi yang sesuai atau dianjurkan.

Untuk jenis dan dosis dari pupuk nya sendiri nantinya bisa menentukan Bagaimana hasil panen padi aman Anda sendiri. Yang tidak kalah penting juga yaitu adalah penanggulangan terhadap hpt yang seringkali menyerang tanaman padi.  oleh karena itu maka harus dilakukan pencegahan dengan benar-benar secara baik dan manual ataupun dengan menggunakan bantuan dari pestisida.

Panen dan Pasca Panen

Secara umum biasanya padi mapan bisa dipanen ketika umurnya kurang lebih dari 90 hari setelah proses penanaman. padi mapan yang siap panen akan terlihat dengan menunjukkan warna malainya yang sudah menguning secara keseluruhan malai dan juga bulir padi nya telah merunduk. Biasanya panen yang dilakukan secara manual dengan cara memotong batang padi di sepanjang 5 cm dari akarnya. Sedangkan untuk memisahkan antara padi dan juga Malainnya dapat menggunakan  kan alat atau mesin

Baca Juga  Cara Mudah Budidaya Selada Bagi Pemula

Sesudahnya hasil panen yang berupa gabah yang masih berada dalam kondisi yang basah ataupun mempunyai kadar air yaitu sekitar 80%. Supaya gabah tersebut bisa dijual maka harus dikeringkan dengan cara yaitu dijemur dibawah terik matahari hingga sampai benar-benar kering ataupun kadar airnya telah berada dibawah 5%. Selanjutnya barulah gabah tersebut digiling dan menjadi beras yang dapat  kita konsumsi sehari-hari

Setelahna hasil panen adalah berupa gabah yang masih dalam kondisi basah atau memiliki kadar air sekita 80%. Agar dapat dijual maka gabah harus dikeringkan dengan cara dijemur dibwah terik matahari samapi benar benar kering atau kadar airnya menjadi dibwah 5%.

Demikian artikel kali ini yang menjelaskan mengenai Cara Menanam Padi Hibrida Mapan. Semoga bermanfaat, Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya.