Cara Menanam Pohon Bidara

Posted on

Cara Menanam Pohon Bidara – Dalam hal ini Ziziphus Mauritiana ataupun yang lebih kerap diketahui dengan istilah tumbuhan bidara serta tumbuhan jujube ini dipercaya berasal dari Tiongkok.

Tidak sedikit orang yang melaksanakan budidaya daun bidara sebab memiliki khasiat semacam mencegah jin serta ilmu sihir, digunakan bagaikan pembersih dan menanggulangi indikasi serta mengobati setres.

Alasannya senyawa yang dikandung dalam daun ini memberikan dampak aman pada manusia. Tumbuhan bidara memiliki dimensi sedang serta bisa berkembang hingga 40 kaki, daunnya bercorak hijau mengkilap dan kulit abu-abu yang cerah.

Tumbuhan ini memiliki buah yang berupa lonjong ataupun oval yang awal mulanya berwarna hijau kemudian jadi corak coklat. Buah ini hendak jadi kering serta keriput saat senantiasa terletak pada tumbuhan.

Manfaat Dan Khasiat Daun Bidara Bagi Kesehatan

Pemanfaatan daun bidara untuk kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa diolah menjadi ramuan dengan mudah di rumah atau jika tidak ingin repot, kalian bisa mengandalkan produk ekstrak daun bidara.

Khasiat daun bidara telah dikenal luas, mulai dari mempercepat penyembuhan luka, menyehatkan sistem pencernaan sampai ampuh menurunkan kolesterol, nah berikut ini manfaat daun bidara selengkapnya:

  • Menyembuhkan Luka Lebih Cepat
    Berkat sifat yang antiinflamasi, ramuan daun bidara bisa membantu untuk mempercepat bagian tubuh yang terluka. Sifatnya yang juga antibakteri memastikan luka terhindar dari infeksi. Selain itu, daun dari tanaman bidara juga dapat menghilangkan bekas luka. Karena kemampuannya yang mendukung regenerasi kulit di bagian bekas luka. Untuk memanfaatkan khasiat yang satu ini, kamu hanya perlu merebus air dengan daun bidara. Lalu oleskan pada bagian luka secara hati-hati.
  • Mengatasi Jerawat di Wajah
    Dengan sifatnya yang antiinfalmasi pula kandungan daun bidara bisa membantu mengatasi masalah jerawat pada wajah. Caranya pun tidak sulit. Ambil beberapa lembar daun bidara. Bersihkan dan tumbuh hingga halus. Kemudian tambahkan lemon hingga merata. Jika sudah jadi, oleskan ramuan tersebut ke bagian muka yang berjerawat dan diamkan hingga kering. Setelah itu bilas dengan air bersih.
  • Meredakan Penyakit Flu
    Kandungan di dalam daun bidara diketahui sanggup untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan virus secara efektif, termasuk kuman penyebab flu. Untuk mengatasi flu, kamu bisa mengandalkan produk minyak daun bidara. Cukup konsumsi beberapa tetes dan sambil perbanyak minum air putih.
  • Membantu Mengobati Diabetes
    Kandungan di dalam daun bidara mampu mengikat kadar gula berlebih dalam darah. Hal ini berdampak baik untuk mencegah maupun mengobati beberapa tipe penyakit diabetes.
  • Memperkuat Tulang dan Gigi
    Daun bidara juga mengandung kalsium dalam jumlah yang lumayan untuk membantu menyehatkan dan memperkuat tulang maupun gigi. Sehingga terhindar dari kerapuhan tulang di usia tua.
  • Menyehatkan Pencernaan
    Mengonsumsi rebusan daun bidara bisa membantu memperlancar sistem pencernaan dan membantu proses pengeluaran racun di dalam tubuh. Dengan begitu, infeksi dalam saluran cerna bisa dihindari.
  • Meringankan Masalah Wasir
    Bagi yang mengidap gangguan wasir, pasti akvtivitas sehari-hari akan terganggu karena rasa tidak nyaman. Untuk meringankan masalah ini, coba rebus air dengan beberapa daun bidara. Pengobatan secara eksternal juga bisa dengan menumbuk halus daunnya dan dibalurkan.
  • Menurunkan Kolesterol
    Masalah kolesterol jahat juga mampu diatasi oleh daun dari tanaman yang bisa bertahan hidup di tempat kering ini. Kamu bisa mengonsumsinya dengan merebusnya terlebih dahulu. Kandungan serat larut dalam daun bidara diketahui mampu mengikat kolesterol dan membuangnya bersama kotoran.
  • Mengatasi Masalah Tidur
    Punya masalah yang berhubungan tidur? Daun bidara mengandung saponin yang dipercaya bisa memberikan efek menenangkan. Mengonsumsi teh daun bidara bisa menghindari insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.
Baca Juga  Cara Menanam Daun Mint Di Pot

Selain populer karena digunakan untuk hal-hal yang berbau mistik, khasiat daun bidara juga ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata dan mampu memberikan manfaat nyata bagi kesehatan tubuh kita.

Cara Menanam Pohon Bidara

Pohon bidara dapat tumbuh subur di lingkungan yang panas, kaya akan sinar matahari dan cuaca kering, nah yuk kita lihat bagaimana cara menanam pohon bidara simak pemaparan selengkapnya dibawah ini:

Persiapan Persemaian

Beli biji pohon bidara yang sudah dikupas cangkangnya di toko bibit tanaman. Rendam biji bidara bersama bawang merah di dalam air hangat selama  1 malam.

Biji bidara yang direndam dengan bawang merah dapat membuat bidara cepat tumbuh. Setelah itu, tiriskan air dari biji bidara.

Proses Penyemaian

Sebelum mulai proses penyemaian, ada baiknya kamu menyiapkan wadah, tisu, dan plastik sungkup untuk proses penyemaian. Pasang tisu sebanyak 2-3 lembar pada wadah, dan basahi tisu hingga menyeluruh.

Susun biji bidara yang telah diiriskan di atas tisu. Siram biji dengan cara menyemprotkan air ke seluruh permukaan biji. Tutup hasil penyemaian dengan menggunakan plastik sungkup.

Biarkan selama 2 hari. Buka plastik setelah biji bidara mulai mengeluarkan akar.

Pindah Tanam

Siapkan media tanam yang terdiri dari campuran tanah humus, abu sekam padi, dan pupuk kandang lalu masukkan ke polybag. Pindahkan bidara yang sudah mengeluarkan akar ke dalam media tanam.

Pastikan posisi akar menghadap ke bawah. Sirami media dengan sedikit air. Setelah 6-7 hari benih akan tumbuh dan mengeluarkan 2 helai daun bidara muda.

Pemeliharaan

Tanaman bidara biasanya akan berbuah pada tahun kedua setelah penanaman. Lakukan pemangkasan pada beberapa bunga dari pucuk baru agar pucuknya dapat menghasilkan buah yang berukuran baik.

Baca Juga  Cara Menanam Daun Salam

Lakukan pemupukkan menggunakan pupuk kandang dan pupuk nitrogen saat proses pembentukan buah. Beri air yang cukup ke pohon saat tanaman mulai berbuah.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menanam Pohon Bidara semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.