Cara Menanam Pohon Flamboyan Dari Biji dan Tips Merawatnya

Posted on

Cara Menanam Pohon Flamboyan Dari Biji dan Tips Merawatnya

Cara Menanam Pohon Flamboyan – Tumbuh kokoh dengan tampilan pohon  serta bunganya yang super cantik menjadikan bunga flamboyan dikenal sebagai “ Pohon legendaris terindah di dunia” oleh kalangan pecinta tanaman hias pohon. Memang pantas, karena  apabila  dilihat bentuk pohonnya yang berbatang kokoh dan juga  tumbuh menjulang ini mampu memberikan bunga – bunga flamboyan yang menakjubkan indahnya.

Pohon bergenus Delonix ini memiliki  banyak nama, di Indonesia, dinamakan dengan  flamboyan, diambil dari bahasa prancis Flamboyant yang memiliki arti ‘cemerlang’. Di kalangan pakar ilmiah disebut Royal Poinciana, orang-orang India menyebutnya Gulmohar. Ada juga Flame tree atau flame of the Forest, karena seperti kobaran api yang menyala di berada  tengah-tengah hijaunya pohon lain.

Di Indonesia, untuk menikmati keindahan bunga flamboyan, Anda harus menunggu musim pancaroba dulu. Sepanjang musim hujan, pohon flamboyan hanya akan tumbuh seperti pohon- pohon lain yang rimbun dengan daunnya yang hijau. Setelah pertengahan kemarau, maka daunnya akan berguguran, batangnya mengering, meranggas, tangkainya patah-patah, terlihat seperti pohon gundul yang  telah  mati.

Namun pada  saat air dari langit mulai berjatuhan kembali, pohon ini akan menampakkan pemandangan yang luar biasa. Dari kejauhan akan terlihat seperti batang pohon yang di payungi  oleh payung merah raksasa. Payung merah raksasa itu berasal dari ratusan bahkan ribuan bunga-bunga merah yang bermekaran secara bersamaan. Pohon flamboyan hidup kembali.

Baca Juga  Cara Menanam Bunga Tulip Hingga Panen

Momen inilah yang selalu di tunggu-tunggu banyak orang untuk di abadikan. Biasanya dengan berburu foto atau sengaja menghabiskan waktu untuk berteduh di bawah pohon tersebut sambil menikmati keindahannya. Bukan ketika mekarnya saja, bahkan pada saat bunganya berguguranpun, selalu menjadi momen favorit orang-orang yang di nantikan.

Pohon flamboyan yang nyaris mati mulai menampakkan  bunga – bunga merahnya sedikit-demi sedikit hingga kembali memenuhi seluruh rantingnya.

Tampilannya yang mewah dibandingkan dengan  pohon-pohon lain di sekitarnya tidak menjadikan pohon cantik ini tidak mungkin untuk dimiliki sendiri. Karena cara menanamnya terbilang cukup mudah, jadi anda  dapat  memilikinya dengan melakukan penanamannya sendiri. Untuk memperolehnya , anda hanya perlu memperhatikan hal-hal berikut ini :

Perhatikan Bijinya

Biji bunga flamboyan berwarna hitam, sepintas seperti biji bunga matahari, akan tetapi  biji flamboyan lebih lonjong, besar-besar dan jugav padat. Pada penanaman awal, biasanya perkecambahan biji adalah hal yang cukup sulit. Tidak sedikit orang yang gagal  ketika  penanamannya. Padahal sebenarnya, mudah saja  apabila mengetahui tekniknya. Untuk membuat biji bunga flamboyan dapat berkecambah,  bisa dilakukan 2 teknik di bawah ini:

  • Cara pertama, rendam biji bunga flamboyan terlebih dahulu. Proses perendaman dilakukan selama sehari semalam, 24 jam dengan menggunakan air hangat. Kemudian ketika  kulit biji bagian luar mulai terkelupas, tanamlah ke dalam pot.
  • Cara kedua, yaitu dengan cara mengamplas setiap sisi biji flamboyan tersebut. Tidak usah terlalu lama mengamplasnya, hanya lakukan beberapa detik saja. Sesudah itu, rendam biji tersebut dengan air selama sehari penuh. Sesudah  itu, tanam dalam pot. Biasanya kecambah sudah akan muncul dalam 4 hingga 6 hari setelah perendaman.

Perhatikan pH Tanah dan Kelembaban Udara

pH tanah yang dibutuhkan  untuk menanam biji bunga flamboyan adalah 5,6  hingga  6,0. Tumbuh subur pada beriklim tropis. Bisa ditanam saat kemarau, musim penghujan, akan tetapi  tidak dapat tumbuh  apabila ditanam pada musim salju atau musim dingin. Karena akar flamboyan akan mengalami pembusukan dan juga  mati akibat terhambatnya pernapasan akar oleh butiran salju yang dingin.

Baca Juga  Rupanya Inilah Jenis Tanaman Hias Yang Dapat Ditanam Di Air

Penanaman Pada Lahan

Pada saat  biji yang ditanam di dalam pot sudah tumbuh setinggi 1 meter, maka pohon flamboyan kecil sudah siap di pindahkan ke lahan permanen. Caranya, buat cekungan pada lahan tanah dengan menggalinya sedalam 50 cm. Lalu pindahkan pohon flamboyan kecil Anda pada cekungan tanah tersebut dengan arah tegak lurus. Selanjutnya tutup dan timbun akarnya dengan tanah. Padatkan sekelilingnya.

Kemudian , perlu dilakukan perawatan terhadap pohon kecil yang sudah Anda tanam. Akan tetapi  jangan khawatir, perawatannyapun tidak ribet.

Pemupukan

Berikan pupuk secara berkala. Hanya sekitar 2 – 3 bulan sekali.

Penyiraman

Penyiramannya tidak dilakukan secara khusus. Siram seperlunya saja. Seperti tanaman pohon – pohon lainnya yang pada masa awal tumbuhnya, di siram secara rutin.

Pemangkasan

Karena pohon flamboyan  merupakan  pohon yang tumbuh besar,  dapat tumbuh 5 meter dalam setahun, dibutuhkan  pemangkasan pada batang, tangkai, juga daunnya bagian atasnya. Hal ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhannya, juga mempercantik tampilannya  pada saat besar nanti.

Pada saat  pohon flamboyan sudah tumbuh sangat besar dan mencapai hingga  ketinggian 12 meter, biasanya tanaman ini dibiarkan begitu saja, tanpa perawatan.  Akan tetapi pohon ini akan tetap tumbuh dengan bunga – bunganya yang indah. Tumbuh besar dan  juga berbunga mencolok terlihat seperti pohon berbunga yang berasal dari genus tabebuia.

Beberapa  cara, atau teknik yang harus anda perhatikan  ketika  ingin menanam pohon tersebut. Pada saat tumbuh besar,  dapat  di jadikan sebagai pohon naungan  ketika berpiknik bersama sanak saudara, ataupun rumah pohon karena batangnya yang besar dan juga  sangat kuat.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Cara Menanam Pohon Flamboyan Dari Biji dan Tips Merawatnya semoga bermanfaat dan terimakasih banyak atas kunjungannya .

Baca Juga  Cara Menanam Bunga Teratai Di Pot Sebagai Tanaman Hias

Baca Juga :