Cara Menanam Terong Hijau

Cara Menanam Terong Hijau – Dalam hal ini panduan praktis menanam terong hijau sama dengan cara menanam terong ungu yakni pemilihan bibit terong haijau yang sehat, penyemaian bibit, persiapan polybag, penanaman bibit dan pemeliharaan bibit.

Tanaman terong atau Solanum melongena dalam bahasa Latin merupakan jenis sayuran biasa tumbuh di hutan-hutan di Indonesia. Namun kini sudah banyak terong yang dapat kalian jumpai di berbagai perkebunan, tidak hanya di hutan saja.

Cara Menanam Terong Hijau Di Polybag

Bahkan terong juga dapat dikembangbiakkan sendiri di halaman rumah dengan menggunakan polybag. Terdapat berbagai jenis terong yang dibudidayakan di Indonesia, mulai dari terong lokal seperti terong gelatik, terong kopek, terong bogor, terong medan, hingga terong impor seperti terong Jepang pun ada.

Warna terong pun beragam, ada terong berwarna putih, hijau dan ungu. Bentuk terong pun beraneka rupa, mulai dari bulat, lonjong hingga lonjong dengan ujung lancip. Kondisi tanah ideal untuk media tanam terong ialah memiliki kadar pH antara 5-7. Kisaran suhu yang dibutuhkan untuk perkembangbiakan terong antara 22-30 derajat celcius.

Tanaman terong membutuhkan sinar matahari yang cukup, sehingga umumnya terong ditanam di tempat terbuka dan cocok juga untuk ditanam saat musim kemarau. Cara pengembangbiakan segala jenis terong pada umumnya hampir sama.

Maka dalam hal ini akan dibahas secara khusus panduan praktis untuk menanam terong hijau di polybag, hal ini dapat dijadikan sebagai solusi bagi kalian yang gemar mengkonsumsi terong untuk lauk makan, sehingga tidak perlu repot-repot membeli terong hijau ke warung atau ke pasar.

Baca Juga  Cara Stek Anggur Yang Tepat Agar Hasil Panen Melimpah

Pemilihan Bibit Terong Hijau

Jika kalian sudah pernah menanam terong sebelumnya kalian dapat memperoleh bibit dengan cara membiarkan satu buah terong hijau masak dan membusuk di pohonnya. Setelah terong hijau yang sudah dipilih tersebut membusuk, ambil biji terong dan keringkan selama 3 hari hingga benar-benar kering atau jika kalian menginginkan bibit dengan lebih mudah. Kalian dapat langsung membeli bibit terong hijau di toko aneka bibit pertanian.

Saat membeli pastikan kemasan bibit masih tertutup rapat, tidak ada hama ataupun semut yang masuk dan memakan bibit terong. Selain itu pastikan bahwa tanggal kadaluarsa bibit masih lama dan tanggal pengemasan masih baru. Sehingga bibit yang ditanam masih segar dan lebih mudah dikembangbiakkan.

Penyemaian Bibit Terong Hijau

Setelah memperoleh bibit terong hijau, kalian dapat segera melakukan penyemaian dengan melakukan beberapa cara diantaranya yaitu:

  • Menyiapkan lahan untuk penyemaian kurang lebih 50×50 cm, gemburkan tanah yang akan digunakan untuk lahan penyemaian dengan cara di cangkul.
  • Setelah tanah cukup gembur, taburkan pupuk kompos atau pupuk kandang alami untuk meningkatkan kesuburan tanah penyemaian.
  • Kemudian sebar bibit terong secara merata pada lahan persemaian dan tutup kembali menggunakan tanah yang digemburkan.
  • Jika memungkinkan buat penutup diatas lahan persemaian dengan ketinggian 30-40 cm di atas permukaan tanah. Hal ini bertujuan agar bibit terong hijau yang ditanam tidak bertebaran saat disiram atau terkena air hujan.
  • Tunggu beberapa minggu hingga bibit terong memiliki 4-5 helai daun dan bibit terong pun siap dipindahkan dalam polybag.

Persiapan Polybag Dan Media Tanam Terong Hijau

Persiapan polybag dan media tanam ini membutuhkan waktu sekitar 2 hari. Persiapan polybag juga merupakan hal yang penting, karena polybag ini akan menjadi wadah untuk pengembangbiakan terong hijau, caranya diantara yaitu:

Baca Juga  Cara Budidaya Terong
  • Siapkan polybag berukuran sedang sekitar 40×50 cm.
  • Siapkan juga tanah yang telah digemburkan dan masukkan tanah ke dalam polybag hingga hampir penuh dan tersisa 10 cm di bagian atas saja.
  • Campurkan tanah yang telah digemburkan tersebut dengan pupuk kandang menggunakan perbandingan 3:1.
  • Biarkan media tanam dan polybag tersebut selama kurang lebih 2 hari sebelum ditanami bibit terong hijau.

Penanaman Bibit Terong Hijau

Setelah bibit telah selesai disemaikan dan polybag pun telah siap, maka bibit terong hijau siap untuk ditanam. Pencabutan bibit dari area persemaian harus dilakukan hati-hati agar akar tanaman terong hijau tidak rusak.

Caranya ialah dengan membuat lubang sedalam 5-10 cm menggunakan tongkat kayu atau jari tangan. Kemudian masukkan bibit terong yang telah disemai ke dalam lubang tersebut. Perlu diperhatikan bahwa setiap lubang sebaiknya hanya diisi dengan satu bibit terong hijau saja. Maka jumlah bibit yang akan kalian tanam sebaiknya disesuaikan dengan jumlah polybag yang kalian siapkan.

Pemeliharaan Tanaman Terong Hijau

Setelah bibit terong hijau ditanam, maka perlu dilakukan beberapa perawatan untuk menjaga kualitas tanaman terong agar nantinya dapat berbuah lebat dan sehat. Beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk perawatan ialah:

  • Proses penyiraman tanaman harus dilakukan rutin setiap pagi dan sore targantung keadaan tanah dalam pot. Jika tanah sudah cukup lembab, sebaiknya jangan menyiram dengan berlebihan karena dapat menimbulkan jamur pada tanah dan tanaman. Apalagi jika musim hujan kalian tidak perlu melakukan penyiraman.
  • Selain disiram, tanaman juga harus dijaga kebersihannya dari berbagai gulma atau rumput liar yang mengganggu pertumbuhan tanaman terong hijau karena gulma dapat menyerap nutrisi yang diperlukan oleh tanaman terong hijau.
  • Proses pemupukan juga perlu dilakukan untuk mempertahankan nutrisi dan kandungan zat hara seperti Kalium, Natrium dan Fosfat yang diperlukan tanaman terong.
Baca Juga  Budidaya Alpukat Mentega Yang Memiliki Banyak Khasiatnya

Masa Panen Terong Hijau

Masa panen pertama terong hijau umumnya setelah tanaman terong berusia 70-80 hari sejak bibit terong ditanam. Panen yang kedua dan seterusnya, biasanya dilakukan setiap 3-7 hari sekali. Waktu yang tepat untuk memanen terong hijau ialah pagi hari dan sore hari.

Terong merupakan jenis sayuran yang mudah layu dan kurang tahan lama. Sehingga setelah dipanen sebaiknya terong hijau segera dikonsumsi atau dipasarkan jika hasil panen terong hijau cukup banyak.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menanam Terong Hijau semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Cara Menanam Terong Hijau | admin | 4.5
/* */