Cara Menyemai Biji Jeruk Nipis – Cara Penanaman, Perawatan Hingga Panen

Posted on

Cara Menyemai Biji Jeruk Nipis – Cara Penanaman, Perawatan Hingga Panen

Cara Menyemai Biji Jeruk Nipis – Jeruk mempunyai banyak jenis, mulai dari jeruk manis hingga jeruk Bali. Dari sekian banyak jenis jeruk, sebagian besar digunakan sebagai bahan minuman atau dimakan langsung buahnya.

Salah satu jeruk yang sudah biasa dikenal di Indonesia adalah jeruk nipis. Jeruk ini biasa digunakan sebagai bahan campuran minuman, rasanya yang asam menambah kesegaran pada minuman.

Cara Menyemai Biji Jeruk Nipis

Bagaimana apabila ingin menanam jeruk nipis di rumah ? Berikut ini adalah cara menyemai biji jeruk nipis.

Menggunakan Tanah Sebagai Media Tanam

Yang pertama adalah menggunakan tanah sebagai media tanam biji jeruk nipis. Cara menyemai biji jeruk nipis dengan tanah ini adalah cara yang paling sederhana dan umum dilakukan karena mudah.

Yang perlu disiapkan hanyalah tanah ( bisa ditambah dengan pupuk kompos atau pupuk kandang), ember, pot berukuran kecil hingga sedang dengan lubang-lubang drainase pada dasar pot, dan juga yang terpenting adalah biji jeruk nipis.

Langkah-langkah menanam biji jeruk nipis akan dijelaskan dibawah ini :

  • Hal pertama masukkan tanah dalam ember kemudian campur dengan air dan aduk-aduk. Pencampuran ini bertujuan supaya tanah mempunyai kelembaban yang pas untuk media tanam biji jeruk nipis. Bisa dicampurkan dengan pupuk kompos atau kandang secukupnya sebagai tambahan nutrisi.
  • Pastikan untuk tidak mencampurkan tanah dengan air tidak terlalu banyak karena akan membuat busuk biji ketika ditanam. Jeruk nipis memang baik tumbuh pada media yang lembab, akan tetapi pertumbuhannya akan terganggu apabila disiram dengan menggenang. Selain menggunakan campuran tanah dengan air, menggunakan tanah yang sudah dipasteurisasi.
  • Proses pasteurisasi ini membantu dalam membunuh bakteri yang bisa merusak biji jeruk nipis 6 Ciri-Ciri Penyakit CVPD Pada Tanaman Jeruk yang Harus Diketahui. Penggunaan gambut, perlit, vermikulit, dan pupuk organik juga bisa menjadi pilihan. Campuran tersebut dapat membuat drainase dalam tanah bagus.
  • Isikan media tanah kedalam pot, isikan hampir penuh atau tersisa jarak 2.5cm dari permukaan tanah ke bibir pot. Sesudah tanah masuk ke dalam pot, buatlah lubang-lubang di tanah untuk meletakkan biji jeruk nipis menggunakan jari.
  • Buatlah lubang berjumlah 5 -10 .
  • Pilih biji jeruk nipis yang berukuran sedang sampai besar karena apabila memilih yang kecil ditakutkan biji akan mengkerut seperti kismis dan juga tunas tidak dapat tumbuh.
  • Bijinya pun apabila bisa berasal dari jeruk nipis organik, karena biji jeruk nipis organik ini kemungkinan tumbuh tunasnya lebih besar dibandingkan dengan jeruk nipis yang tidak organik.
  • Sebelum ditanam, biji sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Karena pada biji jeruk terdapat lapisan seperti gel yang terbuat dari gula.
  • Apabila biji jeruk nipis tidak dicuci terlebih dahulu, lapisan gula tersebut akan mempercepat proses pembusukkan biji. Untuk mempercepat pertumbuhan tunas, perendaman dengan menggunakan air hangat selama semalam.
  • Masukkan biji kedalam tanah, pastikan juga biji jeruk nipis yang lancip menghadap ke tanah karena akar akan muncul dari biji yang lancip.
  • Sesudah itu tutup pot dengan plastik transparan (untuk mempermudah pemantauan pada tunash biji jeruk nipis) yang telah dilubangi kecil-kecil dengan menggunakan tusuk gigi untuk menjaga kelembaban dan kehangatan biji jeruk nipis.
  • Letakkan pot di tempat dengan kehangatan yang cukup dan juga tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Apabila pot atau tanah nampak kering dapat dilakukan penyiraman dengan membuka plastiknya sesudah disiram jangan lupa ditutup kembali.
  • Setelah 2 minggu kita bisa melihat tunas dari jeruk nipis dan tutup plastik dapat dibuka. Tunas jeruk nipis tersebut dapat di pindahkan ke tempat dengan sinar matahari cukup serta jangan lupa untuk terus menjaga kelembaban tanah
Baca Juga  Hasil Melimpah 1,3 Ton/Ha Budidaya Kedelai Pada Lahan Salin

Menggunakan Kantong Plastik Sebagai Media Tanam

Cara menyemai biji jeruk lainnya yang bisa dipilih sebagai alternativ adalah dengan cara menggunakan kantong plastik. Cara ini bisa dipilih bagi anda yang ingin menanam jeruk nipis tidak mau kotor- kotoran Berikut ini caranya:

  • Langkah pertama adalah kita basahi terlebih dahulu handuk kertas yang nantinya akan digunakan sebagai media untuk biji jeruk nipis tumbuh. Nantinya handuk kertas ini akan diletakkan pada kantung plastik dengan segel atau kancing.
  • Sesudah dibasahi, letakkan handuk kertas yang lembab tersebut dipermukaan yang datar agar tidak berkerut. Apabila bentuknya terlalu lebar, jangan lupa untuk dilipat terlebih dahulu.
  • Siapkan 5 – 10 biji jeruk nipis, untuk berjaga-jaga apabila ada yang tidak bisa tumbuh tunas sehingga kita sudah mempunyai cadangannya. Pastikan bahwa jumlah biji yang akan diletakkan di kantung plastik memiliki ruangnya untuk tumbuh.
  • Karena apabila meletakkan terlalu banyak biji dalam satu kantong, biji akan mempunyai sedikit ruang untuk tumbuh.
  • Hampir sama dengan menanam dalam tanah, bersihkan terlebih dahulu biji jeruk nipis.
  • Setelah dibersihkan kita akan mengupas lapisan-lapisan dari biji jeruk nipis tersebut . Yang pertama kulit jeruk nipis akan berwarna putih, kita akan kupas lapisan putih tersebut hingga menemukan lapisan berwarna coklat.
  • Setelah lapisan berwarna coklat, kita akan kupas kembali lapisan biji hingga bertemu pada lapisan dibawahnya.
  • Setelah kita mengupas biji jeruk, kita dapat letakkan biji tersebut diatas handuk kertas yang telah dibasahi sebelumnya. Selalu jaga kelembaban biji jeruk nipis ya.
  • Setelah diletakkan dalam handuk kertas yang lembab, masukkan handuk kertas pada kantung plastik yang mempunyai segel rapat. Kantung plastik harus di tutup dengan rapat supaya tunas bisa tumbuh dari biji.
  • Tunggu 2 – 3 minggu untuk munculnya tunas. Pada saat tunas sudah muncul berukuran sekitar 8 cm kita baru bisa memindahkan tunas tersebut ke media tanah dan juga siram seperti biasa (cukup hanya basah tidak menggenang)
Baca Juga  Cara Menanam Daun Pandan di Pot – Panduan Lengkap

Demikianlah Cara Menyemai Biji Jeruk Nipis – Cara Penanaman, Perawatan Hingga Panen Dengan cara demikian, kita tidak perlu repot-repot lagi membeli jeruk nipis pada saat sudah punya tanamannya sendiri di rumah.Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca Juga :