Cara Merawat Tanaman Gantung

Posted on

Cara Merawat Tanaman Gantung – Dalam hal ini cara merawat tanaman gantung perlu kalian ketahui agar bisa hidup subur dan hijau. Tanaman hias memang semakin populer dan berkembang di kalangan ibu rumah tangga. Hal ini menjadi keuntungan bagi penjual tanaman hias karena tanamannya akan semakin laku.

Tanaman hias pun beragam, salah satunya yang cukup populer yakni jenis tanaman gantung. Jenis tanaman ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki rumah dengan area sempit.

Sebenarnya selain mudah dicari, jenis tanaman hias ini juga mudah dalam perawatan. Merawat tanaman memang tidak sama, semua bisa disesuaikan dari jenis tanamannya.

Jika tanaman hias tidak kalian rawat, tentu akan mudah layu bahkan mati, tanaman gantung memiliki cara perawatan yang sama seperti jenis tanaman hias lainnya. Tanaman gantung juga tidak memiliki perlakuan yang jauh berbeda dengan tanaman hias di luar ruangan.

Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatian lebih agar tanaman kalian awet dan tidak cepat layu.

Cara Merawat Tanaman Gantung

Simak hal-hal dibawah ini yang perlu kalian perhatikan kalau baru memasang tanaman hias gantung di rumahmu, sebagai berikut:

Dengan Mengenali Tipe Tanaman

Pada dasarnya hampir semua tanaman bisa digunakan menjadi tanaman hias gantung. Tapi kalian harus mengenali tanaman apa yang kalian gunakan agar tidak salah merawatnya.

Baca Juga  Cara Menanam Kaktus

Kenali tanaman kalian untuk mengetahui perawatan yang dibutuhkan oleh tanaman kalian. Misalnya kalau kalian menggunakan tanaman merambat seperti sirih gading, tentunya kebutuhan airnya berbeda dengan petunia.

Tentukan Pot Yang Sesuai

Di luar sana banyak pot yang dijual khusu untuk tanaman hias gantung, mulai dari pot plastik hingga tanah liat. Tergantung dari tanaman kalian, pastikan pot yang kalian gunakan sudah sesuai.

Bila kalian menggunakan tanaman hias seperti kantung semar yang membutuhkan kelembaban, kalian membutuhkan pot tanah liat karena pot tanah liat menahan kelembaban lebih lama dibanding pot plastik.

Pilih Tali Gantung Yang Tepat

Tali gantung untuk tanaman hias gantung banyak dijual di pasar serta toko bunga. Pilihlah tali yang kuat untuk menahan berat tanaman dengan pot.

Usahakan untuk tidak menggunakan tali kawat. Selain karena tidak enak dipandang, tali kawat cenderung tidak kuat menahan pot.

Siram Tanaman Sesuai Kebutuhannya

Tanaman hias gantung agak merepotkan untuk disiram karena pasti akan meneteskan air seusai disiram.

Untuk menyiasatinya, pilih tanaman yang tidak membutuhkan banyak air seperti spider plant.

Kalian juga bisa menggunakan botol semprot (spray) ketimbang selang untuk menyiram tanaman hias gantung kamu agar tidak meninggalkan tetesan air.

Pastikan Tanaman Mendapatkan Sinar Matahari Yang Cukup

Meskipun kalian memilih tanaman hias gantung yang membutuhkan sedikit cahaya matahari, kalian harus pastikan tanaman kamu tetap menerima cahaya.

Karena tanaman hias gantung biasanya tidak membutuhkan banyak cahaya seperti tanaman hias pada umumnya, cukup pindahkan tanaman ke luar ruangan dua minggu sekali.

Tujuannya agar tanaman kalian tetap mendapatkan nutrisi alami yang hanya bisa didapatkan dari sinar matahari.

Jaga Kelembaban Tanaman

Meskipun tanaman hias gantung banyak yang tidak membutuhkan suhu udara lembab, kalian tidak bisa membiarkan tanaman kalian terus-terusan berada di ruangan kering, apalagi kalau tanaman berada di ruangan ber-AC.

Baca Juga  Sangat Mudah - Begini Cara Stek Beringin Dolar Dan Juga Tips Perawatannya

Kalau kalian memilih tanaman yang membutuhkan kelembapan yang banyak, cukup dekatkan pot tanaman hias gantung satu sama lain agar kelembaban mereka terjaga.

Alternatif lain, pindahkan tanaman hias gantung yang butuh kelembaban di ruangan yang selalu lembab. Misalnya, letakkan tanaman di kamar mandi saja daripada di kamar tidur.

Berikan Pupuk Untuk Tambahan Nutrisi

Setelah memastikan tanaman memiliki nutrisi alami dari cahaya matahari dan air, kalian juga perlu memberikan pupuk.

Meskipun kalian memilih tanaman yang paling low maintenance, kalian tetap membutuhkan pupuk untuk merangsang dan menguatkan pertumbuhan tanaman.

Pupuk yang paling baik untuk tanaman hias gantung adalah pupuk kandang dari kotoran hewan. Tapi kalau tidak mau bau dan repot, kalian bisa memilih pupuk NPK.

Pangkas Tanaman Secara Rutin Agar Rapi

Tanaman hias gantung seperti sirih gading yang tumbuh terlalu panjang dan lebat kurang enak dipandang. Sebagai solusi, pangkaslah tanaman secara rutin.

Tapi, pastikan bagian tanaman yang kalian potong adalah bagian yang bisa dikontrol. Misalnya: ranting, batang, dan daun.

Kalian juga harus memangkas tanaman ketika tanaman terkena hama agar tidak menjalar ke seluruh tanaman.

Rajin Mengganti Media Tanam

Karena kondisi media tanam kalian bisa berubah seiring berjalannya waktu, kalian harus sering menggantinya agar tanaman kalian terus tersuplai dengan nutrisi.

Pastikan media tanam kalian bersifat organik dan mampu menyimpan air. Campurkan pasir, tanah dan pupuk dengan bandingan 1:1:1 untuk campuran yang paling cocok untuk tanaman.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Merawat Tanaman Gantung semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.