Cara Merawat Tunas Aglonema

Posted on

Cara Merawat Tunas Aglonema – Aglaonema, sri rezeki atau Chinese evergreen meruapakan tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies.

Habitat asli tanaman ini adalah dibawah hutan hujan tropis tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.

Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkambium (Berkayu). Daun menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak.

Kini berbagai macam Aglaonema hibrida telah dikembangkan dengan penampilan tanaman yang sangat menarik dengan bermacam-macam warna, bentuk dan ukuran daun sehingga jauh berbeda dari spesies alami.

Cara Merawat Tunas Aglonema Agar Tumbuh Cepat

Saat tunas aglonema terlihat muncul di sekitaran batang bawah tanaman, siapa pun mereka yang merawatnya atau pemiliknya pasti akan senang.

Mereka juga akan terus berusaha merawatnya sampai benar-benar tumbuh besar menjadi aglonema dewasa.

Munculnya tunas aglonema menjadi pertanda bahwa aglonema berhasil berkembang biak. Meski begitu, tunas aglonema perlu dirawat dengan baik agar tumbuh besar, sempurna serta menjadi aglonema yang cantik.

Nah berikut ini lima tips merawat tunas aglonema agar tumbuh cepat yaitu:

Menggunakan Media Tanam Yang Subur Dan Gembur

Media tanam ialah bagian yang sangat menentukan proses pertumbuhan aglonema. Karena itu media tanam yang digunakan harus gembur agar memudahkan penetrasi akar dan tunas aglonema.

Baca Juga  Cara Menanam Aglonema Tanpa Akar

Selain itu media tanam harus dibuat lebih subur agar aglonema mendapat nutrisi yang cukup untuk berkembang.

Ada dua pilihan media tanam yang bisa dipilih, pertama campuran tanah, kokopit (cocopeat), arang sekam dan kompos, perbandingannya ialah 2:1:1:1. Kedua campuran tanah, kompos dan sekam padi dengan perbandingan 2:1:1.

Isi Media Tanam Setengah Pot

Cara agar tunas aglonema bisa cepat tumbuh adalah mengisi media tanam sebanyak setengah bagian pot saja. Media tanam yang penuh di dalam pot atau aglonema yang ditanam dengan media tanam terlalu dalam akan menyulitkan proses tumbuhnya tunas sehingga memerlukan waktu lebih lama.

Siram Secara Berkala Dan Secukupnya

Sebaiknya aglonema tidak disiram terlalu sering, apalagi terlalu banyak air saat menyiramnya. Sebab hal itu bisa membuat akar aglonema menjadi cepat busuk bahkan berpotensi kehilangan unsur hara.

Gemburkan Media Tanam

Media tanam yang gembur akan membuat sirkulasi udara di dalam tanah semakin bagus sehingga tunas aglonema akan lebih mudah tumbuh dan segera muncul ke permukaan.

Kalian bisa menggemburkan media tumbuh aglonema setiap dua sampai empat minggu sekali dengan cara mengganti sebagian media tanam yang lama dengan yang baru. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak akan dan bakal anakannya.

Siram Dengan Air Bekas Cucian Beras

Air bekas cucian beras bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman hias, termasuk aglonema. Siram tunas aglonema dengan air beras setiap dua minggu sekali.

Dari air ini, aglonema akan mendapatkan kandungan unsur hara yang sangat baik untuk pertumbuhannya.

Selain itu air bekas cucian beras juga memiliki kandungan vitamin B1 yang berfungsi memicu pertumbuhan dan perkembangan aglonema. Air cucian beras bisa disiram setelah mengemburkan media tanam aglonema terlebih dahulu.

Baca Juga  Cara Menanam Bunga Baby Breath

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Merawat Tunas Aglonema semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.