Cara Mudah Membuat Pupuk Kandang Sendiri

Posted on

Cara Membuat pupuk Kandang – pada artikel kali ini admin akan memberikan informasi mengenai cara membuat pupuk kandang sendiri dengan mudah.  untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami.

Penggunaan pupuk kimia dalam jangka panjang akan menimbulkan rasa kekhawatiran sendiri, akan efeknya yang akan ditimbulkan di kemudian hari. Hal tersebut sedikit banyak sudah mulai dirasakan oleh para petani, Hal ini terlihat dengan ditandai dengan munculnya beberapa laporan terkait dari pencemaran lingkungan serta penurunan fungsi dan juga kualitas lahan yang diakibatkan oleh Penggunaan pupuk kimia ini.

Cara Membuat Pupuk Kandang Sendiri

Sebagai langkah dalam upaya untuk memperkecil timbulnya resiko dari penggunaan pupuk kimia, maka ada baiknya apabila kita mulai saat ini beralih dengan menggunakan pupuk kandang atau yang sejenisnya.

Pupuk kandang merupakan salah satu jenis dari Pupuk yang berasal dari kotoran hewan ternak, baik itu yang berupa kotoran padat ataupun yang sudah tercampur dengan sisa-sisa makanan atau juga berupa urine atau air kencing ternak. di dalam kandang terdapat adanya istilah yaitu pupuk kandang dingin dan juga pupuk kandang panas.

Maksud dari pupuk kandang dingin yaitu adalah pupuk yang proses penguraiannya berjalan sangat lambat sehingga tidak terbentuk panas sedangkan pada pupuk kandang panas sendiri yaitu adalah pupuk yang pada proses penguraian nya berjalan dengan sangat cepat sehingga membentuk panas.

Contohnya antara lain yaitu adalah dari pembukaan yang dingin yang berasal dari kotoran sapi kerbau, Babi dan juga ayam. Sedangkan untuk contoh dari pupuk kandang panas yaitu adalah yang berasal dari kotoran kuda, kambing dan juga domba.

Baca Juga  Tips Membuat Media Tanam Dalam Polybag

Sedangkan untuk proses atau cara pembuatannya sendiri dapat dilakukan dengan cara terbuka ataupun cara tertutup. berikut penjelasannya.

Cara Terbuka

Proses dalam pembuatan pupuk kandang dengan menggunakan cara terbuka Yaitu dapat dilakukan dengan cara menimbun kotoran ternak di tempat terbuka sehingga terjadi proses penguraian yang dilakukan oleh mikroorganisme yang berlangsung di udara bebas titik biasanya, pada proses penguraian dengan menggunakan cara terbuka dapat berlangsung dengan cepat namun nantinya akan menimbulkan risiko polusi udara bagi lingkungan yang berada di sekitar.

Berikut ini adalah beberapa langkah atau cara didalam membuat pupuk kandang dengan menggunakan cara terbuka:

  • Yang pertama adalah jamur kotoran ternak di bawah sinar matahari selama 2 hari agar kadar air yang terkandung didalamnya dapat berkurang. Sesudah kotoran ternak tersebut dijemur kotoran ternak dapat dipindahkan ke lokasi yang beratap namun tanpa adanya dinding supaya sirkulasi udara akan menjadi lancar.
  • Sebaiknya untuk tempat penimbunan ini dibuat lebih tinggi dari tanah yang berada disekitarnya, supaya nantinya pada saat turun hujan di timbunankotoranternak ini tidak akan tergenang.
  • Setelah 2 bulan, maka kotoran ternak tersebut sudah menjadi pupuk kandang dan siap untuk digunakan.

Cara Tertutup

Proses pembuatan pupuk yang dilakukan dengan menggunakan cara menimbun kotoran sapi pada tempat yang tertutup yang diberikan lubang titik kelebihan dari menggunakan cara tertutup ini yaitu adalah kotoran sapi tidak akan mudah menyebar ke mana-mana akan tetapi di dalam prosesnya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Serta Pupuk kandang yang dihasilkan pun tidak terlalu kering. Untuk proses pembuatan pupuk kandang dengan menggunakan cara tertutup dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buat lubang pada bagian tanah dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah kotoran sapi yang nantinya akan diproses. Sebaiknya, dinding pada lubang tersebut harus dilapisi dengan menggunakan semen Hal ini dilakukan dalam upaya untuk mencegah terjadinya rembesan air dari luar lubang titik dasar lubang dibiarkan apa adanya supaya air yang masih terdapat di dalam kotoran tersebut Dapat meresap ke bawah.
  • Lalu, kotoran ternak dimasukkan ke dalam lubang yang telah dibuat disebut, namun tidak sampai lubang tersebut penuh.
  • kemudian biarkan selama 3 sampai 4 bulan sampai kotoran ternak tersebut terdekomposisi secara sempurna hingga menjadi pupuk yang siap untuk digunakan.
Baca Juga  Panduan Terlengkap Budidaya Lada Dengan Tiang Panjat Hasil Melimpah

Selain dengan menggunakan dua cara di atas, Anda juga dapat membuat pupuk kandang dengan cara menambahkan EM4.  berikut ini adalah langkah-langkah mudah di dalam proses membuatnya.

  • Siapkan bahan-bahan yang terdiri dari, seperti kotoran ternak, jerami padi atau cacah, Tempat, serta atau bahan lain yang dapat digunakan untuk penutup.
  • Lalu buat perbandingan antara kotoran ternak tersebut dengan jerami padi idealnya perbandingan yang digunakan adalah 6: 4. Sehingga apabila kotoran ternak yang digunakan tersebut berjumlah 60 kg, maka diperlukan jerami sebanyak 40 Kg.
  • Campuran dua sampai tiga sendok empat dan juga Gula sebanyak 3 sampai 4 sendok dengan 1,5 liter air sehingga homogen lalu biarkan selama semalaman.
  • Sesudah itu, kotoran ternak yang telah disiapkan disirami dengan menggunakan larutan EM4 secara perlahan pada bagian permukaannya.
  • Langkah yang terakhir yaitu adalah, campuran bahan tersebut harus ditutup dengan menggunakan terpal atau penutup lainnya yang diberikan beban di sekitar terpal supaya tidak mudah terbuka.
  • Terakhir, campuran bahan tersebut ditutup dengan terpal dan diberi beban di sekitar terpal agar tidak mudah terbuka.

Di dalam proses pengomposan memerlukan waktu yaitu sekitar 30 hari yang ditandai dengan suhu panas pada permukaan bakal kompos. Selama Proses ini berlangsung maka bisa dilakukan pengadukan setiap 3 hari sekali dengan tujuan untuk membantu proses aerasi. Tanda dari pengomposan yang telah selesai yaitu adalah ketika suhu nya sudah tidak terlalu tinggi lagi Titik maka pupuk kandang dari kotoran ternak sudah siap untuk digunakan

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam membuat pupuk kandang.  sekian artikel kali ini mengenai Cara Membuat Pupuk Kandang Sendiri Sekarang anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan bahaya yang akan ditimbulkan dari penggunaan pupuk kimia karena anda sudah dapat mengimbanginya dengan menggunakan pupuk kandang.  Terima kasih banyak untuk kunjungannya, dan jangan lupa juga untuk simak artikel yang lainnya ya sampai jumpa dan selamat mencoba.

Baca Juga  7 Cara Mencangkok Tanaman Dengan Mudah