Cara Pemupukan Untuk Memperbesar Bawang Merah

Posted on

Cara Pemupukan Bawang Merah – Bawang merah ialah komoditas hortikultura berumur pendek dan memiliki nilai komersial tinggi resiko tinggi.

Tanaman bawang merah merupakan tanaman hortikultura yang sudah sejak lama di budidayakan oleh petani secara intensif.

Komoditas unggulan pertanian ini memberikan kontribusi yang cukup tinggi terhadap perkembangan ekonomi di suatu wilayah.

Meskipun saat ini banyak petani bawang merah namun dalam proses budidayanya masih ditemui berbagai kendala terutama dari segi teknis budidaya.

Oleh sebab itu penggunaan benih bermutu, varietas bawang merah yang mempunyai sifat-sifat unggul, pengendalian hama penyakit terpadu yang ramah lingkungan dan pengelolaan hara (pemupukan tepat waktu dan tepat jumlah).

Nah banyak petani kita yang bingung dalam memilih pupuk untuk meningkatkan produktivitas tanaman bawang merah mereka. Tentu mereka ingin umbi bawang merah yang mereka tanam berukuran besar dan jumlah umbinya banyak.

Dan selain pengolahan tanah dan jenis tanah pemupukan merupakan kunci lain dalam kesuksesan menanam bawang merah ini. Untuk itu kami coba memberikan sedikit bagaimana cara pemupukan, jenis pupuk dan dosis yang tepat dalam pemberian pupuk pada tanaman bawang merah dengan luas lahan 1000m2.

Cara Pemupukan Bawang Merah

Pada lahan dengan tingkat keasaman atau dengan kandungan pH antara 5,8-6,5 Kita bisa menggunakan salah satu pupuk produksi NASA yaitu Supernasa, Poc Nasa, Glio, Powernutrition, Pestona, dan Aero 810.

Pupuk Dasar

2 botol Supernasa + 1 botol Poc Nasa + 20 kg tsp + 25 kg urea + 5 kg kcl + 2 bungkus Glio

Cara pengaplikasian: Larutkan Supernasa dengan Poc Nasa kemudian campur dengan Tsp, urea, kcl danGliocladium, taburkan secara merata di bedengan 2 hari sebelum tanam.

PUPUK 1

  • Usia 20 hari setelah tanam, 1 botol Supernasa + 1 botol Poc Nasa + 10 kg tsp + 25 kg urea + 15 kg kcl + 1 bungkus Glio.
  • Cara Pengaplikasian: Campur dan taburkan secara merata

PUPUK 2

  • Usia 35 hari setelah tanam, 1 botol Powernutrition + 1 Poc Nasa + 5 kg tsp + 10 kg urea + 5 kg Za + 30 kg kcl
  • Cara Pengaplikasian: Campur dan taburkan secara merata

PENYEMPROTAN

Untuk Tanaman Usia 15 Hari

Dosis 4 tutup Poc Nasa + 4 tutup Pestona + ½ tutup Aero + 14 liter air/Tanki

Untuk Tanaman Usia 25 hari

Dosis 6 tutup Poc Nasa + 1 tutup Hormonik + 6 tutup Pestona + ½ tutup Aero + 14 liter Air

Untuk Tanaman Usia 40 hari

Dosis 8 tutup Poc Nasa + 2 tutup Hormonik + 8 tutup Pestona + ½ tutup Aero + 14 liter Air

Catatan :

  • penyemprotan dan pemupukan sebaiknya dilakukan sore hari
  • 5 hari sebelum tanam, lahan di beri dolomit 50 kg / 1000m2
  • Dosis Pupuk Makro ( Kimia ) Sesuai Rekomendasi Setempat / kebiasaan Petani.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Pemupukan Bawang Merah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.