Cara Stek Pada Tanaman Gantung Beserta Cara Perawatannya

Posted on

Cara Stek Tanaman Gantung – Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai cara stek pada tanaman gantung dan juga cara perawatannya. Untuk lebih lengkapnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami dan dimengerti.

Cara Stek Pada Tanaman Gantung

Terdapat banyak sekali jenis tanaman gantung yang indah yang tentunya dapat kita tanam atau kita budidayakan sehingga dapat memperindah ruangan dan suasana di rumah menjadi lebih Asri .tanaman gantung juga tidak sulit untuk dikembangkan ataupun dipelihara. Berikut ini adalah cara stek tanaman gantung dan juga perawatannya.

Pemilihan waktu Penanaman

Hal yang paling mendasar di dalam proses stek tanaman gantung yaitu adalah untuk memilih waktu penanaman yang tepat. Diperlukan waktu yang tepat supaya pada nantinya hasil stek dari tanaman gandum tersebut bisa tumbuh dengan optimal dan juga baik. Cobalah untuk memulai menanam di awal musim panas dan bukan ketika musim penghujan.

Hal ini dikarenakan karena dengan memilih musim yang tepat tentunya hasil panen dari stek tanaman gantung Put bisa diperoleh secara maksimal dan juga optimal. Apabila anda memulai penanaman stek ketika musim hujan, Maka hasilnya pun akan sedikit terganggu.  terlebih lagi apabila anda meletakkan hasil stek tanaman tersebut di luar maka akan sangat mudah untuk membusuk dan terjadi kegagalan pada proses penanaman tanaman gantung itu sendiri.

Baca Juga  Cara Menanam Dan Merawat Bunga Aster Di Pot

Pilih Indukan Terbaik

Untuk mendapatkan hasil tanaman gantung yang baik maka tentunya Anda harus memahami mengenai peranan indukan yang sangat penting di dalam keberhasilan serta kualitas dari hasil cara stek tanaman gantung Ini titik nantinya ketika bibit yang digunakan menggunakan indukan yang berkualitas maka tentunya bibit tersebut akan meniru sifat serta kualitas dari indukan sebanyak 70 sampai 80%.

Jadi sangat direkomendasikan  Anda mencoba dalam menentukan pemilihan induk yang terbaik yang diawali dari sebelum melakukan take. Pilihlah indukan yang telah berumur dan bukan bibit yang baru ditanam kemarin sore. Tentunya Anda harus memperhatikan batang dan juga daunnya yang sehat. Tanpa bibit tersebut mengalami kerdil ataupun tidak diserang oleh penyakit.

Pemotongan Tunas

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan yaitu setelah memilih indukan yang baik dan juga berkualitas tentunya Anda bisa melakukan cara stek pada tanaman gantung anda.  Dalam hal ini anda hanya perlu memilih bagian dari cabang ataupun pucuk yang sehat. Karena nantinya inilah yang merupakan menjadi cikal bakal dari bibit hasil stek tersebut.

Namun anda perlu menyadari bahwa untuk menggunakan alat pemotong yang bersih dan tajam akan sangat mempengaruhi pada proses. Jangan sampai kamu nantinya tanaman stek Anda justru membuat hasil pemotongan yang tidak optimal dan juga hasil spek justru gagal total. Sehingga akan lebih baiknya apabila terlebih dahulu membersihkan serta tajamkan alat pemotong yang akan digunakan pada proses stek tanaman gantung.

Cara Pemotongan Tunas

Apa yang berikutnya itu adalah pemotongan Tunas. Ini juga merupakan hal penting yang sangat perlu diketahui karena nantinya cara stek tanaman hias gantung ini akan berhasil atau tidaknya tanpa mengalami kegagalan. Bukan sayur sayur bukan beli berikut ini adalah langkah-langkah:

  • Pertama Anda harus mencari tunas yangpertama Anda harus mencari tunas yang sehat terus siap untuk dipotong dengan menggunakan alat pemotong.
  • Kemudian bersihkan alat pemotong seperti pisau bedah, gunting ataupun pisau dapur . usahakan agar alat pemotong tersebut tajam dan juga bersih.
  • Setelah itu barulah potong cabang tanaman gantung hias dengan sepanjang 7 sampai 15 cm. Potongan ini setidaknya tepat berada di bagian ruas batang serta tidak merusak pada bagian dalam tanaman.
Baca Juga  Cara Budidaya Anggrek Dendrobium Agar Cepat Berbunga

Menggunakan Zat Pertumbuhan

Salah satu dari hal yang penting yang patut untuk digunakan dan dilakukan yaitu adalah dengan menggunakan zat pertumbuhan. karena dengan menggunakan bubuk hormon pertumbuhan kecambah Maka Tanaman Akan lebih mudah untuk memunculkan akar yang nantinya akan menghasilkan tunas yang baru.

Alat sejenis dari bibit yang sudah selesai dilakukan dengan menggunakan cara stek ini tentunya akan siap untuk ditanam ulang serta dibudidayakan.  sehingga sebaiknya anda menggunakan bubuk hormon yang yang dilakukan dengan cara menempelkan nya langsung pada bagian pangkal batang yang telah dipotong tadi .

Menyiapkan Wadah

Langkah berikutnya harus dilakukan itu adalah dengan menyiapkan wadah. berikut ini adalah cara-cara yang harus dilakukan diantaranya:

  • Menyiapkan yang ada yang berupa kaleng bekas, polibek ataupun pot. Apapun menjadi suara yang akan digunakan hal ini terserah pada anda. akan tetapi pastikan bahwa wadah tersebut bersih dari berbagai hal yang dapat mengganggu proses pertumbuhan dan perkembangan bibit.
  • Siapkan media tanam yang akan dimasukkan ke dalam wadah tanam. media tanam yang dianjurkan yaitu adalah 1 banding 1 antara pupuk kompos serta tanah humus.
  • Pastikan juga bahwa anda telah melakukan proses pengukuran yang benar terhadap media tanam supaya bibit dapat tumbuh dengan baik.
  • Lalu masukkan bibit tersebut ke dalam media tanam, serta lakukan penyiraman dengan menggunakan siklus yang teratur.
  • Akan tetapi pastikan juga bahwa bibit tidak memperoleh sinar matahari yang secara berlebihan di dalam waktu 2 minggu pertama.
  • Anda juga harus memastikan bahwa media tanam tidak terlalu lembab, atau akar pada tanaman yang mulai tumbuh akan menjadi membusuk sehingga akan menyebabkan kegagalan pada proses stek tanaman gantung anda.
  • Yang terakhir letakkan di tempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung dan juga hujan.
Baca Juga  Mudah dan Tepat - Cara Budidaya Anggrek Bulan

Pemeliharaan dan Penanaman

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu adalah dengan memelihara bibit tanaman agar dapat berkembang serta tumbuh dengan baik . Sesudah akar tumbuh dengan kuat maka anda dapat memindahkan bibit dari tanaman tersebut ke tempat yang lebih besar nantinya. Tentunya hal ini perlu diperhatikan akan kebutuhan nutrisi, air dan juga sinar matahari.

Apabila tanaman stek tersebut telah bertunas serta Umurnya pun telah Lebih Dari 2 minggu maka anda sudah dapat memindahkan tanaman yang ada stek pada wadah yang lebih besar.

Demikian informasi mengenai Cara Stek Tanaman Gantung , tentunya dengan memelihara tanaman rumah Anda pun akan terlihat lebih indah terlebih lagi tanaman tersebut tumbuh dengan baik serta dirawat dengan baik. sekian artikel kali ini semoga bermanfaat Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya.