Hama Tanaman Anggur

Posted on

Hama Tanaman Anggur – Tanaman anggur termasuk dalam Famili Vitaceae genus vits yang berasal dari Amerika, lalu menyebar dan dibudidayakan di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Anggur memiliki beragam manfaat yang baik bagi tubuh, seperti menyehatkan jantung, melawan sel kanker, sebagai antioksidan, memperlancar peredaran darah dan memperlancar sistem pencernaan.

Namun dalam budidayanya, anggur bisa terhambat oleh berbagai serangan hama. Serangan ini akan menyebabkan anggur kehilangan mutu dan hasil tanaman.

Maka oleh karena itu penting untuk mengetahui jenis hama serta pengendaliannya dalam membudidaya anggur.

Hama Tanaman Anggur Serta Pengendaliannya

Nah berikut ini hama tanaman anggur serta pengendaliannya, diantaranya yaitu:

Kutu

Kutu menyerang hampir seluruh bagian tanaman, seperti ranting, batang dan daun. Hama ini dapat menyebabkan hampir seluruh bagian tanaman akan tampak layu dan rusak. Untuk pengendaliannya, kalian bisa menggunakan insektisida.

Kumbang

Kumbang menyerang bagian daun tanaman anggur sehingga pertumbuhan terhambat, kalian bisa menyemprot insektisida untuk mengendalikan hama ini.

Penggerek Daun

Hama penggerek daun menyerang bagian daun tanaman sehingga tampak tidak normal. Gejala yang ditimbulkan dari hama ini ialah warna daun putih keabu-abuan serta menggulung.

Untuk pengendaliannya dapat menggunakan insektisida dan memangkas daun yang terserang.

Phylloxera Vitifolia

Phylloxera vitifolia menyerang bagian daun tanaman anggur. Jika tidak ditangangi cepat maka dapat menyebabkan tanaman mati.

Gejala yang ditimbulkan dari hama ini adalah akar dan daun pohon anggur akan memiliki bintil-bintil kecil. Segera semprot menggunakan insektisida.

Ulat Daun

Ulat Daun menyerang bagian daun tanaman sehingga perlu ditangani dengan cepat. Sebab, daun yang terserang hama ini akan cepat habis dan pertumbuhan terhambat.

Gejala yang ditimbulkan dari hama ini adalah terdapat lubang bekas gigitan pada daun. Untuk pengendaliannya, kalian bisa menggunakan insektisida.

Kelelawar

Kelelawar termasuk salah satu hama yang merugikan bagi tanaman anggur. Sebab, hama ini akan menyerang bagian buah yang mengakibatkan gagal panen.

Untuk pengendaliannya, kamu dapat melindungi buah anggur dengan kantung yang terbuat dari bahan yang kuat saat mulai berbuah.

Demikianlah pembahasan mengenai Hama Tanaman Anggur semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.