Hama Tanaman Mangga

Posted on

Hama Tanaman Mangga – Hama pohon mangga dapat membuat pohon gagal berbuah, meski sebenarnya pohon mangga sendiri adalah tanaman yang mudah ditanam dan dirawat.

Ada beberapa hama yang sering menyerang pohon mangga, pohon yang bernama Latin Mangifera indica ini mulai keluar buahnya ketika sudah menginjak usia tiga tahun.

Pohon mangga akan tumbuh subur di iklim tropis, supaya bisa berbuah lebat tanam mangga di tanah yang terkena sinar matahari dan di area yang tak terlalu tandus.

Untuk mencegah mangga kekeringan, kalian sebaiknya menyirami tanaman ini secara rutin. Ketika akan menyirami, cek kondisi tanah yang ada. Jika tanah sudah kering hingga dua inci diatas permukaan tanah, maka sudah saatnya mangga diberi air.

Mengenal Hama Pohon Mangga

Ada beberapa jenis hama pohon mangga yang biasa menyerang pohon berdaun lebat ini.

Serangan hama pada pohon mangga bisa mengganggu keluarnya buah mangga. Pohon bisa gagal berbuah atau buahnya keluar namun tidak dalam kondisi bagus.

Hama Tanaman Mangga

Nah berikut ini 4 jenis hama yang biasa menyerang pohon mangga diantaranya yaitu:

Hama Penggerek Batang

Hama penggerek batang yang menyerang pohon mangga adalah sejenis kumbang berwarna hitam dengan antenna panjang dari family Cerambycidae.

Larva yang sudah menempel di bagian daun dan batang akan membesar dan merusak seluruh bagian tanaman. Dinamakan hama penggerek batang karena hama ini selalu merusak batang pohon mangga.

Baca Juga  Hama Dan Penyakit Alpukat

Tanda kemunculan hama ini adalah adanya lubang di batang mangga dengan sisa serbuk kayu seperti serbuk gergaji di permukaan batang.

Jika sudah dihinggapi hama ini, lama-kelamaan batang akan mati, rapuh, kemudian patah.

Kutu Putih

Hama kutu putih bisa menyerang berbagai jenis tanaman, baik cabai maupu mangga. Kutu putih pada mangga akan menghisap nutrisi tanaman yang ada pada daun.

Yang paling sering menepel pada pohon mangga adalah kutu putih yang beruapa serangga berkoloni yang menempel pada permukaan daun. Karena tanaman jadi kurang nutrisi maka tanaman jadi susah berbuah.

Lalat Buah

Sesuai namanya hama pohon mangga yang satu ini hanya menyerang bagian buah yang ada dalam sebuah pohon.

Ketika buah mangga sudah matang dan mengeluarkan aroma wangi, lalat buah bisa datang dan mengerumuni buah mangga yang ada.

Selain menghisap cairan buah, lalat akan menusuk kulit buah mangga dan meninggalkan telur atau larvanya disana. Telur ini kemudian akan menetas menjadi ulat.

Wereng Mangga

Wereng mangga bisa membuat pohon mangga gagal berbuah, karena wereng datang untuk menghisap cairan bunga yang baru mekar, sehingga bunga akan kering dan mati.

Wereng ini juga senang bertengger di bagian daun dan batang dan meninggalkan senyawa bercita rasa manis.

Senyawa inilah yang akan mengundang hama berikutnya yakni si semut api yang akan menghabiskan kuncup-kuncup bunga dan daun.

Cara Mengatasi Hama Pohon Mangga

Nah untuk mengatasi hama pada pohon mangga kalian bisa dengan menyemprotkan dengan menggunakan cairan pestisida yang terbuat dari bahan kimia.

Atau kalian bisa menyemprotnya dengan pestisida alami yang aman untuk manusia. Bahan pestisida alami ini hanyalah sabun pencuci piring, minyak sayur dan sebotol air bersih.

Baca Juga  Jamur Tiram Terserang Hama Dan Penyakit

Campurkan ketiga bahan diatas dalam botol semprot dan gunakan untuk menyemprot area pohon yang diserang hama pohon mangga.

Jika yang datang ialah hama semut api, kalian bisa menambahkan bubuk lada atau bubuk cabai ke larutan pestisida kalian. Panas dari cabai bisa membunuh hama pohon mangga yang kuat seperti semut api.

Demikianlah pembahasan mengenai Hama Tanaman Mangga semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

4.9/5 - (55 votes)