Kegunaan Pupuk Atonik Untuk Bunga Anggrek

Posted on

Kegunaan Pupuk Atonik – Rumah yang nyaman dan indah pastinya menjadi idaman kita semua. Dan salah satu cara yang biasa dilakukan untuk membuat hunian menjadi indah dan nyaman menanam tanaman bunga.

Bunga Anggrek diantara bunga idaman yang banyak dipilih untuk mempercantik rumah. Selain untuk keindahan, Bunga Anggrek juga bisa dijadikan lading bisnis, karena mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Agar tanaman Anggrek dapat tumbuh cantik, diperlukan perawatan yang tepat. Salah satunya dengan memberikan nutrisi yang tepat. Salah satunya dengan memberikan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT).

Diantara ZPT yang banyak direkomendasikan kepada para pecinta bunga adalah Pupuk Atonik. Pupuk Anorganik ini termasuk golongan Augsin yang berbentuk Cair.

Pada pupuk Atonik terdapat banyak nutrisi tambahan yang berguna bagi pertumbuhan tanaman. Diantaranya adalah dinitrophenolat, natrium nitroguaiacolat, natrium para nitropheno dan natrium orthophenol.

Zat-zat yang terkandung di dalam Pupuk Atonik adalah berperan dalam proses tumbuh, sel sampai organ pada tanaman.

Manfaat Pupuk Atonik Untuk Tanaman Anggrek

Dari penjelasan di atas pastinya Pupuk Atonik mempunyai banyak manfaat untuk tanaman Anggrek. Sehingga sangat perlu untuk ditambahkan agar nutrisi tanaman dapat tercukupi dengan baik. Berikut ini kegunaan pupuk atonik untuk anggrek:

  • Atonik akan memaksimalkan pertumbuhan tanaman di semua tubuh tanaman. Baik pada batang, ranting, maupun daun. Sehingga tidak terjadi ketimpangan antara satu bagian dengan bagian lainya.
  • Jika tanaman Anggrek ada yang rusak atau terkena penyakit, pemberian Atonik akan mempercepat pemulihan bagian tanaman tersebut.
  • Atonik juga memicu bunga tumbuh dengan maksimal.
  • Atonik dapat menjaga tanaman anggrek dari hal yang merugikan. Seperti hama dan penyakit lainya.
Baca Juga  Cara Menanam Lidah Mertua

Nah itulah manfaat yang akan didapat oleh tanaman anggrek jika secara tepat diberikan pupuk cair Atonik. Namun dalam pemberian Atonik, tidak boleh berlebihan.

Jika berlebihan akan mengganggu dan menyebabkan turgol sel. Hal ini akan mengakibatkan tanaman tidak bisa tumbuh subur, malah menjadi kering.

Dosis Dan Waktu Pemupukan Atonik

Mengingat dampak buruk yang diakibatkan kelebihan pemberian Pupuk Atonik, harus diperhatikan dosis dan waktu pemupukan. Nah berikut ini dosis dan waktu pemberian pupuk Atonok kepada tanaman Anggrek agar mampu tumbuh maksimal.

  • Penggunaan pupuk Atonik ini dengan cara dilarutkan dengan air biasa. siapkan 1 liter air untuk setiap 1 sendok teh Atonik. Larutkan hingga merata.
  • Larutan pupuk Atonik dengan air ini semprotkan ke batang dan daun dalam 1 sampai 2 minggu sekali saja.

Itulah waktu dan dosis pemberian pupuk Atonik, yang merupakan salah satu jenis pupuk daun. Selain pupuk daun, tanaman Anggrek juga perlu ditambahkan dengan pupuk organik lainnya, kalian bisa menggunakan pupuk majemuk seperti NPK.

Pemenuhan Air Dan Cahaya Matahari Tanaman Anggrek

Selain pemupukan yang perlu diperhatikan adalah pemenuhan air dan cahaya matahari bagi tanaman. Untuk penyiraman paling baik dilakukan pada pagi dan sore hari. Namun bisa dalam keadaan musim hujan, maka siram setiap 2 minggu sekali.

Bahkan jika tanaman Anggrek mendapatkan cukup air dari hujan, tidak disiram tidak masalah. Sebagai tandanya adalah tanah dalam keadaan lembap setengah basah.

Namun kami sarankan untuk menghindarkan tanaman Anggrek dari air hujan. Pasalnya air hujan dengan tingkat keasaman tinggi tidak bagus untuk pertumbuhan tanaman.

Sedangkan untuk pemenuhan sinar matahari jika ditempatkan di green hous, insenitas matahari disesuaikan dengan lebar daunnya. Mulai dari 20 persen sampai 70 persen. Tanaman Anggrek juga sangat baik, jika terkena sinar matahari pagi sampai pukul 10.00 Wib.

Baca Juga  Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Batang

Demikianlah pembahasan mengenai Kegunaan Pupuk Atonik semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.