Manfaat Akar Tunjuk Langit

Posted on

Manfaat Akar Tunjuk Langit – Sesuai dengan visi dan misi Taman Nasional Bukit Duabelas, diantaranya “mengembangkan konservasi genetuk dan pemanfaatan sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya secara berkelanjutan”, maka berbagai jenis flora di kembangkan secara in-situ di dalam kawasan dengan pembuatan demplot diantaranya demplot tanaman obat.

Salah satu jenis tumbuhan obat yang terdapat dalam demplot tersebut ialah Helminthostachys zeylanic atau tunjuk langin dalam bahasa orang Rimba/Suku anak dalam (SAD). Nama lokal lainnya yakni pancar bumi (Sumatera Selatan), tapak jalak (Sunda), bute-bute (Makasar), pakis urang dan ceker ayam (Jawa).

Tumbuhan yang termasuk jenis paku terestrial dari keluarga Ophiglossaceae ini banyak ditemukan di kawasan hutan terbuka tropika, bertanah liat dan lembab, di sepanjang tepi sungai atau lereng yang kaya humus dan agak ternaung.

Jenis ini biasanya hidup berkelompok, di Jawa tanaman tunjuk langit dapat dijumpai di pinggir hutan atau dibawah semak yang jarang hingga ke kawasan yang ketinggiannya hampir 400 mdpl, sedangkan di India jenis ini tergolong ke dalam flora langka dan di China tergolong spesies langka yang hampir punah karena terlalu banyak yang menggunakan untuk pengobatan tradisional dan akibat perubahan habitat.

Jenis ini belum dibudidayakan secara komersil tetapi Helminthostachys zeylanic dapat diperbanyak dengan spora atau dengan menggunakan rimpang. Pertumbuhan tanaman tunjuk langit dengan spora bergantung kepada sejenis cendawan (mikroba endofitik) di dalam tanah yaitu Prothallus tuberous dapat membantu pertumbuhan tanaman Tunjuk Langit sebelum berkecambah.

Batang tunjuk langit berupa rizhom yang terdapat dibawah tanah dan akan muncul akar-akar serabut yangtebal. Rizhoma berukuran pendek, soliter, berwarna coklat pucat pada bagian dasarnya dan berdaging.

Baca Juga  Budidaya Daun Sirih

Daunnya termasuk ke dalam jenis daun majemuk yang terdiri dari banyak anak daun. Pada bagian atasnya merupakan sporangium yang terbuka menegak ke atas. Apabila sporangium matang akan pecah dan spora akan lepas untuk pembiakan.

Hasil uji fitokimia menunjukkan, bahwa tumbuhan ini positif mengandung senyawa flavonoid dan tanin/polifenol, saponin. Berdasarkan penelitian Ulya bahwa komponen kimia tunjuk langit memiliki aktivitas agent antihiperurisemia (kelainan biokimia klinis yang ditandai dengan kadar serum asam urat yang tinggi pada plasma darah). Tunjuk langit secara komersil, digunakan pula sebagai bahan campuran obat untuk mengobati masalah buah pinggang kronik

Dengan manfaat dan nilai ekonominya, tumbuhan ini termasuk jenis yang dicari oleh Orang Rimba/SAD untuk dijual kepada penampung di desa-desa terdekat. Jika pemungutannya tidak dilakukan secara lestari maka jenis ini bisa menjadi langka bahkan punah di kawasan.

Salah satu cara menjaga kelestariannya adalah dengan  pengembangan/budidaya di dalam atau di luar kawasan melalui pemberdayaan masyarakat sehingga tunjuk langit bisa menjadi salah satu sumber ekonomi Orang rimba/SAD dan masyarakat dengan tetap menjaga kelestariannya.

Manfaat Akar Tunjuk Langit

Budidaya akar tujuk langit mulai digemari masyarakat, manfaat yang sangat membantu kesehatan keluarga sangat penting guna menunjang aktifitas kita dalam keseharian.

Pengobatan secara alami dengan ramuan atau obat tradisional sangat dianjurkan. Akar tujuk langit  dengan nama latin Helminthostachys zeylanica adalah tanaman golongan Paku yang tumbuh di daratan asia dan Australia.

Khasiat Akar Tunjuk Langit

Tanaman ini mengandung senyawa Ugonin G, H, J, K dan L yang memiliki aktivitas antioksidan sehingga baik untuk mencegah terjadinya penuaan.

Baca Juga  Manfaat Biji Selasih

Bagian akarlah merupakan bagian yang paling banyak mengandung senyawa antioksidan.

Untuk Bunga dan daun tanaman ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri . Selain itu juga dapat digunakan untuk mengobati mimisan.

Cara Menggunakan Akar Tunjuk Langit

Daun Tanaman akar tunjuk langit dikeringkan atau diasapkan untuk mengobati mimisan. Daunnya juga dapat digunakan untuk antibakteri dan anti-penuaan.

Demikianlah pembahasan mengenai Manfaat Akar Tunjuk Langit semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.