Manfaat Pupuk Cu Untuk Kelapa Sawit Beserta Cara Menggunakannya Lengkap

Posted on

Manfaat Pupuk Cu Untuk Kelapa Sawit Beserta Cara Menggunakannya Lengkap

Kegunaan pupuk cu – Pupuk adalah salah satu bahan yang tidak bisa lepas dari pertanian maupun perkebunan, karena pupuk memiliki banyak sekali kandungan manfaat yang sangat berguna bagi tanaman, salah satunya adalah pupuk cu.

Puouk cu adalah pupuk yang didalamnya mengandung unsur utama yang berupa tembaga atau cu atau juga copper. Pupuk jenis ini mempunyai ciri khas tersendiri dengan warnanya yang biru keputihan serta dengan bentuk yang seperti kristal. Pupuk ini banyak di pakai atau digunakan untuk perkembangan dan pertumbuhan pada pohon kelapa sawit.

Di beberapa kasus, pohon kelapa sawit yang mengalami kekurangan unsur tembaga atau unsur cu ini banyak dan juga bisa di temukan pada tanaman kelapa sawit yang di tanam pada lahan gambut atau lahan yang berpasir.

Kekurangan unsur cu dapat disebabkan pula oleh tingginya pemberian pupuk jenis lainnya yang mengandung magnesium, fospat dan juga nitrogen tanpa diiringi dengan adanya pemberian unsur kalium yang cukup.

Penggunaan pupuk cu pada tanaman kelapa sawit dapat di gunakan dalam menyeimbangkan unsur unsur yang dibutuhkan sehingga bisa meningkatkan produksi tanaman kelapa sawit itu sendiri.

Cara Menggunakan Pupuk Cu Untuk Kelapa Sawit

Agar dapat menggunakan pupuk cu untuk tanaman kelapa sawit secara maksimal dengan baik dan benar. Maka berikut ini adalah beberapa cara atau langkah langkah yang dapat anda lakukan untuk memanfaatkan pupuk cu ini :

  • Pupuk phospat atau pupuk urea atau juga pupuk cu ( copper sulphate ) tidak boleh di aplikasikan secara beriringan dan tanpa jeda. Hal ini mangharuskan penggunaan pupuk cu dapat dilakukan 4 minggu setelah pemberian atau penggunaan pupuk urea.
  • Semprotkan campuran yang terdiri dari pupuk cu dengan air ke tanaman kelapa sawit secara teratur. Dengan dosis dari penggunaan pupuk cu ini tentunya harus disesuaikan dengan usia tanaman  kelapa sawit itu sendiri serta juga luas lahan yang nantinya akan diberikan pupuk.
Baca Juga  Manfaat Pupuk KCL Dan Cara Penggunaanya

Manfaat Pupuk Cu Untuk Tanaman Kelapa Sawit

Berikut ini merupakan berbagai manfaat yang dapat Anda peroleh dari penggunaan pupuk cu untuk kelapa sawit:

  • Pupuk cu berperan sebagai bahan pembentukan zat hijau daun atau klorofil pada daun kelapa sawit
  • Pupuk cu berperan sebagai katalisator di dalam proses fisiologis yang terjadi pada pohon kelapa sawit.
  • Pupuk cu mempunyai peran dalam mengaktifkan enzim sitokrom oksidae,laktase dan asam buturay yang memiliki kepentingan pada reaksi fisiologi pada tanaman pohon kelapa sawit.
  • Puouk cu juga berperan dalam mengikat ataupun memfiksasi unsur nitrogen ( N )secara simbiotis dalam kepentingan pohon kelapa sawit itu sendiri.
  • Pupuk cu adalah salah satu dari bahan penyusun lignin yang terdapat pada pohon kelapa sawit.

Ciri – Ciri Tanaman Kelapa Sawit Yang Kekurangan Unsur Cu

Tanaman kelapa sawit yang mengalami kekurangan unsur cu mempunyai beberapa ciri-ciri yaitu sebagai berikut :

  • Ujung daun kelapa sawit yang terlihat sepeeti terbakar serta pada bagian ujungnya tersebar secara tidak merata
  • Adanya bercak yang berwarna kuning yang berkembang di antara jaringan klorosis pada tanaman kelapa sawit.
  • Daun kelapa sawit berwarna hijau pucat hingga kekuningan serta bercak kuning ini dapat timbul pada tengah – tengah anak daun kelapa sawit.
  • Pelepah pohon kelapa sawit yang berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  • Daun kelapa sawit pendek – pendek, lalu warnanya berubah menjadi kuning hingga daunnya mati.

Itulah pembahasan mengenai Manfaat Pupuk Cu Untuk Kelapa Sawit Beserta Cara Menggunakannya Lengkap semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Baca Juga :

Baca Juga  Panduan Lengkap 13 Cara Menanam Pepaya Dari Biji Agar Cepat Berbuah