Manfaat Pupuk Urea Untuk Padi Beserta Dosis Penggunaanya – Tips Perawatan

Posted on

Manfaat Pupuk Urea Untuk Padi Beserta Dosis Penggunaanya – Tips Perawatan

Manfaat Pupuk Urea Untuk Padi –Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai manfaat dari pupuk urea bagi tanaman padi dan juga beserta dengan dosis penggunaannya. Untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak pembahasan berikut ini secara seksama.

Padi adalah makanan pokok bagi masyarakat Indonesia.  Oleh sebab itu untuk dapat menghasilkan biji padi dengan kualitas yang baik maka perlu dilakukan perawatan secara rutin. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam proses perawatan yaitu adalah dengan pemberian pupuk secara bertahap.

Sebenarnya untuk pupuk pada tanaman padi anda dapat menggunakan pupuk Urea, sp36 dan juga pupuk KCL. Namun dari ketiga jenis pupuk tersebut dalam kesempatan kali ini admin akan secara khusus membahas mengenai manfaat dari pupuk urea pada tanaman padi.

Pupuk urea merupakan salah satu dari 7 jenis pupuk yang mengandung nitrogen yang banyak mempunyai manfaat yang baik terhadap pertumbuhan serta perkembangan pada tanaman. Seperti yang telah kita ketahui jika unsur nitrogen tersebut berperan dalam pelengkap nutrisi pada tumbuhan atau tanaman. Sedangkan manfaat dari pupuk urea juga dapat membantu dalam proses pertumbuhan Tunas agar lebih cepat dan juga dengan kualitas yang maksimal.

Ciri dari pupuk urea sendiri yaitu adalah dengan bentuknya yang menyerupai sebuah kristal berwarna putih. Disamping itu pupuk urea juga sangat mudah sekali larut di dalam air sehingga dapat dipastikan bahwa pupuk harus disimpan dalam tempat yang kering dan juga tertutup rapat. Berikut ini adalah ciri-ciri dari pupuk urea yang penting untuk diketahui diantaranya:

  • Mempunyai kandungan nitrogen yang cukup tinggi.
  • Mengandung unsur hara sebanyak 46%.
  • Mempunyai rumus kimia NH2 CONH2. Mudah larut didalam air.
  • Mempunyai tekstur butiran yang kecil berwarna putih seperti kristal.
  • Mempunyai standar SNI- 02- 2801- 1998.
Baca Juga  Hasil Melimpah ?? Budidaya Kacang Panjang Tahan Penggerek Polong

Manfaat Pupuk Urea Untuk Padi

  • Manfaat yang pertama dari pupuk urea untuk padi yaitu adalah dapat membuat daun menjadi terlihat segar.
  • Disamping itu bagian pada daun juga mengandung butiran Hijau Daun atau klorofil yang cukup banyak.
  • Meningkatkan jumlah protein pada tanaman padi.
  • Mempercepat proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi.

Dengan melakukan pemberian pupuk urea yang dilakukan secara rutin, maka hal tersebut juga akan dapat mempengaruhi terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi yang ditanam.  tanaman pun akan menjadi lebih cepat tinggi dan memiliki banyak cabang serta jumlah anakan yang banyak juga.

Pupuk urea juga dapat membuat tanaman padi menjadi lebih segar, sehat serta dapat membuat hasil panen hingga melimpah ruah.

Di samping tanaman padi, pupuk urea juga sangat bagus dipakai untuk jenis tanaman lain seperti tanaman hortikultura tanaman perkebunan sampai tanaman pangan yang lainnya.

Cara Merawat Tanaman Padi

Setelah mengetahui manfaat yang terdapat dari pupuk urea untuk padi, maka anda juga perlu mengetahui umur tanaman padi sebelum melakukan proses pemupukan. sekarang ini sudah banyak sekali varietas dari tanaman padi yang berumur genjah lalu dilepas oleh pihak pemerintah Indonesia.

Contohnya saja seperti padi Ciherang yang pada umumnya baru berusia 115 sampai 125 hari. Kemudian untuk padi inpari 10 berusia 108-116 hari. Pada umumnya acara dari pemberian pupuk untuk tanaman padi ini tidak dapat dilakukan sesuai dengan dosis.

Yang perlu anda perhatikan yaitu adalah, pastikan bahwa anda telah memahami benar-benar mengenai kondisi tanah serta tanaman padi sebelum dilakukannya proses pemupukan tersebut. Jika kondisi semuanya sudah bagus, maka anda baru bisa memberikan pupuk urea yang sesuai dengan dosis yang tertera atau dengan dosis yang berlaku. Contohnya adalah seperti berikut:

  • Proses pemupukan pertama kali dilakukan yaitu pada saat padi berusia 7 sampai 10 hari. Untuk penggunaan pupuk urea ini anda dapat menggunakan 75kg/ ha.
  • Kemudian untuk tahap pemupukan yang kedua yaitu dilakukan ketika tanaman padi telah berusia 21 hari. Pada tahap ini diperlukan pupuk urea dengan jumlah dua kali lipat yaitu 150 kg/ha.
  • Kemudian untuk proses mengumpulkan yang ketiga bisa anda lakukan yaitu ketika tanaman padi telah berusia 42 hari dengan menggunakan takaran pupuk urea sebanyak 75 kg/ha.
  • Cara melakukan pemberian proses pupuknya sendiri yaitu dapat anda lakukan dengan cara menyebarkannya secara merata.
Baca Juga  Panduan Budidaya Tanaman Okra Agar Hasil Melimpah

Perlu diketahui juga perlu diketahui juga bahwa perlu diketahui juga bahwa terdapat beberapa dari jenis tanaman padi yang membutuhkan pemupukan dalam kurun waktu yang khusus supaya memperoleh hasil yang maksimal.

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Pupuk Urea Untuk Padi yang telah dirangkum dalam artikel kali ini, semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna bagi anda semua Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya, Selamat mencoba.

Baca Juga :