Penyakit Busuk Buah Pada Tomat

Posted on

Penyakit Busuk Buah Pada Tomat – Tomat merupakan jenis tanaman sayuran buah semusim seperti halnya tanaman cabai, terong dan sebagainya.

Tomat menjadi salah satu jenis tanaman yang banyak dibudidayakan sebagai salah satu sumber usaha dalam mencari pundi-pundi rezeki.

Maka oleh karena itu, penting bagi kalian yang sedang berbudidaya tanaman tomat untuk memperhatikan dengan teliti aspek penanganan dan pengendalian penyakit pada tanaman tomat.

Karena ada beberapa jenis-jenis penyakit yang akan datang menyerang tomat, apabila kalian teledor mencegahnya.

Penyakit Busuk Buah Pada Tomat Dan Cara Pengendaliannya

Nah untuk dapat mencegah penyakit datang kalian harus mengetahui apa saja jenis penyakit dari tomat, berikut ini jenis-jenis penyakit yang bisa menyerang buh tomat diantaranya yaitu:

Penyakit Busuk Buah Antraknosa

Penyebab : Adanya serangan dari Cendawan Colletotrichum coccodes ( Wallr.) Hughes. Penyakit tomat jenis ini biasanya menyerang buah, akar dan batang tanaman tomat.

Gejala : Terdapat bercak kecil namun berair, bercak tersebut berbentuk bulat dan cekung yang semakin melebar, warnanya coklat, semakin lama berbentuk lingkaran yang berpusat pada satu titik dan warnyanya semakin menghitam.

Terdapat bercak ungu di dekat tangkai pada pangkal buah. Apabila penyakit tomat ini terjadi pada bagian akar dan batang, maka warna pada jaringan kortex akan berubah menjadi coklat dan tanaman tomat akan layu.

Pengendalian :

  • Cabut tanaman, jangan pernah memendam tanaman yang sakit dalam tanah diarea yang di gunakan untuk menanam tomat.
  • Melakukan sistem tumpangsari atau rotasi tanaman selama 1-2 tahun.
  • Melapisi tanah dengan plastik mulsa dan memberikan lanjaran supaya buah tomat tidak tersentuh tanah.
  • Menanam bibit tanaman tomat yang memiliki tingkat ketahanan tinggi terhadap serangan hama dan penyakit (resisten). Menyemprotkan fungisida yang mengandung bahan aktif kaptafol.
Baca Juga  11 Cara Budidaya Kelengkeng Agar Cepat Berbuah Lebat

Penyakit Busuk Buah Rhizoctonia

Penyebab : Penyakit tomat ini terjadi karena adanya serangan dari cendawan jenis Thanatephorus cucumeris (frank) Donk.

Gejala : Bercak cekung yang berwarna coklat, bercak akan membesar sehingga membentuk lingkaran yang berpusat. Bercak berwarna coklat tua, pada bagian tengah mengalami keretakan.

Pengendalian :

  • Pengairan harus menggunakan air bersih.
  • Penanaman jangan terlalu dalam.
  • Berikan tiang lanjaran supaya tanaman tomat tidak menyentuh tanah.
  • Berikan mulsa transparan atau mulsa plastik bening.
  • Pilih benih yang tahan penyakit dan hama.
  • Melakukan rotasi tanaman atau sistem tanam tumpangsari.
  • Bersihkan gulma dan tanaman yang yang berpenyakit dengan cara dicabut kemudian dibakar.
  • Berikan fungisida dengan cara disemprotkan pada tanaman. Fungisida yang berbahan aktif chlorothalonil, interval 7-8 hari sekali.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyakit Busuk Buah Pada Tomat semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.