Jenis Pupuk Dari Bahan Organik Yang Mempercepat Pertumbuhan Akar Pada Tanaman

Pupuk Mempercepat Pertumbuhan Akar – pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis pupuk yang terbuat dari bahan organik yang dapat mempercepat dalam proses pertumbuhan akar pada tanaman. Untuk lebih jelasnya Maka langsung saja kita simak ulasan berikut ini secara seksama agar mudah untuk dipahami.

Pupuk adalah salah satu unsur yang sangat penting di dalam proses budidaya pertanian titik fungsi utama dari pupuk yaitu adalah untuk bisa memberikan unsur hara tambahan kepada tanaman. Oleh karenanya tidak selamanya tanah ataupun media tanam yang digunakan di dalam proses budidaya pertanian dapat menyediakan unsur hara yang baik bagi tanaman itu sendiri.

Dengan melihat hal tersebut, maka tentunya pupuk mempunyai fungsi yang sangat vital di dalam mendukung proses pertumbuhan serta perkembangan terhadap tanaman.

Secara umum terdapat 2 jenis pupuk yang umumnya digunakan yaitu adalah pupuk organik dan pupuk anorganik. Kedua jenis pupuk tersebut mempunyai fungsi yang sama akan tetapi pupuk anorganik mempunyai dampak yang buruk terhadap lingkungan apabila digunakan secara terus-menerus apalagi secara berlebihan.

Selain itu bubut juga dapat digunakan dalam merangsang pertumbuhan jaringan pada tanaman, yang salah satunya itu adalah pertumbuhan akar tanaman. Dan Berikut ini adalah jenis pupuk yang dapat digunakan untuk mempercepat pertumbuhan akar pada tanaman dan pupuknya sendiri berasal dari bahan yang organik.

Pupuk Cair dari Air Dedak

Dedak adalah salah satu dari jenis limbah organik yang asalnya dari kulit gabah yang terkelupas serta mempunyai tekstur yang halus. Pada umumnya dedak banyak digunakan sebagai bahan sumber karbohidrat untuk pakan hewan ternak seperti sejenis unggas contohnya ayam dan bebek. Akan tetapi ternyata air tidak bisa dijadikan sebagai pupuk untuk tanaman yang mempunyai fungsi mampu menumbuhkan organ akar.

Baca Juga  Manfaat Pupuk Daun Mamigro Dan Cara Penggunaanya

Sedangkan untuk jenisnya, jenis pupuk yang digunakan yaitu adalah jenis pupuk yang cair di mana dalam prosesnya terlebih dahulu dedak harus direndam di dalam air selama satu minggu titik barulah kemudian dilakukan proses penyaringan serta Anda harus membuang atasnya. Nantinya air rendaman inilah yang akan dijadikan sebagai pupuk cair yang akan digunakan untuk tanaman.

Tujuan dari penggunaan pupuk cair ini yaitu adalah supaya tanaman bisa dengan lebih cepat untuk menyerap kandungan vitamin B yang banyak terdapat di dalam air dedak tersebut. Kandungan vitamin B tersebut mempunyai fungsi yang serupa dengan hormon rhizokalin. Yang mana tidak lain fungsinya dari hormon rhizokalin yaitu untuk merangsang pertumbuhan dan juga perkembangan terhadap akar tanaman.

Selain dapat menyuburkan tanaman pemberian pupuk cair dari air dan ini ternyata tidak mempunyai dampak pencemaran yang negatif terhadap lingkungan serta merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam merangsang pembelahan sel meristematik secara terus-menerus. Sehingga perkembangan serta tumbuhan dari akar bisa berlangsung dalam waktu yang lebih cepat dan tentunya dengan hasil yang baik.

Beberapa dari jenis tanaman hortikultura adalah jenis tanaman yang sangat cocok untuk dirangsang pertumbuhan akar nya dengan menggunakan pupuk air dari dedak ini. Jenis dari tanaman tersebut Contohnya yaitu adalah buah strawberry, cabai dalam pot, tanaman hias seperti mawar , melati, Anggrek serta beberapa dari jenis tanaman berbunga yang lainnya, dan juga dapat digunakan pada tanaman sayuran seperti pakcoy, seledri, selada, serta beberapa dari jenis tanaman sayuran daun yang lainnya.

Pupuk Cair dari air Cucian Beras

Ternyata air bekas cucian beras pun mempunyai fungsi yaitu mampu merangsang proses pertumbuhan serta perkembangan pada akar. tentunya air dari cucian beras ini sangatlah mudah untuk diperoleh karena kita pastinya setiap hari menggunakan beras dan sebelum digunakan pasti beras tersebut dicuci sehingga bahan ini sangat mudah untuk ditemui bahkan bahan ini kerap dijadikan limbah sampah dan dibuang begitu saja. Oleh sebab itu setelah mengetahui fakta ini maka tentunya anda pun memahami betapa bermanfaatnya cucian air beras atau air limbah organik yang satu ini.

Baca Juga  Budidaya Tanaman Okra

Sebelum digunakan maka air cucian beras haruslah dilakukan proses pengolahan terlebih dahulu hal ini dengan tujuan yaitu supaya bisa menghasilkan pupuk cair organik dari cucian beras yang tentunya mempunyai kandungan kalium yang besar. Kalin adalah sebuah kelompok hormon yang rhizokalin yang memiliki fungsi untuk menumbuhkan organ akar pada tanaman.

Sebelum digunakan maka air dari cucian beras tersebut sebaiknya didiamkan terlebih dahulu selama 3 hari titik akan lebih baik apabila menggunakan wadah yang tertutup karena apabila menggunakan wadah yang terbuka maka bau yang ditimbulkan akan sedikit tidak sedap sehingga bisa mengganggu lingkungan di sekitar.

Oleh sebab itu maka ada baiknya apabila mendiamkan air cucian beras tersebut dalam wadah yang tertutup. kemudian Simpan di tempat yang sejuk dan tidak terpapar oleh cahaya matahari.

Setelah didiamkan selama 3 hari, maka akan menghasilkan endapan, sebelum  digunakan maka terlebih dahulu harus dikocok supaya endapannya bisa naik ke atas. Kemudian barulah pupuk air cucian beras tersebut bisa langsung disiramkan pada tanaman yang baru ditanam.

Yang perlu dan juga penting untuk diingat yaitu adalah bahwa bagian yang terbaik yang mengandung hormon kalin paling tinggi yaitu adalah air cucian beras yang pertama sehingga sangat direkomendasikan untuk menggunakan air dari cucian beras yang pertama saja.

Berbeda dengan pupuk cair yang berasal air dedak yang baik di dalam proses merangsang pertumbuhan serta perkembangan pada akar tanaman hortikultura maka pupuk cair yang berasal dari air cucian beras ini tentunya akan lebih baik apabila untuk dipakai dalam merangsang proses pertumbuhan akar pada tanaman perkebunan. Seperti bisa dipakai untuk tunas tanaman perkebunan yang akan ditumbuhkan menjadi bibit.

Baca Juga  10 Cara Budidaya Jamur Merang Untuk Pemula

Tips Pupuk  Mempercepat Pertumbuhan Akar

Kedua jenis pupuk perangsang pertumbuhan akar yang telah dijelaskan di atas, adalah jenis dari pupuk organik yang tentunya sangat mudah untuk ditemukan di sekitar Anda dan juga cara pembuatannya pun terbilang sangat mudah titik di samping itu, penggunaan dari pupuk organik ini tentunya akan sangat baik terhadap lingkungan sekitar sehingga tidak akan menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan dan juga akan tetap bisa menjaga serta semakin menyuburkan tanah.

Hal ini Tentunya dikarenakan oleh fungsi utama dari pupuk cair yang telah dijelaskan di atas yaitu adalah selain dapat merangsang proses pertumbuhan dan juga perkembangan pada akar tanaman yang cepat maka akar pun akan menjadi semakin kokoh tidak ,akan mematikan mikroorganisme yang berada di dalam tanah sehingga kelestarian terhadap lingkungan pun akan tetap terjaga.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai Pupuk Mempercepat Pertumbuhan Akar.  semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga dapat berguna dalam menambah wawasan bagi anda semua.  Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya dan jangan lupa juga untuk menyimak artikel bermanfaat lainnya.

Jenis Pupuk Dari Bahan Organik Yang Mempercepat Pertumbuhan Akar Pada Tanaman | Marisa | 4.5
/* */