Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Posted on

Cara Menanam Rumput Gajah Mini – Nah tentu kalian sering mendengar tentang apa itu rumput gajah mini? Jenis rumput saat ini lagi menjadi tren tersendiri bagi kalangan pecinta tanaman. Sebab dalam cara menanam rumput gajah mini cukup mudah serta cara perawatannya yang tidak terlalu sulit.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Jenis rumput ini banyak yang digunakan sebagai inspirasi untuk jenis model rumah minimalis. Tidak hanya mengejutkan sebab menanam rumput gajah ini dapat menjadi daya tarik sendiri pada dunia desain eksterior maupun interior.

Prasangka yang telah ada pada saat ini mungkin cara menanam serta merawat rumput gajah mini terlihat cukup sulit. Hal ini yang menimbulkan persepsi bahwa membutuhkan keahlian atau teknik khusus dalam menanam atau merawatnya.

Padahal dalam menanam dan merawat jenis rumput ini cukup mudah dan sederhana, baik dalam penanaman maupuyn perawatan. Bahkan bila dibandingkan dengan menanam atau merawat rumput jepang, rumput gajah mini cukup lebih mudah dalam perawatannya.

Oleh karena itu bagi kalian yang mungkin penasaran ingin tahu rumput gajah mini, kali ini kami akan memberikan panduan bagaimana cara menanam rumput gajah mini di pekarangan rumah kalian.

Kelebihan rumput gajah mini, yaitu:

  • Ditinjau dari segi bentuk fisik memiliki ukuran kecil dan mini yang membuat perawatan menjadi mudah.
  • Mudah dalam perawatannya
  • Dapat menampilkan kesan unik dan asri.

Memilih Bibit Rumput Gajah Mini

Untuk memilih bibit rumput gajah mini kalian dapat menemukannya di toko pertanian terdekat di sekitar daerah kalian. Umumnya harga per meter perseginya kisaran Rp 15.000 hingga Rp 20.000 oleh sebab itu sebaiknya sebelum membeli kalian harus mengetahui perkiaraan berapa meter persegi yang kalian butuhkan untuk menanam rumput gajah mini.

Dan sedangkan dalam pengerjaannya kalian tidak usah repot-repot sebab untuk penanamannya dapat kalian lakukan sendiri. Sehingga dapat menghemat biaya tanpa menyuruh orang lain menanamnya.

Mempersiapkan Lahan

Selanjutnya setelah mendapatkan benih bibit rumput gajah mini, hal yang perlu dilakukan yakni dengan mempersiapkan lahan tanam. Oleh karena itu kalian bisa melakukan hal sebagai berikut:

Lakukan pengemburan tanah yang akan menjadi media tanam rumput gajah mini dengan menggunakan cangkul atau alat lainnya.

Buatlah penggemburan tanah dengan kedalaman kisaran 5-10 cm kemudian ratakan kembali seusai proses pertama selesai.

Bila media tanam ini keadaan tanahnya sudah gembur dan cukup baik kalian dapat langsung menanamnya.

Dan sedangkan bila media tanam terlihat tandus atau gersang, kalian bisa menambahkan pupuk kandang atau kompos agar tanah mendapatkan nutrisi. Lalu diamkan selama 1 minggu sebelum mulai ditanam.

Namun bila lahan tanam yang telah kalian persiapkan belum ada tanahnya bisa membeli tanah urug yang khusus dipakai untuk menanam tanaman. Biasanya bahannya mengandung latosol atau tanah merah.

Jadi bagi kalian tidak usap bingung akan pemberian pupuk sebelum rumput gajah mini ditanam di media tanam.

Proses Tanam Rumput Gajah Mini

Selanjutnya proses tanam rumput gajah mini yang perlu dilakukan diantaranya yaitu:

Untuk penanaman sebaiknya dilakukan pada saat musim penghujan hal ini agar dapat mendapatkan air yang cukup banyak supaya dapat mempercepat proses pertumbuhan.

Bila menanam tidak pada musim penghujan kalian dapat melakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Hal ini bertujuan agar rumput gajag mini mendapatkan asupan air yang cukup untuk berkembang.

Bibit yang telah disiapkan sebaiknya agar dapat dipotong menjadi lebih kecil terlebih dahulu. Supaya bisa mendapatkan kualitas bibit yang lebih banyak.

Tancapkan rumput gajah mini ke dalam tanah, dengan menancapkan pada bagian akarnya yang membuat akar tersebut dapat langsung terikat dengan tanah.

Lakukan penanaman dengan metode zig zag agar dapat menghasilkan rumput gajah mini yang sempurna. Atur jarak tanam rumput gajah mini sesuai perkiraan dan keinginan kalian sendiri.

Agar dapat memastikan jalinan akar dan tanah, kalian dapat memukul perlahan rumput gajah mini agar bagian akarnya dapat masuk kedalam tanah.

Kemudian kalian dapat menggunakan balok kayu untuk meratakan tanah, caranya dengan menindihnya menggunakan balok kayu agar tanah menjadi rata.

Perawatan Rumput Gajah Mini

Selanjutnya melakukan perawatan rumput gajah mini yang tentunya menjadi poin penting agar dapat berkembang dengan baik, kalian dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

Setelah penanaman rumput gajah mini jangan lupa untuk melakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kebutuhan air tercukupi.

Setelah berumur 2 minggu kalian dapat memberikan pupuk urea dan NPK sebagai perangsang pertumbuhan rumput gajah mini.

Hindari dari adanya hewan yang berkeliaran pada media tanam tersebut hal ini bertujuan agar tidak menjadi rusak pada tanaman tersebut.

Pastikan rumput gajah mini mendapatkan suplai cahaya matahari atau paparan sinar matahari yang cukup. Sebab bila tidak terkena paparan yang cukup akan menghambat dalam  pertumbuhannya.

Bersihkan gulma dan hama yang ada pada sekitaran rumput gajah mini supaya tidak mengganggu dalam pertumbuhannya.

Hindari menginjak tanaman secara langsung secara sengaja yang akan mengakibatkan menghambat pertumbuhannya. Sebaiknya pada masa penanaman dan pertumbuhan rumput, bagi pejalan kaki agar diberikan akses jalan lain agar tidak menghambat pertumbuhannya.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Menanam Rumput Gajah Mini semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.