Tips Dan Cara Mengobati Cacar Pada Buah Melon – Teknik Perawatan

Posted on

Cara mengobati cacar pada buah melon – artikel kali ini akan memberikan tips dan juga cara untuk mengobati buah melon yang terkena cacar dengan benar. Melon merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang banyak di budidayakan. Budidaya buah melon dapat dikatakan sangat menjanjikan dengan keuntungannya yang besar.

Untuk meraih keuntungan, tentunya buah melon yang anda tanam harus mampu menghasilkan buah yang berkualitas. Tidak jarang terjadi kendala dalam proses budidaya buah melon ini.

Salah satu kendala yang sering muncul adalah, adanya penyakit yang menyerang tanaman melon ini sehingga mengakibatkan menurunkan kualitas dari buah melon. Kendala tersebut salah satunya adalah cacar.

Cacar yang terjadi pada buah melon adalah kecacatan secara fisik yang terdapat pada kulit buah melon dengan berupa bercak atau totol basah atau kering yang terjadi pada bagian kulit dan berpotensi untuk terjadinya pembusukkan pada buah melon ini. Penyakit ini sangatlah mengancam bagi para petani melon selain Gemini dan CMV.

Jika terlambat dalam mengatasi atau mengobatinya, walaupun ada kemungkinan sembuh, akan tetapi bekas keringnya masih dapat terlihat dengan jelas. Jadi kesimpulannya adalah anda harus dengan segera menerapkan cara untuk mengobati cacar pada tanaman buah melon ini dengan sedini mungkin pada saat telah terlihat gejala cacar pada buah melon tersebut.

Penyebab Cacar Buah Melon

Cacar yang terjadi pada buah melon dapat disebabkan oleh 2 jenis patogen di antaranya yaitu bakteri dan cendawan. Serangan cacar ini biasanya terjadi pada cara menanam melon dengan proses lesehan atau telasar, sedangkan jarang terjadi pada menanam melon dengan sistem ajir.

Baca Juga  Jenis Racun Untuk Hama Yang Paling Ampuh

Gejala Cacar Buah Melon Karena Cendawan

Gejala ini dapat terjadi pada posisi buah yang berada di dasar sehingga mudah bersinggungan dengan jamur patogen dan juga bakteri. Gejala atau efek dari serangan kedua jenis patogen tersebut memang sekilas terlihat hampir sama.

  • Penampilan cacar berupa titik atau spot kecil dalam jumlah yang bayak akan tetapi permukaan buahnya tetap rata.
  • Bagian buah yang terkena cacar atau trotol merupakan bagian pada permukaan buahnya saja yang tampak atas sedangkan pada bagian bawah buahnya yang menempel langsung ke tanah tidak terkena cacar.
  • Buah masih bisa bertahan lebih lama atau tidak langsung busuk
  • Dapat sembuh dengan sendirinya akan tetapi tetap meninggalkan bekas bercak yang kasar pada bagian permukaan kulit atau net buah.

Gejala Cacar Buah Karena Bakteri

  • Penampilan cacar yang berupa spot basah dengan warna yang kehitaman serta berukuran lebih besar dan juga cekung ke dalam atau membentuk lubang atau lembah.
  • Bagian buah yang terkena cacar atau trotol merata secara keseluruhan bagian buag baik pada bagian atas ataupun bawah atau terdapat diseluruh sisi bagian buah.
  • Apabila bakteri telah menginfeksi benih sejak awal, maka daun tanaman pada buah akan menunjukkan bercak berwarna coklat kemudian daun bercak yang mengering dari tanaman masih kecil
  • Apabila tidak segera dilakukan penanganan maka buah akan segera busuk.

Untuk cacar yang terjadi karena terkena cendawan atau jamur maka penyebabnya adalah jenis phytopthora atau antraknose. Kedua jamur patogen ini disamping dapat menyerang daun dan batang, cendawan ini juga dapat menyerang bagian buah.

Sedangkan untuk cacar buah yang terjadi karena bakteri atau yang lebih dikenal dengan istilah Bakterial Fruit Blotch. Penyebabnya tidak lain adalah karena bakteri gram negatig Acidovorax citrulli. Bakteri ini dapat menyerang tanaman khususnya pada jenis tanaman Curcubitae atau timun – timunan.

Baca Juga  Begini Cara Membasmi Hama Uret Yang Mengganggu Tanaman

Serangan yang berasal dari bakteri Acidovorak Citrulli serta xanthomonas campestris ini dapat terjadi di karenakan area yang terlalu lembab serta karena infeksi sejak dari benih dan juga kurangnya sirkulasi udara.bakteri jenis ini tidak akan membunuh tanaman akan tetapi lebih memilih untuk bertahan dalam jaringan tanaman dengan menunggu buah sampai keluar.

Langkah Pencegahan

Berikut  ini adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan cacar pada buah melon :

  • lakukan perendeman biji benih dengan cara menggunakan fungisida sistemik dan baktetisida sistemik seperti metalaksil dan agrepth pada saat sebelum benih di semai.
  • Rajin dalam melakukan penyiangan pada area tanam dengan maksud untuk mencegah tumbuhnya gulma yang dapat mengganggu tanaman.
  • Memperlancar sirkulasi udara dan juga menambah intensitas sinar matahari yang masuk dalam area tanam.
  • Segera semprotkan fungisida kontak atau sistemik serta bakterisida sistemik pada saat ukuran buah melon sudah seukuran telur ayam.
  • Pada saat menyemprot baik insektisida, bakterisida ataupun fungisida usahkan agar untuk selalu mengenai bagian buah.
  • Gunakanlah benih melon F1 yang sudah terjamin bebas dari bacterial fruit blotch.

Cara Mengobati Cacar Buah Melon

  • Gunakan fungisida kontak yang berbahan aktif Mancozeb misalnya Bion-M yang di campur atau di mix dengan menggunakan bakterisida sistemik (Agrepth)
  • Keesokan harinya semprotkan fungisida kontak yang berbahan aktif tembaga hidroksida yang juga dapat fungsi sebagai bakterisida kontak.
  • Pastikan bahwa pada bagian buah yang di semprot secara mengeliling serta menggunakan pelekat.
  • penyemprotan dilakukan dengan cara selang seling setiap hari sehingga cacar yang terjadi pada buah dapat di pastikan kering kemudian interval di jarangkam hingga menjadi 3 hari sekali.
  • Hentikan proses penyemprotan pupuk nitrogen untuk sementara waktu dan ada baiknya dengan menggunakan pupuk kalium phospate sepertu pupuk MKP.
Baca Juga  Cara Mengatasi Hama Kutu Daun Pada Tanaman Jeruk Lengkap

Tips Mengatasi Cacar Buah Melon

  • Ketika membuat pupuk dasar, ada baiknya dengan menggunakan EM4 yang di dalamnya mengandung bakteri baik yang dapat dimanfaatkan untuk menekan pertumbuhan bakteri patogen.
  • Gunakan jamur Makoriza sp dan juga trichoderma pada pupuk dasar yang bertujuan untuk mencegah berkembangnya bakteri patogen
  • Gunakan bakteri baik dan jamur baik yang disemprotkan ke tanaman sehingga akan berkembang pada areatanam serta dapat mengurangi populasi organisme patogen yang terdapat dipermukaan tanah dan juga yang terdapatpada sela-sela tanaman yang tertutup daun.
  • Gunakan fungisida sistemik serta bakterisida sistemik  secara rutin dan teratur sejak hari pertama tanam dengan interval 10 hari sekali sebagai kekebalan tanaman.

Sekian pembahasan mengenai Tips Dan Cara Mengobati Cacar Pada Buah Melon – Teknik Perawatan semoga bermanfaat dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya.