Tips Memilih Bibit Kangkung Yang Bagus Dan Layak Tanam

Tips Memilih Bibit Kangkung – pada artikel kali ini akan diberikan beberapa tips-tips dalam memilih bibit kangkung yang bagus dan juga layak tanam, untuk lebih lengkapnya Maka langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut ini secara seksama.

Agung adalah salah satu dari jenis sayuran yang banyak ditanam dan juga dikonsumsi sebagai makanan di Indonesia. Untuk cara memilih bibit kangkung yang bagus juga dapat anda lakukan dengan cukup mudah. Kangkung ini cukup populer dan dapat ditemukan dengan sangat mudah di pasar ataupun di supermarket titik kangkung Dapat anda temukan dengan cara yang cukup mudah di kawasan Asia termasuk juga di Indonesia.

Banyak hasil dari olahan kangkung ini yang cukup populer di antaranya yaitu adalah sebagai bumbu tauco atau terasi, kangkung juga dapat dijadikan sebagai pelicin kangkung Lombok, ataupun dijadikan sebagai cah kangkung yang tentunya apabila sudah diolah makanan ini akan mempunyai rasa yang sangat enak.

Perlu Anda ketahui bahwa tanaman kangkung ini terbagi dalam empat kelompok yaitu kangkung Alba, kangkung sawah, kangkung yang berwarna keunguan dan kangkung rubra,  Serta kangkung upland. Tanaman jenis sayuran ini banyak dan dapat dikembangbiakkan ataupun dibudidayakan dengan menggunakan cara basah ataupun cara kering.

Tips Memilih Bibit Kangkung Yang Bagus

Sedangkan untuk melakukan pembudidayaan atau pengembangbiakan kangkung sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu tentunya sangat membutuhkan bantuan dari bahan pupuk organik dan juga air supaya tanaman kangkung ini dapat tumbuh dengan subur dan baik.

Baca Juga  Cara Budidaya Jamur Tiram Putih Di Rumah Untuk Pemula

Pada umumnya tanaman kangkung Ini kebanyakan dapat ditanam dengan menggunakan benih ataupun biji atau secara vegetatif. Bagian yang penasaran bagaimana cara dalam memilih bibit kangkung yang bagus agar layak tanam, maka berikut ini kami akan memberikan beberapa tips tips nya.

Rendam Benih Di Dalam Air

Untuk melihat kualitas dari benih kangkung anda dapat anda lakukan dengan menggunakan cara yang sederhana yaitu dengan menggunakan bantuan dari alat air dan wadah. Yang harus anda lakukan adalah memasukkan benih tersebut ke dalam wadah yang sudah terisi oleh air kemudian biji yang direndam dalam air apabila kuat dites dari biji tersebut memang mempunyai kualitas yang bagus maka bibit tersebut akan tenggelam. sedangkan jika benda tersebut mempunyai kualitas yang buruk ataupun tidak bagus maka bibit tersebut akan mengambang diatas permukaan air.

Pilih Bentuk Fisik Bibit Yang Sempurna

Tips penting yang berikutnya adalah yaitu dengan memilih bibit kangkung dengan cara memilih bibit yang bentuk fisik dari bibitnya tersebut sempurna. Hal ini dapat anda lakukan dengan melihat dari kualitas fisiknya yang tidak terdapat bekas gigitan dari serangga, ataupun terkena hama pemakan biji dan juga bopeng. Tanaman kangkung yang baik tentunya dapat anda peroleh dari bibit yang berkualitas baik dengan begitu maka bentuk fisiknya pun sempurna. hindari penggunaan bibit kangkung yang cacat Hal ini disebabkan karena nantinya akan dapat mempengaruhi hasil dari panen kangkung yang anda tanam.

Pilih Benih Yang Segar Dan Kuat

Apabila kondisi dari benih kangkung yang Anda pilih tersebut bagus, maka benda tersebut akan mempunyai ciri fisik yang segar dan juga kuat. Hal ini dapat anda cek atau periksa langsung dengan cara yaitu menekan menggunakan tangan titik benih yang bagus tidak akan mudah hancur pada saat ditekan dengan menggunakan tangan secara mudah.

Baca Juga  Hortikultura : Pengertian, Manfaat, Budidaya, Jenis, Fungsi dan Cirinya

Pilih Benih Dari Agen Yang Terpercaya

Agar anda dapat memperoleh bibit kangkung dengan kualitas yang bagus maka anda harus memastikan jika anda memperoleh bibit tersebut dari toko, instansi pertanian, ataupun agen yang lainnya yang tentunya memang sudah terpercaya. Apabila anda membelinya dari agen yang belum dipercaya maka untuk itu Anda harus berhati-hati karena belum tentu bibit yang dijual dan ada beli tersebut mempunyai kualitas yang baik dan bagus untuk ditanam.

Pilihlah Bibit Yang Berasal Dari Tanaman Kangkung Yang Sehat

Untuk bibit kangkung yang baik biasanya bibit tersebut memang berasal dari tanaman kangkung yang sehat dan juga baik .Bibit yang baik serta sehat tentunya akan dapat menghasilkan panen kangkung yang maksimal dengan kualitas yang baik dan sehat pula . Oleh sebab itu maka perhatikan juga tanaman tempat asal Bibi tersebut. Hal ini bertujuan agar perkembangan tanaman kangkung yang selanjutnya dapat berkembang dengan baik dan sehat juga.

Demikianlah ulasan mengenai Tips Memilih Bibit Kangkung Yang Bagus Dan Layak Tanam semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan juga berguna terutama bagi Anda yang ingin mencoba menanam kangkung. Sekian dan terima kasih banyak untuk kunjungannya.

Tips Memilih Bibit Kangkung Yang Bagus Dan Layak Tanam | Marisa | 4.5
/* */